MANFAAT IKAN LELE BANYAK NUTRISI PENTING

Ikan Lele Minim Tulang

Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, Kalian mungkin sudah umum dalam mengonsumsi daging ataupun telur ayam.

Selain itu, protein hewan ini bisa kalian dapatkan melalui jenis ikan air tawar yang mudah ditemui di pasaran. Salah satunya adalah ikan lele.

Lele yang termasuk ke dalam golongan catfish atau ikan berkumis ini memang paling mudah ditemukan dan memiliki harga yang sangat murah untuk dikonsumsi.

Apakah kalian adalah orang yang suka mengonsumsi ikan lele? kalian harus tahu ternyata ada banyak rahasia sekaligus manfaat ikan lele bagi kehidupan manusia.

Penasaran apa saja kandungan nutrisi sekaligus manfaat dari ikan lele? Selengkapnya sudah dirangkum dari semua sumber sebagai berikut.

A. Nutrisi yang ada di tubuh ikan lele

Sebelum kita bahas bahas berbagai manfaat ikan lele, mungkin beberapa di antara kalian penasaran apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis ikan lele.

ikan lele memang memiliki jumlah kalori yang tidak banyak , namun menawarkan nutrisi yang baik dengan sejumlah besar vitamin esensial.

Berdasarkan penelitian seseorang dalam 143 gram daging ikan lele terdapat sejumlah nutrisi, seperti:

  • Kalori: 150 kcal
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 0 gram
  • Lemak: 4,08 gram
  • Lemak jenuh: 1,06 gram
  • ____ tak jenuh tunggal: 1,57 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,91 gram
  • Asam lemak omega-3: 600 miligram
  • Asam lemak omega-6: 330 miligram
  • Protein: 26,41 gram

Selain itu , ikan lele banyak mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting bagi kebutuhan tubuh manusia. bisa disebut seperti vitamin D, B12, B1, B3, B5, B6, dan B2 dalam jumlah yang sangat tinggi

Ada juga jenis lainnya, seperti vitamin E, A, C, dan K dalam jumlah kecil. kalian juga bisa mendapatkan asupan sejumlah mineral, seperti fosfor, selenium, kalium, magnesium, dan lain lainnya.

B. Manfaat Konsumsi Ikan Lele Bagi Kehidupan Manusia

Kebanyakan orang indonesia sangat suka mengkonsumsi ikan lele karena kandungan nutrisi yang ada ditubuh ikan tersebut , bukan hanya nutrisi di dalam tubuh ikan lele juga terdapat beberapa vitamin.

Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, konsumsi ikan nasional pada 2019 mencapai angka sebesar 55,95 kg/kapita/tahun. dan perhari nya bisa mencapai 500 ekor selama penjualan nya.

1.  Protein Yang Tinggi

Protein adalah salah satu asupan yang sangat dibutuhkan bagi kebanyakan manusia untuk makanan perhari-hari. Satu porsi ikan lele mengandung 100 gram dan memberikan 32-39 persen protein dengan hanya 105 kalori saja.

Jadi salah satu makanan berprotein tinggi , ikan ini cocok untuk kalian yang ingin mengurangi berat badan , selain itu fungsi ikan ini membangun dan memperbaiki jaringan dan otot dari tubuh.

2. Sumber Asam Lemak Omega-3

Kebanyakan peneliti ikan merekomendasikan agar setiap manusi mengkonsumsi ikan sebanyak 8 porsi ikan atau makanan laut lainnya per minggunya.

Rekomendasi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 yang pada umumnya banyak terdapat pada jenis makanan ini.

Walaupun masih kalah populer dengan jenis ikan berlemak tinggi, seperti salmon dan ikan gurame namun ikan lele bisa menjadi pokok utama dengan kandungan asal lemak omega-3 yang juga tergolong tinggi.

menurut penelitisn , asam lemak omega-3, seperti eicosapentaenoic acid (EPA) (DHA) berfungsi untuk menjaga kesehatan otak, jantung, mata, dan imunitas tubuh.

3. Kaya Kandungan Vitamin B12 dan Lainnya

Buat kalian yang sedang  mengandung,  ikan lele mempunyai manfaat untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin B12 dan jenis vitamin B lainnya.

Nutrisiikan lele memegang peran yang sanga penting bagi kesehatan tubuh, terutama dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan otak, dan produksi DNA.

Khususnya untuk beberapa orang yang mengalami kekurangan vitamin B12, seperti bayi, ibu hamil, dan lansia, konsumsi ikan ini bisa jadi solusinya.

memakan seporsi ikan lele, dapat memasok sekitar 69 persen dari asupan vitamin B12 yang direkomendasikan bagi tubuh tiap harinya, nih.

selain itu bagi kalangan lain, kandungan vitamin B12 juga bisa membantu mencegah anemia yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah dalam tubuh manusia.

Vitamin B12 yang didapat sebagai salah satu khasiat ikan lele memiliki peran yang sangat penting dalam membantu tubuh manusia memproduksi sel darah merah.

sampai sini ada yang ingin mengkonsumsi ikan lele untuk kesehatan tubuh ?

Author: admin