Jenis Lele terbesar yang pernah ditemukan

Kita semua tentunya sudah tahu kalau ikan lele (catfish) merupakan salah satu menu ikan favorite yang selalu ada setiap warung makan atau pecel lele. Walaupun berukuran kecil tetapi ikan ini mempunyai banyak sekali gizi dan vitamin.

Nah, karena berbicara mengenai ikan lele. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kumpulan ikan lele terbesar di dunia.

Jika kita lihat pada umunya berukuran kecil, ukurannya mungkin hanya kurang dari telapak tangan orang dewasa, tapi tahukah anda ada lele yang berukuran sangat besar ( jumbo)
Mari kita simak ulasan lele yang paling besar ini :
  1. Wels Catfish
See the source image
Wels Catfish adalah ikan lele asli yang hidup di kawasan Eropa Tengah dan Timur, tapi karena dilepaskannya beberapa ekor di Eropa Barat, sehingga Wels Catfish bisa ditemukan juga di Spanyol sampai Inggris. Ikan lele ini bisa mencapai 2.2 meter serta berat 180 kg.

Bendungan yang dibuat di kawasan Eropa adalah lokasi favorite Wels Catfish, dikarenakan kedalaman dan luasnya perairan serta banyaknya sumber makanan. Sejak abad pertengahan, Wels Catfish digambarkan sebagai ikan yang bisa menelan manusia hidup-hidup.

2. Redtail Catfish
 See the source image Ikan Red Tail Catfish umumnya ditemukan di sungai-sungai negara Brasil dan Venezuela seperti Sungai Amazon, Orinoco dan Essequibo. Ikan lele jenis ini bisa mencapai panjang 2 meter serta berat 100 kg.

Ciri khas dari ikan lele ini yaitu ekornya yang berwarna merah dan kepalanya yang besar dengan tulang tengkorak yang cukup panjang serta keras. Walaupun ukuran ikan lele jenis ini bisa mencapai ukuran yang tidak wajar, Tapi ikan ini tidak berbahaya bagi manusia.

3. Mekong Giant Catfish
See the source imageSpesies ini adalah penghuni asli sungai mekong di negara Thailand.
Panjang dari ikan lele ini sampai 3 meter dan mampu mencapai bobot 300 kg.
ikan ini biasa hidup di air payau (air tawar)
ikan lele ini biasanya mengkonsumsi ikan-ikan kecil yang ada di sungai
4.Jau Catfish
 See the source image Ikan lele jenis ini merupakan ikan yang berpenghuni di sungai Orinoco dan Amazon Amerika Selatan.
Panjang dari ikan ini mencapai 1.4m dan berat berkisar 60kg.
5. Vundu Catfish
 See the source image Vundu merupakan spesies ikan lele terbesar asal Afrika yang hidup menyebar di perairan Kongo, Zimbabwe, Zambia, Tanzania dan Uganda.

Badan ikan lele ini menyerupai ular dan memiliki kekuatan dan kecepatan yang tinggi. Dalam beberapa kasus ikan ini bisa menarik seseorang yang memancing di daratan sampai tenggelam. Ikan lel ini panjangnya bisa mencapai 1.5 meter serta berat 55 kg.

 

6. Flathead Catfish
See the source image
Flathead Catfish dikenal sebagai spesies ikan penyerbu (invasive species) yang akan merusak eksistensi spesies ikan asli di daerah tertentu. Flathead Catfish menyebar di Amerika Utara, khususnya di North Dakota dan Arizona. Dengan panjang 1.5 m dan berat sampai 75 kg.
7.Goonch Catfish
See the source image Goonch merupakan ikan lele yang hidup di Sungai Kali, India. Ikan lele ini merupakan salah satu ikan lele terbesar yang dianggap paling berbahaya. Untuk panjangnya bisa mencapai 2 meter serta beratnya bisa mencapai 75 kg, ika lele ini juga mempunyai gigi yang tajam.

Dalam beberapa kasus, ikan ini dilaporkan memangsa manusia dan memakan mayat manusia yang dihanyutkan di sungai di India.

8. Sareng Catfish
See the source image  Ikan lele ini umumnya tinggal di sunga-sungai di Negara India. dimana ikan ini memiliki siafat yang sangat agresif,
sebagai akibat kebudayaan di India yang sering menghanyutkan mayat-mayat di sungai, yang jadi santapan dari sareng catfish.
Ikan lele ini pun pernah memangsa hewan-hewan darat, yaitu anjing, unggas, dan bahkan anak-anak kecil.
9.Piraiba Catfish
See the source imagepiraiba merupakan ikan lele yang mirip ikan hiu dan berbentuk agak ramping. Untu panjangnya sendiri bisa mencapai 3.6 meter serta bobotnya mencapai 200 kg.
Piraiba diduga pernah memangsa manusia.
10.Blue Catfish
 See the source image Spesies ini merupakan ikan lele yang pernah ditemukan di Amerika Utara, khusus nya disungai mississippi.
Ikan lele jenis ini dapat mencapai berat 70 kg dan panjang 1,6 m
Demikian penjelasan diatas mengenai ikan lele terbesar yang pernah ditemukan. Semoga bermanfaat bagi anda penggemar ikan lele diseluruh dunia.
Share:

Author: admin