KESALAHAN SAAT MEMELIHARA IKAN CUPANG

KESALAHAN SAAT MEMELIHARA IKAN CUPANG

Tren saat membudidayakan dan memperjual belikan ikan cupang hingga saat ini masih melonjak pesat sejak awal pandemi corona (Covid-19) muncul.

Ikan cupang sekarang ini telah mejadi ikan primadona bagi pecinta atau kolektor ikan hias, sehingga ikan jenis lainnya di asingkan. Warna pada sisik serta ekor ikan cupang merupakan hal yang sangat penting.

Berikut ini saya akan menjelaskan 5 kesalahan fatal yang sering di lakukan para pemula yang ingin memelihara atua mengembang biakan ikan cupang .

TERGIUR DENGAN HARGA IKAN CUPANG YANG MURAH

Kesalahan pertama yang sering kali terjadi bagi pemula adalah tergiur akan harga ikan cupang yang murah. Di mana kebanyakan orang menginginkan ikan cupang yang bagus dengan harga murah.

Tidak banyak pemula yang pintar dalam memilih ikan cupang yang bagus, sehingga kebanyakan orang tidak bijak dalam menentukan harga saat membeli ikan cupang.

Contoh : saat satu ikan cupang berjenis tertentu di hargai dengan cukup tinggi oleh penjual, akan tetapi tidak sedikit pemula yang akan mencari jenis ikan cupang yang sama dengan harga terendah ke penjual lain.

Padahal hal tersebut merupakan hal yang rumlah dan patut di curigai, akibatnya banyak pemula yang sering kali tertipu saat membeli ikan cupang dengan harga murah.

Oleh sebab itu jangan pernah tergiur dengan ikan cupang yang terlihat bagus tapi memiliki harga jual murah.

SALAH BELI IKAN CUPANG

Bagi pemula mungkin awal mula tidak mengetahui ikan apa yang akan di beli, mau di jadikan peliharaan atau di jadikan hiasan berupa mainan saja di rumah.

Karena memelihara ikan cupang terbilang cukup repot, karena saat kalian memutuskan untuk memelihara ikan cupang kalian harus mengursa banyak tenaga, waktu dan tidakan meskipun itu hanya hobi.

Tapi tidak untuk yang serius ingin memelihara ikan cupang, jika kalian tekuni akan menghasilkan uang yang tidak sedikit dan memuaskan.

SALAH MEMILIH JENIS CUPANG

Ketika kalian ingin memelihara atau membeli ikan cupang, kalian harus mengetahui tren ikan cupang jenis apa yang sekarang ini sedang berkembang.

Kalian harus pilih ikan cupang yang sedang menjadi tren dan menjanjikan, di mana ketika kamu serius merawat dan mengembang biakannya , kalian akan mendapatkan keuntungan besar.

SALAH SAAT MEMILIH PENJUAL

Rata-rata hampir semua penjual ikan cupang yang sudah lama terjun dalam dunia ikan cupang pastinya sudah memiliki beragam macam jenis ikan cupang, namun tidak semua ikan cupang memiliki genetik yang bagus untuk di perjual belikan atau di kembang biakan.

Di mana kalian harus pintar memilih seller atau penjual ikan cupang dengan lisensi atau reputasi terbaik.

Tidak hanya itu kalian harus memilih seller ikan cupang dengan reputasi penjualan terbaik, di lihat dari harga ikan cupang yang di jualnya harus flat alias datar.

MINIM REFRENSI SAAT MEMBELI IKAN CUPANG

Refrensi yang saya maksud adalah model, kalian harus memiliki acuan atau role model saat memelihara ikan cupang.

Sebagai contoh : kalian harus sering bermain ke kolektor ikan cupang, agar bisa memahami ikan cupang apa saja yang di peliharanya dan menjadikan refrensi.

Secara tidak langsung kalian harus mengikuti tren atau mengetahui jenis cupang mana yang sedang laku di pasaran saat ini sehingga kalian bisa mendapatkan keuntungan dan semangat untuk menjadi breeeder.

Nah di atas merupakan beberapa kesalahan bagi pemula saat ingin memelihara ikan cupang, semoga dengan adanya informasi di atas kalian lebih paham lagi mengenai pemeliharaan dan pemilihan untuk memelihara ikan cupang.

 

 

Author: admin