Jenis-jenis Ikan Yang menghasilkan Listrik

Ikan Belut Minim Tulang
Dan dari sekian banyak cara, ada beberapa ikan unik yang menggunakan listrik sebagai senjata utamanya untuk berburu mangsa.
Ikan-ikan berikut disebut Electric Fish alias ikan listrik. Dimana mereka mengeluarkan listrik langsung dari tubuhnya. Fungsinya secara spesifik bisa berbeda tergaantung dari golongannya.
Jika bergolongan Strongly Electric Fish, maka listriknya tersebut bisa sampai membunuh atau menyerang mangsa. Namun untuk golongan Weekly Electric Fish, maka listriknya hanya sekedar mendeteksi mangsa atau lingkungan sekitar.
Lalu apa saja sih ikan-ikan air tawar berkemampuan listrik ini? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!
  1. Belut Listrik
See the source imageIkan belut Listrik, Kalau kita ngomongin soal ikan yang menghasilkan listrik, resanya memang ada yang kurang jika tidak emnyinggung belut listrik.
BElut listrik  ini ikonik banget loh, dengan panjangnya mencapai 2,5 meter sungguh ukuran yang sangt mengerikan.
Dengan ukurannya yang besar tersebut ia mampu mengeluarkan aliran listrik sebesar 650 volt untuk berburu maupun membela diri. Melalui listrik 650 volt untuk bebrburu ataupun melindungi diri.
Karena kemampuan lsitriknya ini, belut listrik termasuk dalam ikan golongan “Strongly Electric Fish “
Dimana selian itu mendeteksi, listriknya bis ajuga sekaligus menyerang dan membunuh.
2. Lele Listrik
See the source image
Kemudian yang kedua ada yang namanya ikan Lele Listrik. Dalam bahasa inggris ikan ini disebut Electric Catfish, yang mana mungkin kamu familiar karena iajuga dijadikana sebagai ikan hias.
Sesuai namanya, ikan ini dapat mengaliriri listrik dari tubuhnya. Biasnaya ia gunakan untuk mendeteksi lingkungan sekitar sampai berburu mangsa. Diketahui kekuatan listriknya ini mencapai 350 volt.
Memang tidak sebesar Belut Listrik, tapi tetap saja kekuatannya membuat kita merinding. Karena itulah ketika kita memelihara ikan Lele Listrik sebaiknya perlu waspada dan jangan asal nyelupin jari ke dalam air.
Meski tubuhnya lucu karena berbentuk batang dan membulat, namun ikan ini ternyata bisa tumbuh mencapai panjang hingga 1,2 meter denga berat 20 kilogram. Cukup besar bila dibandingkan ikan Lele secara umum.
 3. Black Gold Knifefish
 See the source image Urutan ketiga adalah black gold  knifefish adalah, dari namanya saja kita sudah tau bahwa ikna ini menyeramkan,
Tubuh ikan Balck ghost Knifefish mampu mengahasilkan mampu menghasilkan sinyal listrik lemah berkekuatan 550 volt dengan frekuensi medan listrik antara 0,1-10 khz, sinyal listrik lemah tersebut berasal dari oragan ekor dari ikan ini dengan cepat didistribusikan oleh reseptor yang ada diseluruh kulitnya untuk mendeteksi keberadaan mangsa, cinthnya seperti larva serangga.
Cara berburu yang imresif , dan perlu kalian ketahui bahwa lsitriknya digunkana untuk mendeteksi mangsa yang berada di dekatnya.
Ikan ini gemar memangsa mulai dari cacing sampai dengan larva serangga. Sungguh mengesankan.
4. Bottlenose Mormyrid
See the source image Pada Urutan ke empat, ikan ini mempunyai bentuk tubuuh seperti lumba-lumba, karen aitulah ikan ini dapat disebut juga dengan ikan lumba-lumba air tawar.
Ikan Mormyrid bisa tumbuh dengan besar dengan ukuran panajng 75 centimeter dan dengan berat 10 kilogram.
Memang bukanlah ikan yang tubuhnya besar apalagi raksasa,
Yang  cukup mengejutkan meskipun kecil ukuran listrik dari ikan  Bottlenose Mormyrid dapat mencapai 25 volt,
Oleh karena itu ikan Mormyrid sebagai pendeteksi saja Entah itu mangsa mauoun lingkungan sekitar. Oleh karena itu, ikan Mormyrid termasuk ikan listrik bergolong “Weekly Electric Fish”.
5. Elephantnose Fish
See the source image Pada urutan kelima, ciri khas ikan Elephantnose ada dimulutnya yang mirip dengan belalai gajah, meskipun terlihat lucu ikan ini mempunyai aliran listrik lho teman-teman, dan tegangan lsitrik tersebut mencapai 500 volt.
Sama seperti Balck Ghost listrik dari Elephantnose digunakan untuk medeteksi mangsanya atau unutk berburu,
Dengan kata lain ikan ElephantNose termasuk dengan ikan Electric Fish mengingat kekuatan listriknya yang dahsyat.
6. Glass Knifefish
 See the source image Setelah itu pada urutan keenam ada yang namanya Glass Knifefish punya tubuh yang lumyan unik, apalagi tubuhnya transparan.
Seperti jenis knifefish lainnya, bentuk tubuh ikan ini mirip sekali dengan pisau, jika kita cari, memang belum ad adata yang pasti yang emberi tahu secara spesifik seberapa besar kekuatan listrik yang ada pada bagian tubuh dari ikan ini,
Namun yang pasti bisa diperkirakan kalau listrik ikan ini tidaklah besar-besar amat.
Kurang lebih fungsinya juga mirip seperti Mormyrid maupun ElephantNose yang hanya untuk pendekatan saja.
Dugaan tersebut bukan tanpa alasan, mengingat terdapat data juga yang mengatakan kalau Glass Knife Fish termasuk ikan listik bertipe Weekly Electric Fish alias ikan dengan kekuatan listrik yang lemah.
7. Belida
See the source image Terakhir pad urutan ke tujuh ada ikan belida, siapa sangka ikan belida yang kita kenal adalah ikan yang mempunyai aliran listrik dalam tubuhnya.
disebutkan kalau ikan belida termasuk ikan berlistrik lemah, maka sudah cukup bisa disimpulkan kalau listriknya bukan unutk membunuh maupun menyerang.
Dimana ikan belida ini suka memburu ikan- ikan yang ukurannya lebih kecil dengan namun listrik tidak langsung untuk membunuh amupun menyerang.
Nah itu dia jenis-jenis ikan yang mempunyai aliran listrik dalam tubuhnya, jadi kalau teman-teman ingin mengunjungi sungai atau lautan harap berhati-hati yah.
Baca Juga:Sunting Pos ‹ infoikanterbaru — WordPress

 

 

Share:

Author: admin