MENGENAL IKAN KERAPU DAN JENISNYA

Indonsia terkenal dengan berbagai macam flora dan faunanya dari sabang sampai merauke.
Keindahan alam dan keanekaragaman adalah keunggulan  negara Indonesia.

salah satunya dengan keanekaragaman fauna lautannya yang tidak pernah ada abisnya , fauna lautan yang salah satunya tidak pernah abis yaitu ikan.

Ikan adalah salah satu kebutuhan utama , terutama bagi para nelayan yang tinggal di pesisir indonesia. Selain dikonsumsi , ikan juga dapat di jual dengan harga yang lumayan.

Salah satu contoh ikan laut yang paling banyak diburu adalah ikan kerapu. Biarpun ikan ini hidup di perairan dngkal , namun ikan ini diburu oleh manusia untuk dimakan karena rasanya yang enak.

Di habitat aslinya ikan kerapu dikenal sebagai ikan predator yang paling besar di dunia , giginya yang tajam dan rongga mulut yang lebar jadi salah satu kekuatan bagi ikan kerapu.

berikut akan di jelaskan beberapa jenis jenis ikan kerapu laut di dunia:

1.Ikan Kerapu Macan

Kerapu macan adalah jenis ikan pertama yang akan dibahas , karena kebanyakan ikan kerapu yang di jual di pasaran sebagai makanan adalah ikan ini.
erapu macan mempunyai motif tuubuh seperti macan tutul berkombinasi dengan warna hitam dan kuning. Sisik yang mengkilap dan bermotif loreng adalah ciri khas ikan ini.
Meskipun kebanyakn orang mengolah sebagai makanan , nyatanya ikan ini justru bertambah banyak. ini dikarenakan banyak nelayan yang sudah membudidayakan ikan kerapu untuk dijual kembali.

untuk ukuran ikan kerapu ini biasanya berukuran 15cm – 25cm peer ekor nya.

2. Ikan Kerapu Batik

Ikan kerapu batik memiliki warna coklat pucat yang berada pada badan sampai siripnya Meski sedikit terlihat seperti belut listrik, namun habitat kerapu ini berada di laut yang dalam.
potensi membudidayakan ikan ini sangat tinggi bahkan bisa menjadi salah satu nilai ekonomi yang yang sangat baik untuk dikembangkan.
Tapi sayang ikan ini membutuhkan waktu yang lama untuk dipanen , sekitar 9 bulan untuk meraih keuntungan yang tinggi dari ikan kerapu ini.
kebanyakan nelayan membudidayakan ikan ini karena rasa dagingnya yang enak dan empuk untuk di konsumsi oleh manusia.

3. Ikan Kerapu Kertang

Ikan kerapu ini memiliki warna yang berbeda dari ikan kerapu lainnya Ikan ini populer dengan ciri khas yang berwarna kuning.
Terdapat motif bulat hitam kecil di tubuhnya yang membuat kerapu ini menjadi lebih menarik dan unik untuk dipelihara.
ikan kerapu adalah salah satu ikan yang sangat lezat untuk di konsumsi jika dimasak dengan benar , ikan ini salah satu ikan yang enak bila dimasak.
kerapu yang satu ini biasa hidup di lautan dangkal , ukuran tubuh ikan ini bisa mencapai 50cm. sangat besar untuk ukuran ikan kerapu yang bisa dimakan.

4.Ikan Kerapu Tikus

Ikan kerapu ini sangat banyak sekali di temukan di perairan Indonesia. Habitat aslinya memang berada pada perairan Indonesia dan Australia.
Karakter tubuh ikan kerapu yang satu ini memang mirip dengan tikus pada umumnya , maka itu ikan ini disebut dengan ikan kerapu tikus.
Harga ikan kerapu tikus sangat tinggi di pasaran , rasa dagingnya juga terbilang sangat enak dan lezat yang membuat kebanyakan orang memburu ikan ini untuk di konsumsi.

Untuk harga ikan ini biasanya 1kg di bandrol dengan harga Rp.420.000

5. Ikan Kerapu Sunuk

Ikan kerapu sunuk adalah ikan yang paling cantik dari ikan kerapu lainnya. Biasaya kerapu berbentuk cukup aneh dan berwarna yang tidak terang, tapi ikan kerapu sunuk ini mempunyai warna yang terang.
Itulah mengapa ikan kerapu ini sangat mudah untuk dikenali di lautan karena warnanya yang merah terang dengan bintik hijau tosca diseluruh tubuhnya.
Walau ikan ini sangat mudah di liat di lautan , tetapi ikan ini sangat sulit untuk di temukan di habitat perairan laut Indonesia

Harga ikan ini biasa di bandrol dengan harga Rp.350.000 per ekor Harga yang cukup mahal bukan bagi kalian yang ingin mengoleksi ikan ini?

6. Kerapu Cantang

 

Ikan kerapu dengan bentuk dan warna tubuh yang cukup unik. Ikan ini bernama ikan kerapu cantang.
Meskipun memang tidak terlahir lamai, ikan kerapu cantang adalah salah satu bukti inovasi bahwa persilangan antara jenis ikan kerapu macan dan kerapu kertang bisa menghasilkan jenis ikan kerapu baru
Maka dari itu, kalian bisa lihat ikan kerapu ini memiliki ciri khas warna kulit yang coklat kehitaman dengan corak garis melintang di seluruh badannya. Bagian yang menjadi ciri khas ikan kerapu ini juga terdapat pada mulut ikan kerapu.
Terdapat gigi berderet dua baris yang ditambah lagi di ujung setiap giginya mempunyai gigi yang lancip dan siap mengoyak daging mangsanya. Kamu bisa mendapatkan ikan kerapu ini dengan harga Rp 300.000 saja,

Sampai sini ada yang ingin memelihara atau mengkonsumsi ikan kerapu karena warna tubuhnya yang unik dan lezat untuk di konsumsi bagi manusia ?

Author: admin