Mengenali jenis Ikan Kakap

See the source image
Ikan kakap merupakan ikan yang sangat gampang ditemui di Indonesia,
Kakap merupakan jenis ikan yang tergolong dari  kelaurga ikan laut, jenis ini biasanya besarang dibawah terumbu karang secara berkelompok.
Ada beberapa jenis ikan kakap yang ada di Indonesia, dari beberapa jenis tersebut memiliki berat yang berbeda-beda setiap jenisnya.
Berikut adalah contoh jenis ikan Kakap yang ada diperairan Indonesia:
  1. Kakap Merah
See the source image
memiliki nama berbeda di setiap daerah di Jakarta dan Banten disebut dengan bambangan, ada asing dari kakap merah yaitu red snapper, Pargo Colorado.
Rata-rata berat untuk jenis kakap merah adalah 4-10 kg, dan dapat mencapai lebih dari 20 kg untuk ukuran besarnya.
Jenis kakap ini dapat kita temui di berbagai jenis laut sekitaran 60 meter.
2. Kakap Cubera
See the source image
Seperti kakap merah kakap cubera memiliki jenis nama asing yaitu, cubera snapper. Berat dari ikan kakap cubera berkisar sekita 50 kg, berat umum dari kakap ini berkisar sekitar 15-25 kg.
Dan rekor dunia dulu pernah  tercatat kakap cubera sebesar 60 kg.
Dengan tubuhnya yang besar kakap ini melawan musuhnya denagn tubuh nya
3. Kakap Domba
See the source image
Kakap domba memiliki jenis nama asing yaitu pargo, mutton snapper. Kakap jenis ini  memiliki panjang  2,5-2,7 kilogram  dengan berat mencapat 14 kilogram.
Jenis ini memanfaatkan bentuk tubuh yang lebar untuk menyelami lautan yang sangat dalam ikan ini melawan musuhnya, Menampilkan pesonanya di kedalaman dengan melarikan diri.
4. Kakap Anjing
See the source image
Nama lain yang dimiliki oleh kakap anjing adalah Jocu, Dog Snapper, dan Yellow Snaper. Berat kakap anjing bisa mencapai 15 kg dengan berat rata-rata sebesar 1-7,5 kg dan rekor dunia yang pernah tercatat sebesar 12 kg atau 24 pon. Sama seperti jenis kakap sebelumnya, kakap anjing juga merupakan ikan petarung.
5. Kakap  Batu
See the source image
Sebutan lain dari kakap ini adalah mangrove snapper, Black Snapper berat badan dari ikan ini adalah 1-3 kg dengan berat mencapai 10 kg dan rekor duni yang pernah ikan ini catat adalah 8,5 kg.
Dilihat dari warna nya nampak sekali ikan ini seperti warna bebatuan dan lebar.
Biasanya ikan ini menghindari musuhnya dengan berkamuflase di bebatuan atau karang,
6.Kakap Sutra
See the source image
Kakap ini biasa disebut dengan Yellow Eye dan Silk Snapper. Untuk beratnya rata-rata kakap sutra memiliki berat 1,5 – 2,5 kg dengan rekor dunia mencapai 9 kg atau 18 pon. Berbeda dengan jenis sebelumnya, kakap sutra tidak suka pertarungan di dalam.
7. Kakap Ratu
See the source image
Kakap jenis ini disebut juga dengan Queen Snapper dengan berat rata-rata mencapai 1,5 – 2,5 kilogram dan rekor dunia mencapai 5,5 kilogram.
8. Kakap Sirip Hitam
See the source image
Kakap jenis ini memiliki ciri khas tersendiri memiliki sirip yang  berwarna hitam bdea dengan kakap yang lainnya.
Kakap Sirip hitam memiliki nama latin yaitu, Black Spot dan Black Snapper.
9. Kakap ekor kuning
See the source image
Berat kakap yang memiliki nama lain seperti Flag, Rabirubia, dan Yellowtail Snapper ini bisa mencapai 4 kg dengan rata-rata berbobot 0,5-1,5 kg. Memang lebih kecil dari jenis yang lainnya, namun rekor yang pernah tercatat kakap ekor kuning dengan berat mencapai 4 kg atau 8 pon.
Kakap jenis ini cukup sulit untung ditangkap dengan pancing karena termasuk ikan yang kuat saat melarikan diri dan kuat dalam memutuskan tali pancing.
10. Kakap Vermilion
See the source image
Kakap ini biasanya berukuran kecil rata-rata beratnya dibawah 1 pon sampai dengan 5 pon.
Namun rekor dunia mencatat berat kakap vermilion yang mencapai 7 pon atau 3,5 kg.
Kakap jenis ini memiliki karakter bukan ikan petarung dan sangat sering ditangkap pada jaring nalayan karena ukurannya yang sangat kecil, kakap vermilion biasa disebut dengan cajon.
11. Kakap School Master
See the source image
Dengan nama yang cukup unik tersebut, berat kakap jenis ini bisa mencapai 6-7 pon dengan berat rata-rata dibawah 1 pon dan catatan rekor dunia sebesar 4 pon atau kg, Kakap ini adalah Caji dan Barred Snapper.
12.Lutjanus Mahogony
See the source image
Jenis ikan kakap memiliki nama lain adalah kakap tanda-tanda, warga cirebon membuat jenis kakap ini dengan sebutan ngangas. Namun secara luas ikan ini dikenal dengan nama Mahogany Snapper.
Adanya perbedaan antara jenis ikan di Indonesia sangatlah beragam. Untuk itu agar tidak terjadi kerusakan pada ekosistem laut termsuk kakap dengan cara yang dibenarkan dan diperbolehkan.
Baca Juga: Sunting Pos ‹ infoikanterbaru — WordPress

 

Share:

Author: admin