MENGENAL TUBUH IKAN HIU YANG MENYERAMKAN

Kali ini akan kita bahas tentang ciri ciri fisik pada ikan hiu , yang mana diketahui ikan ini adalah ikan predator. Ikan hiu biasanya hidup berkelompok dengan sesama jenisnya untuk menjaga habitat dan untuk melawan serangan dari musuhnya.

Yang sudah kalian ketahui tidak semua jenis ikan hiu memakan atau mengganggu manusia di perairan, Tetapi bagi kalian yang belum mengetahui sifat buruk dari ikan hiu alangkah baiknya kalian jangan melawan atau mengusik ikan tersebut.

Kali ini akan kita bahas tentang ciri ciri fisik ikan hiu untuk menambah pengetahuan kalian terhadap ikan hiu.

BACA JUGA :

Cara Budidaya Ikan Nila

Berikut adalah ciri ciri fisik ikan hiu yang sudah kami rangkum sebelumnya:

1. Ciri dibagian luar tubuh hiu

  1. Memiliki dua sirip di kiri dan kanan depan. Dan pada bagian belakangnya terdapat sirip panjang yang berdiri seperti pesawat tempur. Sedangkan sirip bodi belakang bagian bawah lebih pendek. Pada umumnya sirip ini digunakan oleh hiu untuk menyeimbangkan tubuh saat berburu.
  2. Hiu memiliki mulut melintang dan kepala runcing ke depan.
  3. Mata hiu agak kecil dan memiliki bintik-bintik merah di dalamnya. Mata hiu bisa melihat hingga 100 meter di air jernih.
  4. Hiu memiliki 5-7 insang, masing-masing dengan lamela terpisah, tidak ada gelembung udara atau vesica natatoria

2. Ciri khas dari ikan hiu

  1. Hiu memiliki kulit dengan sisik plakoid dengan kelenjar lendir. Hiu merupakan salah satu hewan yang dapat menyesuaikan tubuhnya dengan lingkungan dan dikenal sebagai hewan berdarah dingin.
  2. Pada kerangka ikan hiu yang berupa tulang rawan, tidak terdapat tulang yang keras, tulangnya lengkap dan terpisah.
  3. Jika dilihat dari bentuk hidungnya, hiu memiliki rongga hidung satu sampai dua tanpa ada hubungan dengan rongga mulut. Selain itu, hiu juga memiliki sepasang rahang, yaitu rahang bawah dan rahang atas.
  4. Di bagian mulutnya, hiu memiliki gigi bergigi seperti sikat yang dilengkapi dengan enamel gigi yang sangat tajam dan mampu mengoyak mangsanya.

3. Ciri utama ikan hiu

Rahang hiu dapat digerakkan sehingga hiu mampu memakan mangsa yang lebih besar. Pada umumnya benda-benda seperti sepeda sering ditemukan di dalam tubuh ikan hiu. Hiu memiliki anggota badan yang berpasangan sehingga dikenal sangat kuat dalam mencabik-cabik mangsanya. Pada vertebra hiu, mereka sangat lengkap, tetapi vertebra ini diketahui terpisah.

4. Ciri Fisik Ikan Hiu

Selain dari ciri umum, ciri khusus dan ciri jika dilihat dari luar ikan hiu juga memiliki ciri fisik seperti sebagai berikut:

Jika dilihat dari ciri fisik kerangka ikan hiu sangat berbeda dengan tulang ikan seperti ikan cod, karena terbuat dari tulang muda (tulang rawan) yang sangat ringan dan lentur, walaupun tulang muda pada ikan hiu tua terkadang lebih lemah. terkadang beberapa dapat mengapur, membuatnya lebih keras dan lebih seperti tulang.

Rahang hiu bervariasi dan diperkirakan berevolusi dari rongga insang pertama. Rahang ini tidak melekat pada tempurung kepala dan memiliki deposit mineral tambahan yang memberi mereka kekuatan lebih besar saat berhadapan dengan makanan atau musuh.

Namun, dari segi perkembangan, Hiu umumnya lambat mencapai kematangan seksual dan menghasilkan keturunan yang sangat sedikit dibandingkan dengan ikan lain yang dipanen. Akibatnya, hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan ahli biologi karena meningkatnya upaya penangkapan hiu selama bertahun-tahun, dan banyak spesies sekarang dianggap terancam punah.

Itu adalah beberapa ciri fisik dari ikan hiu yang harus kalian ketahui, Terima kasih sahabat semua.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Inilah 5 Fakta Unik Ayam Cemani

Author: admin