MANFAAT IKAN GABUS UNTUK KESEHATAN MANUSIA

Banyak yang mengira ikan gabus hanya bisa membersihkan akuarium peliharan mereka saja , kalian tidak tahu kalau ikan gabus memiliki banyak manfaat untuk manusia

ikan gabus adalah Salah satu lauk pauk alternatif yang terkenal dengan kandungan gizinya yang banyak dan juga lezat.

Ikan gabus ini adalah salah satu makanan pokok yang paling favorit di negara bahari ini. seperti Indonesia , malaysia , thailand , dll.

gabus sendiri adalah jenis ikan air tawar yang dapat ditemukan di danau, sungai, rawa rawa bahkan kadang bisa ditemukan di sawah.

Ikan gabus ini mempunyai banyak kandungan protein albumin, tidak jauh beda dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan salmon.

1 . Menyembuhkan Luka Pasca Operasi

Kandungan nutrisi tubuh ikan gabus bisa membantu penyembuhan luka pada operasi khususnya untuk ibu hamil setelah operasi caesar.

Bukan cuma operasi caesar, namun untuk luka operasi yang lainnya, ikan gabus mampu membuat sel-sel baru di dalam tubuh yang telah rusak dengan cepat.

albumin pada ikan gabus yang cukup tinggi ini dipercaya membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Perlu kalian ketahui lagi, albumin adalah protein penting yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan luka pada manusia

2.Membantu Mengatasi Diabetes

Manfaat berikutnya berguna untuk para penderita diabetes. bagi sebgauan orang yang menderita diabetes mungkin bingung harus menyembuhkan dengan apa.

sekarang kalian tidak perlu cemas, karena ikan gabus dapat memenuhi kalori penderita diabetes tanpa harus khawatir gula dalam darah akan naik.

3.Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

kalian tahu bahwa ikan gabus mengandung zat albumin yang cukup tinggi, zat ini juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada di tubuh kita.

Kandungan normal cairan pada tubuh rata-rata di angka 60%. Nah apabila cairan ini berkurang, maka protein pada tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal.

4.Membantu Membangun Massa Otot

Buat kalian yang ingin membangun kekuatan otot menjadi lebih kekar dan bagus, kalian bisa dengan mengkonsumsi ikan gabus.

Selain workout di tempat fitnes atau gym, kalian bisa coba untuk mengkonsumsi ikan yang mempunyai banyak protein albumin ini.

Protein ini dipercaya dapat membantu proses pembentukan otot yang kalian inginkan. Dari 100 gram ikan gabus, kamu bisa memperoleh sekitar 25,2 gram protein albumin.

Ini jauh lebih banyak dibanding kalian mengonsumsi telur, daging ayam atau daging sapi sekalipun yang dibawah 20 gram protein albumin jika disajikan di dalam porsi 100 gram.

5.Membantu Melancarkan Pencernaan

Ikan gabus sendiri mempunyai struktur daging yang cukup lembut dan empuk, maka dari itu ikan ini cukup baik untuk kalian yang bermasalah dalam pencernaan.

Ini juga diperkuat karena ikan gabus memiliki kadar protein kolagen yang lebih rendah dibanding dengan kadar protein yang terkandung pada daging.

Ikan gabus sejatinya hanya mengandung kadar kolagen sekitar 3-5% pada 100 gram daging yang kamu konsumsi.

Jadi wajib dicoba ya buat kamu yang ingin melancarkan sistem pencernaan yang sedang bermasalah saat ini.

6.Membantu Untuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Selain kandungan protein pada ikan gabus, ikan gabus juga mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan untuk tulang dan gigi.

Manfaat ikan gabus untuk tulang yang satu ini dipercaya karena mengandung sekitar 60-70 mg fosfor yang tersaji dalam 100 gr ikan gabus.

Hal ini sangat diperlukan tubuh, terutama anak-anak yang sangat membutuhkan kandungan ini untuk masa pertumbuhan tulang dan gigi.

Selain itu juga, ikan gabus dapat memperbaiki gizi buruk yang dialami oleh bayi, balita ataupun ibu hamil.

Dalam 100 gr penyajian ikan gabus saja, sudah sangat cukup memenuhi kebutuhan gizi penting terutama untuk pertumbuhan pada bayi.

7.Sebagai Obat Penyembuh Penyakit Kulit

Efek samping ikan gabus setelah dikonsumsi yang selanjutnya bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit. Dilansir dari Researchgate.

net, manfaat ikan gabus bisa meredakan penyakit kulit termasuk yang berkaitan dengan hormon, seperti jerawat, psoriasis, sclerosis dan masalah kulit lainnya seperti infeksi dan alergi pada kulit.

Para ilmuwan secara klinis sudah meneliti kandungan asam lemak DHA yang terdapat pada ikan gabus, kandungan ini terbukti bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Buat kalianĀ  yang memiliki masalah kulit, ada baiknya untuk mencoba memulai konsumsi ikan gabus.

Author: admin