Mengenal berbagai paus

Paus merupakan mamalia yang hidup di laut. Mereka dikenal mempunyai ukuran tubuh yang luar biasa. Sudah tahu kah kamu jika paus terdiri dari berbagai jenis atau spesies?

Jika belum simak jenis-jenis Paus beserta penjelasannya di bawah ini:

1.  Paus Abu-abu (Eschrichtiidae)See the source image

Diberi nama paus abu-abu karena mempunyai warna yang sangat unik yaitu hitam bercorak putih.

Kulit paus ini biasanya berwarna gelap, dan sering ditemukan di perairan pasifik utara, oleh sebab itu dinamakan dengan paus abu-abu pasifik.

Ciri khusus dari paus ini adalah memiliki lubang ganda di belakang punggungnya.

Bentuk kepala mereka seperti busur yang berbentuk hati, Paus abu- abu juga dapat tumbuh dengan berat 40 ton dan mempunyai panjang tubuh sekitar 40 ton.

2. Paus Sperma (physsiteroidea)

 

See the source image

Asal usul nama paus ini yaitu berasal dari zat spermaceti yang ada di kepalanya.

Zat ini adalah zat semiliquid yang berperan penting dalam reproduksi dan mencari suara yang dapat membantunya bergerak.

Paus Sperma jantang mampu tumbuh hingga panjang 20 meter dengan bobot 40 ton. Ukuran ini menjadikan mereka sebagai spesies paus bergigi terbesar. Paus Sperma memiliki jumlah gigi yang banyak namun sederhana.

Makanan mereka adalah cumi-cumi raksasa yang mampu tumbuh hingga 2 m. Meskipun bergigi namun Paus Sperma lebih suka menelan langsung mangsanya tanpa dicabik-cabik terlebih dahulu.

3. Paus Beluga ( Monodontidae)

See the source image

Dilihat dari gambbar disamping paus beluga merupakan paus yang amat sangat lucu dan sangat ramah kepada manusia seperti lumba-lumba.

Warna dari paus ini putih, dan wajah nya terlihat seperti orang sedang tersenyum.

Dengan adanya berwarna putih seperti ini paus ini melakukan kamuflase untuk menghindar dari predator.

Paus yang dikenal sebagai paus yang sangat cerdas ini memliki dahi yang menonjol ke depan, biasanya masyarakat menyebutnya sebagai
“paus melon”.

 

4. Paus Right (Balaenidae)

Image result for paus right

Ciri dari spesies paus ini adalah memiliki kepala yang sangat besar ukuran kepalanya adalah 40 % dari badannya.

Ukuran tubuhnya bisa mencapai 40 sampai 50 kaki dengan bobot 80 ton.

Ciri lain dari mereka adalah memliki tulang rahang melengkung dan pelat belin yang sangat panjang yang berguna untuk paus right mengapung di permukaan air

Paus ini tidak memiliki lekukan sepanjang tenggorakan namun memiliki struktur yang sangat kokoh diabanding paus lainnya.

Sirip paus ini pendek namun melebar, paus ini berenang dengan sangat lamban jadi banyak diburu oleh manusia.

5.Paus Paruh (zhipiidae)

See the source image

Jenis ini merupakan jenis yang paling pandai menyelam diantara paus lainnya.

Paus ini terdiri dari 22 spesies yang dapat menyelam sedalam 9816 kaki dengan kurun waktu  137,5 menit dibawah permukaan laut.

Paus ini diberi nama paus paruh karena memliki ujung mulutnya seperti paruh buruh.

Ukuran dari paus ini termasuk berukuran sedang berkisar sekitar 13,1 hingga 42,7 kaki dengan berat tubuh 15 ton.

Paus ini  memiliki sepasang gigi yang tertutupi oleh jaring gusi, ciri yang paling khusus dai paus ini adalah lekukan seperti paus lainnya dan memiliki dua alur yang menyatu di bagian bawah tenggorakannya.

6. Paus bungkuk (Megaptera novae)

See the source image

Spesies ini disebut paus bungkuk karena terdapat sebuah benjolan di atas  sehingga terlihat seolah-olah sedang membungkuk, ciri dari paus ini memiliki sirip yang terpanjang bahkan menjadi paus terpanjang di dunia.

Panjang siripnya mampu mencapai 5 meter dengan panjang  tubuh dua kali lipat lebih besar dari pada siripnya.

Diantara paus yang lain, paus bungkuk sering muncul di  permukaan air dengan beratraksi, ekornya yang besar dan kuat mendorong paus bungkuk ke udara sembari memutarkan tubuhnya yang  besar.

 

7. Paus Sirip (Balaenoptera Physalus)

Image result for paus siripPaus ini merupakan jenis paus terbesar ke dua bertanya mencapai 80 ton dengan panjang tubuh 26 meter.

Paus ini masih berkeluarga dekat dengan paus biru. Paus ini disebut paus sirip karena memiliki sirip kecil di punggungnya yang menjadi ciri khas mereka.

Sama dengan Paus balin lainnya, meski bertubuh besar paus ini memakan ikan-ikan kecil. Dalam sehari paus sirip mampu memangsa sebanyak 1,8 ton ikan.

Selain memiliki ciri khas pada punggungnya, ciri khas lain dari paus ini terletak pada rahangya. Rahang paus sirip mempunyai warna yang unik yaitu rahang kiri berwarna hitam sedangkan sisi kanan berwarna putih.

Paus ini mempunyai kemampuan menjelajahi seluruh perairan di dunia ini. Namun keberadaannya jarang terlihat oleh manusia karena selain memang habitatnya berada di kedalaman 200 m, paus ini juga tergolong pemalu. Sehingga sangar jarang menampakkan diri ke permukaan.

Meski pemalu namun paus ini bisa kawin dengan spesies paus lainnya seperti paus biru.

 

8. Rorquals (Balaenopteridae)

See the source image

Jenis paus ini merupakan paus yang terbesar didunia,

paus ini pernah ditemukan yang paling besar  yaitu paus biru dengan berat badan lebih dari 180 ton dan memiliki panjang 80 kaki.

Paus ini memangsa makanannya dengan membuka mulut ikan-ikan  kecil di lautan akan masuk ke dalam mulutnya yang sangat amat besar teknik ini biasa disebut dengan “Lunge Fiding”.

Mulut Paus Baleen dapat terbuka dengan lebar karena mempunyai banyak lipatan kulit yang membujur yang berada di bawah mulut hingga ke pusar. Lipatan ini akan mengembang ketika Paus membuka mulutnya.

 

 

Share:

Author: admin