MITOS IKAN CUPANG

MITOS IKAN CUPANG

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang saat ini paling populer di Dunia terutama di Indonesia, karena warna dan ekornya yang indah untuk di pandang.

Ikang cupang sangat mudah untuk di rawat sehingga menjadikan ikan favorit banyak orang di dunia karena sangat cocok untuk di pelihara di ukuran aquariu yang kecil dan tidak terlalu besar.

Namun ikan cupang sendiri merupakan salah satu ikan yang paling sering diekspos, banyak berita mengenai informasi, atau mitos mengenai ikan cupang.

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa mitos mengenai ikan cupang yang sangat populer saat ini.

MITOS UNIK TENTANG IKAN CUPANG

Ikan Cupang Menyukai Aquarium Kecil

Faktanya di mana ikan yang kecil akan lebih cepat terkena polusi serta menjadikan lingkungan yang sangat buruk untuk ikan cupang dan ikan lainnya yang berada di aquarium berukuran kecil.

Di mana aquarium kecil dengan perawatan yang sangat buruk membuat ikan merasa stress sehingga menimbulkan kematian.

Ikan cupang memiliki kelebihan tersediri di bandingkan ikan lainnya untuk bertahan hidup dalam lingkungan atau aquarium yang buruk, hal tersebut di karenakan ikan cupang merupakan ikan anabantid.

Ini cara yang sangat ideal untuk ikan cupang bertahan hidup, kemampuan tersebut merupakan adaptasi evolusionel yang berfungsi untuk membawa ikan cupang melewati kekeringan di habitat liar yang berada di asia tenggara.

Sara aquarium untuk memelihara ikan cupang sebesar 15 liter. Di mana ikan cupang juga membutuhkan ruang untuk berenang di hiasai dekorasi berupa tanaman untuk bersembunyi agar mereka merasa aman dan nyaman.

TIDAK MEMBUTUHKAN FILTER UDARA

Tidak memasang filter udara merupakan kesalahan terbesar. Banyak yang berfikir jika ikan cupang bisa hidup tanpa oksigen layaknya ikan mas koi.

Ikan cupang sendiri merupakan ikan tropis di mana dapat bertahan hidup di suhu 24 sampai 27,2 derajat dan suhu ideal untuk ikan cupang adalah 25 derajat celcius.

Ikan cupang juga membutuhkan perawatan mulai dari air yang bersih.

Manfaat Filter pada aquarium ikan cupang :

  • Menyediakan sarana Fitrasi kimiawi menggunakan karbon aktif dan zak aditif.
  • Mendorong filtrasi biologis dengan cara memberikan tempat bagi kelompol mikroba yang sehat untuk berkembang.
  • Sirkulasi agar suhu air merata.
  • Aerasi agar mirip dengan oksigen.
  • Memfasilitasi fitrasi bertujuan untuk ,enghilangkan partikel limbah di air.

IKAN CUPANG AGRESIF MENYERAN DAN MEMBUNUH IKAN LAIN

Banyak orang yang ingin memelihara ikan cupang di aquarium bersama ikan lainnya, di mana ikan cupang bisa membunuh ikan lain. Bagaimanapun ikan cupang jantan akan bertarung sampai mati.

Ikan cupang bisa hidup bersama ikan lain dalam situasi tertentu, tergantung lingkungan dan kondisi sirkulasi dalam aquarium.

IKAN CUPANG PEMAKAN AKAR TANAMAN

Ikan cupang merupakan ikan karnivora, di dalam aquarium ikan cupang memakan cacing, serangga, larva dan hewan kecil lainnya.  Ikan cupang sendiri sangat suka dengan cacing darah.

Biasanya jika ikan cupang merasa kelaparan, dia sering kali memakan akar tanaman baik itu tanaman asli maupun tanaman palsu.

Jika kalian ingin memelihara ikan cupang, pastikan untuk memberikan makan secara benar agar hidup ikan cupang sehat.

IKAN CUPANG BISA MERASA KESEPIAN

Kebanyakan orang sering beranggapan kalai ikan cupang sering kali merasa kesepian, sedih sampai bosan.

Ikan cupang sendiri bukanlah ikan kawanan, di mana mreka hidup individu atau sendiri sehingga jantan sering kali berkelahi.

 

Author: admin