JENIS JENIS IKAN LAUT YANG DANGKAL

 

Ikan laut dangkal adalah ikan yang hidup di dasar lautan , lebih tepatnya mereka hidup di dekat pekarangan atau pun di dasar pasir laut.

Bagi orang yang suka mancing biasanya akan mendapatkan ikan ini di dalam laut , karena ikan ini sangat mudah untuk di pancing dengan umpan apapun.

Salah satu spot mancing favorit orang-orang adalah laut lepas. Banyaknya spesies, terutama di laut dangkal, menjadi salah satu alasannya.

untuk pembahasan lebih lanjut akan dijelaskan jenis jenis ikan dangkal yang mudah di pancing abgi para pencinta hewan laut tersebut.

berikut adalah jenis jenis ikan dangkal yang sering didapat bagi para pecinta memancing:

1. Ikan Bojor

Bojor adalah ikan yang kerap ditemukan di pantai berpasir. mereka ini juga dikenal dengan nama  bolos,  kaca piring,  pasir pasir.

Ikan ini kerap menjadi target dari pemancing karena bisa ditangkap sepanjang tahun.Apalagi, ikan ini hidup secara berkelompok sehingga kamu bisa mendapatkannya dalam jumlah yang banyak.

Walaupun begitu, ikan ini sangat jarang dikonsumsi. Para pemancing yang mendapatkan ikan ini lebih sering menggunakannya sebagai umpan ikan pari.

2.Ikan Cencaru

Ikan cencaru, dikenal juga sebagai ikan caru dan selar tengkek, merupakan jenis ikan yang hidup di perairan pantai sampai kedalaman 80 meter.

Tubuhnya memanjang dengan moncong meruncing dan tangkai ekor yang kecil, sehingga terlihat seperti torpedo. Ikan ini hampir bisa di temukan di seluruh perairan Indonesia.

Selain itu ikan ini juga menjadi salah satu favorit pemancing karena memiliki tenaga yang kuat.

3. Ikan Gatho

Ikan gathi biasa nya menjadi tantangan bagi para pemancing karena memiliki tenaga yang mantap untuk menyelamatkan diri dari para pemancing.

Meskipun kuat ikan ini tidak akan menggigit dan membuat mu terluka karena ikan ini tidak memiliki gigi maupun bagian tubuh yang yang tajam jadi tidak akan ada yg terluka jika mendapatkan ikan ini.

Ikan ini juga bisa disebut dengan nama lain bawal bintang ,  ikan ini biasanya ada di perairan yang berarus dan suka mencari makan di dekat garis pantai.

Ikan ini juga terkenal mahal dipasaran karena rasa nya yang terkenal lezat. Dagingnya juga terkenal sangat lembut dan tebal.

4. Ikan Kuro

Ikan kuro merupakan ikan laut yang tersebar di perairan tropis , termasuk Indonesia.Umumnya ikan ini berwarna keperakan, hidup secara berkelompok, mudah beradaptasi, dan memangsa krustasea atau ikan yang lebih kecil.

Ikan kuro kerap mendatangi perairan terbuka yang dangkal dengan dasar berpasir atau berlumpur. Pemancing dapat menemukan ikan ini disaat air laut pasang , tapi tidak terlalu tinggi. Kondisi airnya pun harus jernih

Ikan ini tidak akan di temukan di perairan yang memiliki terumbu karang. Untuk ukuran nya sendiri bervariasi , mulai sekitar 20cm sampai 200cm.

5.Ikan Pari

Dari sekian banyak ikan dangkal yang dijelaskan mungkin ikan pari lah yang paling terkenal , hal tersebut dikarenakan ikan pari memiliki bentuk tubuh yang yang berbeda dari pada ikan lainnya ,bentuk tubuh ikan pari memiliki sayap yang lebar dan sedikit aga besar.

Sebagian besar jenis ikan pari hidup di daerah laut tropis dan sub tropis. tapi kewaspadaan kepada ikan pari harus tetap terjaga dikarenakan ada beberapa ikan pari yang memiliki racun. Racun tersebut teerdapat pada sengatan yang berada pada ekornya.

Beberapa pemancing bisa mendapatkan ikan ini dari pinggir pantai dengan menggunakan teknik pasiran atau surf fishing. Karena ikan pari kerap mengubur dirinya di dalam pasir

Harga jual ikan pari juga biasanya terkenal lumayan mahal.

6 . Ikan Taking

Kalau kamu adalah tipe pemancing yang lebih suka memancing dari pinggir pantai, ikan taking pasti menjadi salah satu incaranmu. Hanya saja, ikan ini kerap mencari makan di garis pantai sehingga kamu yang hobi melempar umpan sejauh mungkin akan kesulitan menangkapnya.

Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin mendapatkan ikan ini. Pertama, cari spot air yang tenang dan tidak ada manusianya.

Selain itu, jangan melakukan banyak pergerakan yang mencolok karena dapat membuat ikan taking pergi.

Author: admin