Ternyata Pelet Baik Untuk Ikan Hias !

Makanan kering bukanlah makanan yang biasa dimakan ikan di alam. Namun, makanan kering memberikan nutrisi yang akan ditemukan ikan dalam makanan alami, bersama dengan suplemen untuk memastikan kesehatan yang baik. Inilah yang harus Anda pertimbangkan saat memilih makanan kering untuk ikan Anda.

Ikan yang Lapar Adalah Ikan yang Sehat

Yang terbaik saat memberi makan ikan adalah  lakukan dalam jumlah kecil, tidak lebih banyak makanan daripada yang bisa dimakan semua ikan Anda dalam waktu sekitar lima menit. Jangan membuat kesalahan dengan memberi makan ikan secara berlebihan, sehingga pelet tetap berada di dasar. Ikan jarang memakan sisa makanan pelet di dasar akuarium, dan pemulung akan memakannya jika mereka masih lapar.

Sampai Anda merasakan berapa banyak makanan pelet yang akan dimakannya. Anda mungkin memberi makan akuarium secara berlebihan. Ini adalah masalah kecuali jika Anda mengambil tindakan cepat. Anda harus membersihkan sisa makanan dari akuarium, atau menyedotnya sepenuhnya dari dasar dan keluar dari tangki.

Seorang pemelihara ikan baru dihadapkan dengan berbagai macam makanan di toko  ikan tropis rata-rata. Rata-rata  akan menemukan 10 hingga 20 jenis dan merek makanan pelet, selusin makanan granular lainnya, berbagai makanan pelet, dan lemari es yang penuh dengan makanan beku, semuanya dipasarkan untuk memberi makan ikan Anda.Ini bisa sangat membingungkan, tetapi ingatlah bahwa sebagian besar ikan akuarium adalah omnivora. Ikan ini memakan makanan yang berasal dari protein hewani dan juga nabati.

 

Cari Sumber dan Kandungan Protein

Protein adalah nutrisi penting dalam makanan ikan. Namun seperti semua hal baik terlalu banyak,terlalu sedikit atau jenis protein yang salah dapat menyebabkan masalah. Bahan-bahan dicantumkan dalam urutan jumlah terbesar terlebih dahulu. Pilih makanan yang memiliki beberapa bahan pertama yang terdaftar sebagai tepung ikan, udang, dan makanan laut lainnya pada label. Ikan tidak membutuhkan banyak karbohidrat dalam makanannya, jadi hindari makanan dengan banyak biji-bijian, atau biji-bijian yang terdaftar sebagai bahan pertama.

 

Makanan untuk ikan muda harus memiliki protein 35 sampai 45 persen. Untuk ikan yang lebih tua, lebih sedikit protein lebih baik. Terlalu banyak protein untuk ikan dewasa dapat membuat mereka gemuk dan menyebabkan penyakit hati berlemak (lipidosis hati). Lihat Analisis  pada label makanan untuk melihat apa kandungan protein dalam makanan.

 

Tetap segar

Nutrisi dalam makanan pelet memburuk dari waktu ke waktu. Kenyataannya bahan-bahan tersebut cepat rusak. Sebaiknya beli hanya apa yang dapat Anda gunakan dalam waktu satu bulan atau kurang. Pilih berbagai makanan, dan putar untuk setiap pemberian makan. Ini memberi Anda peluang lebih tinggi untuk memasok nutrisi yang tepat, sambil memasukkan variasi ke dalam makanan. Menggunakan makanan beku kering, beku atau pelet bersama dengan makanan pelet memberikan nutrisi yang bagus untuk semua jenis ikan.

Baca juga : Jenis Ikan Paling Berbahaya Di Dunia

Beberapa produsen mengemas beberapa jenis pelet dalam satu kaleng. Yang harus Anda lakukan adalah memutar bagian atas untuk mendapatkan pilihan yang berbeda. Ini adalah cara yang bagus untuk menawarkan variasi ikan Anda tanpa membeli banyak kaleng serpih. Mimin sangat merekomendasikan mencoba salah satunya.

 

Bukan Hanya untuk Vegetarian

Beberapa ikan hanya memakan bahan nabati. Bagi mereka sangat penting bagi Anda untuk menyediakan makanan seperti pelet Spirulina (ganggang). Namun kamu akan menemukan hampir semua ikan Anda akan menikmati sajian alga. Pelet ideal untuk pakan ikan tingkat atas atau menengah, sementara wafer alga dan pelet tenggelam paling cocok untuk pakan bawah seperti plecos. Berhati-hatilah saat memberi makan wafer alga beri makan hanya satu per satu dan amati berapa lama ikan Anda memakannya. Jika wafer belum habis dalam 24 jam,keluarkan sisanya agar tidak mengotori tangki. Jika wafer dikonsumsi dengan cepat aman untuk memberi makan lebih dari satu disk sekaligus. Ketahuilah bahwa beberapa ikan lele atau pengumpan bawah lainnya aktif di malam hari, sehingga mereka akan keluar untuk makan setelah lampu mati. Beri makan ikan-ikan itu tepat sebelum mematikan lampu akuarium di malam hari.

 

Pelet 

Pelet  yang mengapung dan tenggelam adalah pilihan yang baik untuk ikan yang lebih besar seperti cichlid. Anda akan menemukannya dalam berbagai ukuran, yang dirancang agar sesuai dengan ukuran ikan. Kenali apa yang ikan Anda makan di alam. Beberapa ikan besar seperti Silver Dollar adalah vegetarian meskipun mereka terlihat seperti pecinta daging. Pastikan untuk menawarkan mereka beberapa pelet sayuran.

 

Makanan Lainnya

Selain serpih dan pelet, ada juga makanan beku-kering seperti krill, tubifex, dan udang. Tubifex umumnya berbentuk kubus, yang dapat ditekan dengan kuat ke kaca bagian dalam tangki. Ini memberi ikan yang lebih kecil kesempatan untuk bersaing dengan ikan yang lebih besar untuk mendapatkan makanan. Anda akan senang melihat mereka mencabik-cabiknya – mereka hampir terlihat seperti sekawanan serigala. Pilihan bagus lainnya adalah kubus makanan beku. Makanan beku dibuat dari berbagai bahan, seperti udang air asin, cacing, sayuran, dan ganggang. Ini sangat bergizi – dan ikan merasa lezat.

 

Baca juga lainnya : Pakan yang Baik Untuk Guinea Pig

Author: admin