Rekomendasi Ikan laut untuk dikonsumsi

See the source image

Ikan laut menjadi salah satu menu favorit bagi masyakarat di seluruh dunia. Tak heran bahwa ikan laut mengandung gizi 4 sehat 5 sempurna yang sangat wajib dikonsumsi.

Banyaknya kandungan protein, vitamin, dan mineral yang tinggi pada ikan laut menyebabkan jenis makanan yang satu ini dikenal mempunyai manfaat untuk meningkatkan fungsi kerja otak.

Ikan laut juga memiliki gizi lengkap yang tak ditemukan pada jenis makanan lain, itulah mengapa ikan laut sangat baik untuk dikonsumsi, umunya kita memakan ikan ini 2-3 kali dalam seminggu.

Selain itu ikan juga merupakan sumber protein rendah lemak, dan sangat cocok bagi yang berupaya menjadikan badan mereka ideal, nah untuk itulah, kalian juga harus sering-sering mengkonsumsi ikan laut agar otak anda bekerja dengan baik.

Daripada penasaran simak  ulasan berikut:

  1. Ikan tongkol

See the source image

Jenis ikan laut yang kaya akan gizi yaitu ikan tongkol, ternyata ikan ini sangat kaya akan gizi loh teman-teman.

Gizi dari ikan ini adalah protein, yodium, zat besi yang dapat melancarkan otak, menghilangkan pegal-pegal badan, kesehatan jantung dll.

Ikan ini biasanya dimasak menjadi balado, sup, dan bisa juga dibakar, serta digoreng.

 

2. Ikan Tuna

 

See the source imageIkan tuna juga termasuk jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi. Ikan tuna termasuk ikan buas, karnivora, predator dan dapat mencapai panjang 236 cm, umumnya 60-180 cm. Meski begitu, tuna sangat bagi dikonsumsi dengan berbagai manfaat yang ada.

Manfaat ikan tuna bahkan tak hanya sebatas menjadi makanan rendah lemak, tapi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Ikan tuna juga memiliki gizi yang lengkap mulai dari protein hingga omega-3. Selain lezat, ikan yang satu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menyehatkan mata, dan cocok sebagai makanan diet.

3. Ikan Cakalang

See the source image Ikan cakalang termasuk makanan yang sering di konsumsi di Indonesia, Ikan ini biasnya bergerombong dengan panjang 40 cm-60cm.

Ikan jenis ini mengandung jumlah lemak yang sedikit justru memiliki jumlah protein yang lebih tinggi.

Manfaat dari ikan cakalang seperti menjaga kadar gula darah, kesehatan jantung, mencegah anemia, serta mengurangi nimensia

 

4. Ikan salmon

See the source image

Sudah tidak diragukan lagi bahwa ikan salmon merupakan menu yang sangat di favoritkan para pecinta masakan ikan laut di seluruh dunia.

Ikan yang satu ini dikenal dengan tingkat proteinnya yang tinggi dan mengandung banyaj vitamin bagi kesehatan tubuh.

mengkonsumsi setidaknya 2 kali seminggu dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengurangi resiko beberapa penyakit kronis seperti jantung, peradangan, kesulitan tidur, hingga kelebihan berat badan.

 

5. Ikan sarden

See the source imageSelanjutnya adalah ikan sarden, ikan laut ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia yang dikonsumsi setiap hari.

Menurut para ahli ikan sarden mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, zat besi, selenium, protein, vitamin B-12, dan asam lemak omega 3.

Tak heran bahwa ikan ini sangat disukai masyarakat, selain rasanya  yang enak ikan sarden juga dapat menghilangkan penyakit seperti mencegah penyakit jantung, menurunkan risiko pengumpulan darah, mencegah kanker, dan memperkuat tulang.

 

6. Ikan Tenggiri

See the source imageSelanjutnya ikan tenggiri masih sama jenis dengan ikan tongkol dan ikan sarden.

Ikan ini biasanya digunakan unutk membuat pempek dan siomay di kalangan masyarakat Indonesia.

Dibalik cita rasanya yang lezat ternyata ikan tenggiri memimiki banyak manfaat menurunkan koselterol jahat, hingga menjaga kesehatan pada mata, karena banyak sekali mengandung zat gizi yang sangat baik.

 

7. Ikan kerapu

See the source image Memiliki nama lain Epinephelinae sp, ikan kerapu memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya dan memiliki kandungan gizi yang tinggi akan kerapu juga memiliki banyak khasiat.

Bahkan, kandungan gizinya tak kalah dengan ikan salmon. Kerapu, mengandung omega 3, seng, magnesium, fosfor, dan lemak jenuh yang tinggi.

Sehingga bagus dikonsumsi pengidap jantung, hingga menjaga postur tubuh buat kalian yang sedang melakukan diet. Tak heran jika harga dari ikan kerapu lumayan mahal.

Itulah sederet jenis ikan laut yang kaya gizi untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menjadikan jenis ikan diatas ke daftar harian menu makanan kalian. Semoga bermanfaat.

 

 

Share:

Author: admin