JENIS MAKANAN IKAN ARWANA AGAR CEPAT BESAR

Untuk pecinta ikan hias di Indonesia, pastinya tidak asing dengan ikan Arwana. Memiliki tubuh dan warna yang beragam, membuat Arwana digemari para pecinta ikan hias untuk merawat dan memeliharanya.

Menjadikan ikan ini sebagai “pajangan” di akuarium, tentunya adalah pilihan yang tepat karena akan lebih mudah dipantau.

Salah satu faktor terpenting yang dapat membantu pertumbuhan ikan adalah dari jenis makanan yang kalian berikan. Makanan ikan Arwana ini memang tidak boleh sembarangan, harga ikan arwana yang cukup mahal membuat perawatannya harus teliti.

Tentu saja kecantikan bentuk fisiknya membuat pecinta ikan hias ini rela mengeluarkan budget yang cukup ekstra.

Supaya ikan arwana terlihat sehat dan mempunyai corak yang bagus, kami punya daftar makanan ikan arwana biar cepat besar yang bisa kalian berikan.

Dengan cara memberikan makanan-makanan yang ada di daftar ini, Ikan Arwana yang kalian pelihara bisa mendapatkan kandungan nutrisi yang baik sehingga membuat arwana itu tampil cantik di Akuarium.

Memberikan makanan yang tepat, akan membuat kualitas corak warna dari ikan arwana semakin baik.

Selain itu, kandungan makanan yang bergizi tinggi akan mempercepat pertumbuhan arwana menjadi lebih besar.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan ikan arwana dewasa yang bergizi:

Pelet Arwana

Pelet adalah makanan buatan yang paling mudah kalian temukan di toko-toko ikan hias di dekat rumah kalian . ini  dibuat dari olahan makanan yang ditambahkan vitamin buatan sebagai makanan alternatif dari ikan arwana.

Biasanya pemelihara arwana lebih cenderung memberikan makan ikan arwana dengan makanan alami yang masih hidup.

Pelet hanya dijadikan makanan pengganti apabila kalian tidak menemukan makanan alami untuk arwana yang kalian pelihara. Sebaiknya teliti terlebih dahulu pelet yang kalian beli, jika memiliki kandungan gizi yang baik kalian boleh memberikannya sesekali sesuai dengan porsi makan ikan arwana yang kalian miliki.

Cacing Beku / Cacing Sutra

Makanan ikan arwana selanjutnya adalah cacing sutra atau cacing beku yang bisa kalian temukan di beberapa toko ikan hias. Ini adalah salah satu menu yang sangat disukai ikan arwana yang masih kecil.

Jenis makanan ini mempunyai tekstur yang lunak sehingga tidak akan menyulitkan bagi anak ikan arwana yang sedang tumbuh.

Tidak heran lagi , cacing sutra memang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi ikan hias terutama ikan arwana. Kandungan nutrisi seperti lemak, dan protein yang tinggi akan mempercepat pertumbuhan bagi arwana kecil.

Jangkrik 

Salah satu serangga yang paling favorit untuk menjadi makanan utama ikan arwana adalah jangkrik. Jangkrik sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti beta carotene yang dipercaya baik untuk ikan arwana.

Jenis arwana yang memiliki warna menyala seperti arwana golden red ini sangat dianjurkan diberi pakan jangkrik.

Jangkrik dapat merangsang warna pada ikan arwana agar terlihat lebih cerah. Jangkrik yang baik untuk diberikan makan arwana adalah jangkrik muda atau jangkrik dengan ukuran yang agak kecil.

Sebelum memberikan pada ikan arwana, jangan lupa potong kaki-kaki jangkrik untuk menghindari luka pada ikan arwana.

Kelabang

Selain jangkrik, ada lagi serangga yang menjadi menu utama ikan arwana yang kandungan nutrisinya baik untuk mencerahkan warna pada tubuhnya. Kelabang adalah salah satu menu favorit para pecinta arwana untuk memberikan makan pada ikan arwana peliharaannya.

Tapi kalian perlu memperhatikan saat memberikan kelabang pada ikan arwana. Pemberian kelabang ini hanya untuk sesekali saja, tidak untuk rutin diberi makan kelabang.

Ada beberapa alasan yang bisa kalian dapatkan, jika kalian terlalu sering memberi kelabang pada ikan arwana, nantinya akan mengakibatkan kecanduan sehingga ikan arwana tidak ingin memakan makanan yang lain.

Selain itu, harganya yang cukup mahal pastinya membuat kantongmu akan terkuras.

Udang

Pemberian makan udang berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan warna cerah pada ikan arwana. Jenis arwana silver dan golden red ini termasuk jenis yang menyukai udang sebagai pakannya.

Udang yang diberikan haruslah udang yang segar, kalau tidak udang yang masih hidup sehingga arwana tidak kehilangan sifat predatornya.

Jangan memberikan udang yang sudah beku apalagi udang yang busuk. Hal itu akan mempengaruhi kandungan nutrisi yang terdapat pada udang yang diberikan sehingga tidak akan memberikan efek kepada ikan arwana.

Sebelum memberikan makanannya, kalian harus membuang sungut udang agar ikan arwana tidak terluka pada saat memakannya.

 

Diatas adalah penjelasan tentang makanan yang baik untuk ikan arwana.

Author: admin