KESALAHAN DALAM MEMELIHARA IKAN KOKI

Memelihara ikan koki tidaklah semudah yang dipikirkan. Banyak orang mengira memelihara ikan koki sama seperti ikan lainnya. Memelihara ikan koki berarti sama dengan kamu memelihara air. Jika kualitas air buruk maka ikan kamu akan mati sobat. Disini mimin akan kasih tau ni kesalahan – kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh pemula.

CARA MERAWAT IKAN BAGI PEMULA

Kesalahan – kesalahan memelihara ikan koki

●     Tidak ada sirkulasi

Sirkulasi dalam memelihara ikan koki adalah hal yang sangat penting. Penunjang kesehatan pada ikan ada pada faktor air. Sirkulasi yang buruk membuat ikan mudah terkena penyakit bahkan sampai mati. Sirkulasi yang baik akan membuat kotoran terhisap betul kedalam power head. Dengan begitu kotoran akan tersaring dengan baik. Air menjadi bersih yang buat ikan koki kamu sehat.

●     Air

Air yang digunakan harus bebas dari zat berbahaya seperti klorin, kaporit, zat besi. Kita sebagai pecinta ikan koki harus lebih bijak memilih air. Jika air yang digunakan mengandung zat – zat itu maka tidak baik untuk kesehatan ikan sobat. Biasanya teman teman memakai air PDAM bukan ? jika iya. Maka lebih baik air diendapkan terlebih dahulu selama 1 sampai 2 hari. Air yang sudah diendapkan akan lebih baik digunakan.zat yang terkandung di dalamnya sudah mengendap. Jika memiliki budget lebih bisa menggunakan air isi ulang

●      Pakan

Membuat ikan koki kita padat dan bulat membuat kita senang melihatnya. Tapi jika memberi pakan berlebih akan membuat air buruk sobat. Ikan koki tergolong ikan yang gemar makan. Jika diberikan terus menerus ikan koki tidak akan pernah berhenti makan. Apabila ikan koki makan terlalu banyak akibatnya kotorannya pun banyak. Kotoran yang banyak akan membuat tank kita menjadi keruh. Filtrasi yang bagus tidak akan masalah jika pemberian pakan banyak. Coba kalau filtrasi buruk kotoran akan menjadi bom amonia. Tak hanya itu ikan juga bisa berenang kebalik karena terlalu banyak makan lho. Berikan pakan secukupnya saja ya sobat.

●     Tidak menguras air

Kita terlena dengan air yang jernih. Air jernih belum tentu airnya sehat lho sobat dan air yang keruh belum tentu akhirnya buruk. Temen – temen harus mengganti air secara rutin 1 atau 2 kali dalam 1 minggu. Penggantian air dapat dilakukan dengan mengurangi berapa persen dari kapasitas tank. Biasanya jika dilakukan rutin 2 kali dalam 1 minggu kita bisa mengganti 30- 50% saja. Jika dilakukan penggantian sebesar 100 % takutnya ikannya stres dikarenakan perbedaan suhu yang mendadak

●     Populasi dan tidak karantina ikan baru

Sebagai penghobi ikan koki pastinya ingin menambah terus ikan di dalam rumahkan. Karena bentuknya yang lucu membuat ingin menambah. Ikan koki membutuhkan tempat yang lumayan cukup luas. Jika kamu memakai akuarium 60 cm sebaiknya tidak lebih dari 4 ekor. Karantina ketika membeli ikan baru penting lho sobat. Jika ikan kamu tidak mau kena penyakit sebaiknya dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukan ke dalam tank utama ya. Karantina bisa dilakukan dengan menyiapkan akuarium khusus atau menggunakan wadah yang cukup besar dan beri garam ikan secukupnya. Jangan lupa untuk memberikan obat biru. Karantina bisa dilakukan selama 1 sampai 2 hari saja.

Bagaimana fishlovers mimin sudah jelasin kesalahan – kesalahan dalam memelihara ikan koki. Semoga teman – teman disana mengerti dan tidak salah lagi ya dalam memelihara ikan buncit ini. Jangan sampai kamu salah lagi ya.

Baca Juga : PENYAKIT IKAN KOKI DAN CARA MENGOBATINYA

Author: admin