KEUNIKAN DARI IKAN CUPANG

Kali ini akan kita bahas tentang keunikan menarik dari ikan cupang yang memiliki keunikan tersendiri untuk hidup di air.

Ikan cupang terkenal sangat cantik untuk di pelihara di dalam ruangan kalian ataupun untuk kalian produksi untuk usaha.

Memproduksi usaha ikan cupang akan memiliki keuntungan yang sangat melimpah bagi yang mengerti cara merawatnya.

Tapi kali ini kita tidak membahas tentang merawat ikan cupang ataupun memproduksi nya , tetapi kita akan bahas fakta menarik dari ikan cupang.

Berikut adalah penjelasan tentang fakta menarik dari ikan cupang yang harus kalian ketahui sebelum memeliharanya:

A. Ikan Cupang Berasal Dari Sungai

Banyak sekali orang yang mengira ikan cupang berasal dari danau di suatu daerah di asia tenggara, namun faktanya ikan cupang mempunyai habitat asli di beberapa sungai di asia tenggara termasuk Indonesia.

Bahkan ikan ini bisa hidup di air sungai yang mengalir cukup deras . Di Indonesia, biasanya kalian menemukan di aliran-aliran sungai di tepi sawah.

Seringkali tidak sedikit ditemukan pemburu cupang yang sedang mencari ikan cupang di aliran sungai dekat sawah.

Jika di Indonesia ada di beberapa aliran sungai di pulau jawa, di Thailand ikan cupang atau betta fish ini paling sering ditemukan di sungai Chao Phraya. Bahkan di Thailand, ikan cupang dijadikan binatang air nasional pada tahun 2019.

B. Ikan Cupang Bisa Hidup Dengan Ikan Lain

Banyak yang bertanya tentang hal ini, apakah ikan cupang bisa hidup dengan ikan lain? Jawabannya bisa, tapi ada syarat yang harus kalian penuhi.

Dengan area yang cukup untuk tempat persembunyiannya, cupang betina memungkinkan untuk hidup berkelompok dengan ikan lain secara damai.

Namun dengan ikan cupang jantan, ini yang harus kalian perhatikan. Ikan cupang jantan mungkin akan berkelahi ketika melihat ikan kecil lain yang seukuran dengannya

C. Ikan Cupang Tidak Bisa Hidup Di Air Dingin

Banyak yang mengira ikan cupang bisa ditempatkan di mana saja di sudut ruang manapun di dalam rumah.

Faktanya tidak demikian. Ikan cupang merupakan hewan yang habitat aslinya adalah lingkungan tropis.

Jadi hewan ini membutuhkan suhu yang sedikit hangat baginya untuk bertahan hidup.

Bukan tidak bisa kalian tempatkan di ruangan kamar yang mempunyai pendingin ruangan, akan tetapi ikan cupang milik kalian pasti tidak akan gesit dan terlihat lesu saat dipelihara disana.

Jadi jika kalian ingin tetap menaruhnya di dalam kamar, jangan lupa pasang penghangat air untuk memberikan kenyaman baginya.

Ikan Cupang Mengeluarkan Gelembung Saat Ingin Kawin

Jika kaluan melihat wadah ikan cupang memiliki gelembung udara yang cukup banyak, itu tandanya berarti ikan cupang milik KalianĀ  sedang memberikan tanda.

Gelembung udara dibuat ikan cupang jantan untuk memberikan tanda bahwa birahinya sedang meningkat.

Ketika cupang jantan ingin kawin, maka ia membangun gelembung udara. Barulah nanti ikan cupang betina akan melepaskan telurnya ke bagian gelembung udara tersebut.

Setelah itu ikan cupang jantan akan melepaskan milt atau sperma supaya terjadi pembuahan secara eksternal.

Bagaimana Unik Bukan cara kawin ikan cupang?

 

Author: admin