MENGENAL JENIS IKAN KAKAP

dengan ikan kakap. dimana ikan iniĀ  sering dijadikan salah satu santapan lezat yang kaya akan gizi.

Ikan ini sangat dikenal ke seluruh dunia, bahkan orang Indonesia sering membudidayakannya. Tidak itu saja, ikan yang hidup berkelompok ini ternyata memiliki beberapa jenis.

Sebelum masuk ke jenis jenis ikan kakap, kalian harus terlebih dahulu mengenal lebih jauh tentang ikan ini. Habitat ikan kakap biasanya ada di sekitar karang, rumpon atau tandes, yang di mana jumlahnya banyak sekali ditemukan di sekitar laut Indonesia.

Setiap jenis ikan kakap memiliki ciri khas yang berbeda beda dan juga berat yang beragam. Maka itu jenis ikan kakap cukup menarik untuk kita bahas.

Berikut adalah jenis ikan kakap yang akan kita bahas:

1. Ikan Kakap Merah

Kakap merah adalah salah satu jenis ikan kakap yang terkenal , yang dimana ikan ini juga termasuk ikan yang sering dipilih untuk dibudidayakan oleh masyarakat.

ikan kakap ini memiliki warna sisik merah. bukan itu saja, kakap merah juga dikenal sebagai salah satu kakap yang gesit dan memiliki kekuatan yang cukup besar.

Ukuran kakap merah bisa mencapai berat 4 hingga 20 kilogram, yang dimana rekor paling berat dari ikan ini adalah sekitar 25 kilogram.

Ikan kakap merah sering dijumpai di kedalaman 60 meter dari permukaan laut dan tentu saja hidup berkelompok. Kakap merah juga termasuk ikan yang cukup menjanjikan untuk dijadikan dibudidayakan.

2. Ikan Kakap Cubera

jenis ikan kakap ini menjadi salah satu favorit bagi para pemancing. Ikan ini sendiri memiliki berat rata-rata 15 kg hingga 25 kg, di mana ia bisa mencapai berat 50 kg.

Hingga sampai saat ini rekor Kakap Cubera yang pernah ditangkap memiliki berat sekitar 60,5 kg. yang rata-rata berat yang cukup besar ini membuat Kakap Cubera mampu menarik dengan sangat kuat.

3. Ikan Kakap Domba

Ikan kakap domba adalah salah satu ikan yang paling dicari oleh para pemancing. Berat untuk jenis kakap yang satu ini rata-rata sekitar 2,5 kilogram hingga 7,5 kilogram, di mana berat maksimal bisa mencapai 15 kilogram di alam liar.

Rekor ikan yang pernah tercatat untuk berat kakap domba adalah sekitar 14 kilogram. Warna sisiknya sendiri perak dengan ada semburat merah pada bagian perutnya.

4. Ikan Kakap Batu

Kakap batu adalah salah satu jenis kakap yang bisa dibudidayakan dan salah satu yang paling dicari pemancing. Beratnya sendiri bisa mencapai 10 kilogram dan rata-rata yang paling banyak ditemukan sekitar 3 kilogram hingga 7 kilogram.

Ikan kakap ini memiliki gerakan yang gesit, di mana bagi para pemancing sangat disukai karena melakukan perlawanan ketika menggigit umpan.

5. Ikan Kakap Ekor Kuning

kakap ekor kuning adalah jenis ikan yang bisa dibudidayakan karena memang dikenal memiliki daging yang lezat. Kakap ekor kuning bisa mencapai berat 4 kilogram dengan rata-rata berat yang ditemukan sekitar 0,5 kg hingga 1,5 kg.

ikan kakap ini memiliki ekor kuning yang memanjang ke bagian tengah tubuh dan ujung siripnya.

 

 

setelah mengetahui jenis jenis ikan kakap apa ada yang berniat untuk memelihara ikan kakap?

Author: admin