JENIS JENIS IKAN MAS KOKI

 

Ikan mas koki adalah ikan yang sangat populer bagi kalangan pecinta ikan. Umumnya ikan mas koki biasa di pelihara di dalam ruangan. karena , ikan mas koki untuk menghiasi ruangan dengan keberadaan akuarium.

untuk masalah harga ikan mas koki biasanya tergantung hiasan dan model bentuk ikan nya. Untuk membudidayakan  ikan mas koki tidak akan merogo kocek yang terlalu tinggi.

Karena , mas koki biasanya hanya makan pellet dan untuk memeliharanya hanya  menggunakan air pam bisa untuk dimasukan di dalam akuarium

Untuk menghiasi akuarium yang ditempati oleh ikan mas koki bisa ditambahkan dengan hiasan lampu warna warni dan batu batuan bercorak yang biasa diperjual belikan di kolektor ikan.

berikut adalah jenis jenis ikan mas koki yang biasa di pelihara oleh pecinta ikan hias:

1.Ikan mas koki oranda

Salah satu jenis ikan mas koki yang paling sering dicari di dunia adalah Ikan mas koki Oranda.
Ikan ini banyak dicari karena bentuknya yang sangat cantik serta memiliki bentuk kepala yang menyerupai dengan mahkota. Jenis ikan ini banyak dicari oleh pecinta ikan hias di Indonesia karena memiliki harga yang tidak tergolong mahal, sehingga untuk pemula mudah untuk dipelihara.Besar tubuh ikan mas koki Oranda jumbo bisa memiliki ukuran dua kali lipat dibandingkan jenis ikan mas koki pada umumnya.
Banyak yang bilang ikan ini mirip dengan ikan mas koki Lionhead, namun perbedaannya terletak pada sirip punggung mereka.

2.Ikan Mas koki Ranchu

Ciri khas yang terdapat pada ikan mas koki Ranchu ini ada pada bagian sirip ekornya.
Sirip ekornya berbeda dengan ikan mas koki lain yang menjuntai karena panjang, namun ikan jenis ini memiliki sirip yang lebih pendek.Ikan mas koki Ranchu memiliki warna yang beragam, ada yang orange kemerahan, corak putih dan orange atau ada pula yang berwarna hitam.
Banyak yang menyebutnya dengan sebutan ikan mas koki raja karena memiliki bentuk tubuh dan warna yang sangat indah.

3.Ikan mas koki fantail

Ikan mas koki faintail atau yang biasa di sebut dengan ikan mas koki ekor kipas.
Banyak orang yang berpendapat bahwa ikan ini mirip dengan jenis ikan mas koki Ryukin, namun bedanya ia mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan telur dengan sirip punggung yang tinggi dan sirip ekor yang panjangnya bisa empat kali lipat dari panjang tubuhnya.
Oleh karena itu, banyak yang ingin mengoleksi jenis ikan mas koki ini karena keindahan ekornya yang menjuntai. Untungnya ikan jenis ini termasuk mudah untuk dibudidayakan karena bisa berkembang biak dengan cepat.
Ikan mas koki dewasa mempunyai panjang rata-rata sekitar 10-15 cm dengan warna yang didominasi oleh warna perak keemasan di bagian tubuhnya. Harga dari ikan mas koki ini dengan ukuran 3-5 cm berkisar Rp 30.000 saja

4. Ikan Mas Koki LionHead

Ikan mas koki yang satu ini adalah salah satu ikan yang cukup populer dikalangan pecinta ikan hias di indonesia.
ciri khas yang sangat unik membuatnya digemari oleh banyak orang.

Banyak orang mengira ikan ini miirip dengan ikan mas koki ranchu ada beberapa perbedaan seperti di bagian tubuhnya yang lebih lebar dan besar serta tubuhnya yang agak melengkung ke belakang.

Wajar saja jika banyak yang mengira ikan ini mirip dengan ikan ranchu , karena ikan ini hasil dari keturunan antara ikan mas ranchu dengan ikan mas koki lainnya

Ukuran dewasa ikan ini bisa mencapai 10-16 cm dengan varian warna yang cukup beragam. Harga yang ditawarkan memang agak sedikit lebih mahal yaitu sekitar Rp 50.000 untuk ikan berukuran 5-7 cm.

5 .Ikan Mas Koki Black Moor

Ikan mas koki hitam yang satu ini bernama Black Moor atau  Black Telescope.
Ikan mas koki ini memiliki keunikan yang bisa dilihat dengan jelas, sesuai dengan namanya ikan ini mempunyai sisik yang hitam dengan sepasang mata yang menonjol.
Warna yang kontras dengan ikan mas koki lain, sudah pasti menarik perhatian bagi pecinta ikan hias untuk memilikinya.
Jenis ikan satu ini bisa tumbuh dewasa dengan panjang mencapai 15 cm. Ikan ini juga mudah dalam urusan perawatannya, karena kamu tinggal membelikan pellet untuk makanan sehari-harinya.
Salah satu alasan lain mengapa orang-orang tertarik dengan ikan ini yaitu karena masa hidupnya yang bisa bertahan cukup lama sekitar 6 – 25 tahun. Harganya pun cukup murah sekitar Rp 25.000 saja

 

setelah membaca ini ada yang berniat untuk memelihara ikan mas koki ?

Author: admin