Mengenal Ikan Cichlid Lemon

Mengenal Ikan Cichlid Lemon – Ikan hias air tawar yang termasuk dalam famili cichlid (cycloid), ikan lemon disebut juga dengan ikan mas lemon. Ikan lemon dibedakan oleh warna kuningnya yang khas, yang terkenal di kalangan penggemar.

Mengenal Ikan Cichlid Lemon

Ikan ini, juga dikenal dengan nama Labidochromis Caeruleus dan Electric Yellow Cichild, biasanya ditemukan di Danau Malawi, Afrika Selatan, di mana ia dapat terlihat di sekolah-sekolah besar. Ikan lemon paling baik dipelihara di hardscape akuarium dengan batu untuk tempat persembunyian, karena ikan ini lebih suka disembunyikan. Apa gunanya hardscape? karena jika ikan lemon ini hadir di aquascape, berpotensi memakan tanaman yang telah ditempatkan di aquascape.

Mengenal Ikan Chilid Lemon

Akuarium untuk ikan lemon bisa berukuran paling kecil satu meter, dan lebih baik memiliki lebih dari satu ikan lemon agar akuarium terlihat menarik untuk dilihat. Pertahankan minimal 10 ekor ikan untuk memastikan ikan lemon tersusun berkelompok.

Jika Anda tinggal di pedesaan, ikan lemon mudah didapat bahkan di pedagang ikan hias. Ikan kuning cemerlang ini juga sangat mudah dirawat dan berkembang biak, berkat ukurannya yang kecil.

CIRI – CIRI IKAN LEMON 

Ikan Lemon memiliki ciri-ciri tertentu. Cichlids pada umumnya lebih agresif daripada ikan lemon, tetapi ikan lemon khususnya lebih tenang dan kurang agresif. Alhasil, ikan lemon ini menjadi pilihan tepat bagi para pemula yang tertarik memelihara ikan hias air tawar.

HABITAT

Ikan lemon ini teritorial dengan ikan lain, meskipun sebenarnya tidak ganas. Cichlids memiliki kecenderungan untuk berperilaku dengan cara ini, yang wajar mengingat sifatnya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki akuarium dengan kedalaman minimal satu meter untuk memelihara ikan lemon ini.

Aneka Ikan Yang Bisa Disajikan Dengan Ikan Lemon Ikan yang bisa dipadukan dengan ikan lemon bisa berasal dari berbagai varietas cichlid yang bisa ditemukan di Malawi. Ikan cichlid yang bisa dicampur antara lain cichlid biru elektrik, mbuna, demansoni, alunocara dan lain-lain. Harap bersabar sementara saya membahas banyak varietas cichlid yang ditemukan di Afrika pada kesempatan paling awal.

Penyedap Rasa Lemon untuk Makanan Ikan Jika Anda ingin ikan lemon Anda memiliki warna kuning yang lebih cerah, Anda dapat memberi makan cacing beku dan pelet yang mengandung spirulina. Ini akan membuat warna kuning ikan lemon lebih hidup.

Pastikan pakan yang digunakan dalam kondisi baik, karena ikan ini rentan mengalami masalah jika pakannya tidak dalam kondisi baik.

 

Budidaya Ikan Lemon

Agar berhasil beternak ikan lemon, Anda harus terlebih dahulu menempatkan minimal 1 jantan dewasa dan 4 betina dewasa dalam wadah yang cukup besar, seperti kolam semen, kolam terpal, atau akuarium.

 

Pada tahap awal produksi tanaman, hal pertama yang harus diperiksa adalah kualitas air yang tersedia. Menjaga kualitas air sebaik mungkin sangat penting untuk keberhasilan pertumbuhan ikan lemon.

Saat ikan lemon betina bertelur, ikan lemon jantan membuahinya, dan telur ikan lemon yang telah dibuahi selanjutnya disimpan di mulut ikan lemon betina.

Ikan lemon betina biasanya akan berhenti makan dan bersembunyi sampai telur menetas setelah meletakkan telur di mulut ikan lemon jantan.

Kemudian pisahkan indukan dan kembalikan ke tempat semula, biarkan benur tumbuh hingga mencapai ukuran 5 cm.

BACA JUGA : Mengenal Ikan Sampit Ikan Pemanah

 

Author: admin