PENYEBAB IKAN HIAS MATI

hal yang paling menyebalkan untuk para pemilik ikan hias adalah ketika melihat akuarium dan mendapati ikannya sudah mengambang mati di permukaan.

Apalagi dalam kurun beberapa hari ikan mati satu per satu, ini akan membuat frustasi pemilik hewan dan membuat bertanya-tanya mengenai penyebab ikan hias mati tersebut.

Jika ikan mati dalam kurun waktu yang relatif lama, mungkin itu sudah menjadi faktor usia dan sebagainya. Namun, apabila semuanya terjadi secara mendadak dan dalam hitungan hari saja, maka penting untuk melihat dan memperhatikannya.

1. Kualitas Air

Hal pertama kali yang harus benar-benar diperhatikan jika ikan hias Kalian mengalami mati mendadak penting untuk langsung melihat kualitas airnya.

Jika Kalian tidak memperdulikannya maka akan berdampak pada pertambahan jumlah korban dan menyebabkan ikan hias mati satu persatu.

Kendala umum yang sering terjadi itu adalah amonia dan nitrit, kendala ini akan sangat berpengaruh dan mengalami masalah umum.

Kedua penyebab ini akan membuat ikan rentan terkena penyakit dan tidak bisa bertahan lama. Sehingga perlu untuk melihat dan mengetahui penyebabnya tersebut secara keseluruhannya.

Biasanya hal ini terjadi akibat adanya pemberian makan secara berlebihan dan kotoran ikan yang menumpuk dalam air.

Sehingga menyebabkan lonjakan amonia, untuk pencegahannya Kalian harus memberikan filter pembersih agar kualitas air tetap terjaga dengan maksimal yang membuat ikan hias Kalian tetap sehat dan bugar.

2. Menguras Air

Penyebab ikan hias mati itu selanjutnya adalah kurangnya menjaga dan menguras air secara rutin. Peranan filter memang dikhususkan untuk membersihkan air dari kotoran ikan dan sisa makanan yang menumpuk.

Tetapi, dalam tahap ini Kalian harus tetap menjaga kesehatan  dengan rajin menguras airnya, sehingga selalu baru dan kualitas terjamin.

Lakukan tindakan ini seminggu sekali dan harus disiplin dalam menggantinya, apabila Kalian abai akan berpengaruh pada kesehatan ikan hiasnya.

Jika sudah berkomitmen untuk memelihara ikan di akuarium, maka penting sekali untuk disiplin dan komitmen dalam merawatnya, sehingga ikan hias Kalian dirumah dapat tumbuh dengan sehat dan cantik.

Hindari untuk menunggu masalah terlebih dahulu, baru membersihkan akuarium dan menguras airnya.

Tindakan ini hanya akan mengundur masalah dan menimbulkan persoalan baru lainnya, tentukan saja waktunya dan bersihkan secara teratur

3. Mengalami Stres

Hampir sama dengan manusia, ikan termasuk hewan yang rentan mengalami stres. Apabila mengalami kondisi tersebut akan berpengaruh pada kesehatannya.

Apabila kondisi stresnya semakin berat, maka akan memicu penyakit dan membuat ikan akan sulit untuk bertahan hidup serta sulit untuk melawannya.

Suara bising, air kotor, penggantian substrat yang tidak perlu, dan adanya pembullyan dari ikan lain adalah beberapa penyebab ikan hias mati akibat stres.

Untuk itu, hindari mengganggu akuariumnya, kecuali jika diperlukan saja. Selanjutnya Kalian harus memperhatikan ikan hias Kalian tersebut, hindari membeli ikan yang bisa saling menyerang.

Untuk lebih aman sebelum menambah ikan, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan pedagang ikan hiasnya

Author: admin