Rekomendasi ikan Channa (ikan gabus)

See the source image
Di kalangan penghobi ikan hias predator, ikan channa alias snakehead aliasIkan gabus adalah salah satu primadonanya.
Snakehead adalah anggota keluarga ikan tawar Channidae yang merupakan hewan asli benua Afrika dan Asia. Dari waktu ke waktu, peminat ikan ini semakin banyak karena channa memiliki ciri-ciri bentuk fisik, perangai, dan karakteristik yang unik.
Sebelum menjadi ikan favorit aquarist, channa bisanya ditangkap untuk dimakan atau bahkan dibasmi karena mereka adalah spesies invasif.
Inilah beberapa contoh  ikan gabus yang bagus untuk dipelihara dan yang terpopuler:
  1. Channa Melasoma (Black SnakeHead)
See the source image
Wilayah spesies ini saat ini dianggap meluas dari Thailand selatan yang ekstrim (distrik Kolok) melalui Semenanjung Malaysia, Singapura, dan Kepulauan Sunda Besar di Kalimantan dan Sumatra, meskipun tidak ada di Jawa. Mereka juga muncul di Filipina dan di sejumlah kepulauan yang lebih kecil seperti Bangka, Belitung, dan Palawan.
Channa melasoma menampilkan preferensi untuk hidup di aliran air hutan jernih dengan substrat lumpur dan serasah daun, tetapi juga tercatat bisa hidup blackwater asam di hutan rawa gambut dan lingkungan keruh.
2. Channa Marulioides (Emperor Snakehead)
See the source image
Ikan ini berasal dari Thailand Selatan (dibawah tanah genting Kra), Malaysia dan, Indonesia.
Mereka cenderung menghuni saluran sungai yang lebih besar dan danau pedalaman seperti sebuah Danau Sintarum di Kalimantan.
3. Channa Maculata ( Blotched Snakehead)

r Channidae yang merupakan hewan asli benua Afrika dan Asia. Dari waktu ke waktu, peminat ikan ini semakin banyak karena channa memiliki ciri-ciri bentuk fisik, perangai, dan karakteristik yang unik. Sebelum menjadi ikan favorit aquarist, channa bisanya ditangkap untuk dimakan atau bahkan dibasmi karena mereka adalah spesies invasif.

Gambar Ikan Gabus Terbagus

melalui India, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Myanmar, dan Thailand hingga China selatan, Laos, dan Vietnam, meskipun kemungkinannya jauh lebih luas dari riset yang akan datang. Populasi ikan ini juga muncul di Broward County, Florida, AS.

Habitat yang disukainya adalah saluran sungai yang besar, danau pedalaman, kanal, dan rawa-rawa di mana mereka sering dikaitkan dengan vegetasi perairan.

 

5. Channa Lucius ( Forest SnakeHead)

See the source image

Ikan ini saat ini memiliki jangkauan wilayah yang sangat luas, membentang ke timur dan selatan dari sistem Sungai Mekong sampai ke banyak wilayah Indochina termasuk Laos, Kamboja, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Semenanjung Malaysia serta Kepulauan Sunda Besar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa serta sejumlah pulau-pulau kecil di wilayah tersebut.

Channa lucius bisa hidup di berbagai jenis habitat meskipun cenderung menghindari air yang mengalir sangat cepat dan menunjukkan preferensi untuk tinggal di area rawa hutan dan anak sungai.

6.Channa sp. ‘five stripe ‘ (spesies chnna 5 strip)
See the source image
Spesies ini diperkirakan berasal dari Arpurduar, Distrik Jalpaiguri, negar bagian Belangga Barat, India Utara.
Berdasarkan dari pola warnanya dan detail terbatas mengenai habitat aslinhya, spesies ini kemungkinan dapat beradaptasi unutk tinggal dibawah beberapa bebatuan.
Alipurduar terletak di daerah tropis lembab di dataran banjir dan kaki pegunungan Himalaya timur yang biasa disebut sebagai Dooars atau Duar, yang secara tradisional dianggap sebagai pintu gerbang Bhutan
7. Channa “Fire and ice” ( Spesies Channa api dan air).
See the source image
Ikan dengan panjang maksimal 120-150 mm ini hanya memiliki sedikit detail tentang habitatnya, tetapi tampaknya mereka berasal dari wilayah perbatasan antara Myanmar dan Thailand barat, kemungkinan adalah anak-anak sungai dalam sistem sungai Salween.
Spesies yang tak teridentifikasi ini pertama kali muncul dalam perdagangan ikan hias pada tahun 2009. Nama ‘api dan es’ berasal dari pola warna merah (api) dan biru (es) di kepalanya.
8. Channa Barca
See the source image
Channa Barca tersebar luas di negara bagian Assam dan Negaland di Timus laut India, tetapi mereka merupakan spesies yang sangat langka dan tidak pernah dikumpulkan dalam jumlah yang sangat besar, Mereka tercatat berada pada distrik Kamprun dan Morigaon selama beberapa tahun terakhir, sememntara kemunculannya sering di negara Nepal dan Bangladesh dianggap meragukan.
Ikan ini diamati mendiami lubang vertikal di sekitar pinggiran lahan basah yang biasnaya menjadi kering selama bulan-bulan musim dingin yang kering, mereka muncul untuk berburu dan berkembang biak saat habitatnya banjir.
9.Channa Baramensis ( Baram SnakeHead)
See the source imageBaram Snakehead adalah satwa endemik pulau Kalimantan dimana di ketahui mereka hidup diperairan seluruh bagian Sarawak dan di negara bagian Sabah.
Malaysia ditambah dengan Brunie Darrusalam yang dikelilingi oleh Sarawak.
10.Channa Argus ( Northern Snakehead)
See the source image
Ikan ini berasal dari sungai kuning dan Yatze yang lebih rendah dari China  Timur dan berbagai sungai di semenanjung Korea dan populasi ini di kembangkan di negara Jepang, Amerika Serikat, Asia Tengah, dan sebagian Eropa Timur, merek awalnya dimaksudkan untuk dikaitkan dengan proyek akuakultur, Tetapi spesies ini telah masuk dalam sungai dan badan perairan lainnya.
Ikan ini bisa hidup di berbagai jenis perairan meskipun cenderung sangat menghindari aliran deras dari air.
Baca juga : http://infoikanterbaru.com/rekomendaasi-jenis-ikan-louhan/ ‎

 

 

 

Share:

Author: admin