JENIS JENIS IKAN CUPANG HIAS UNTUK LOMBA

 

Ikan cupang berikut adalah ikan cupang yang biasa di adakan untuk lomba kecantikan pada ikan cupang.

Biasanya ikan yang terlihat cantik dan menarik akan banyak kolektor yang melirik untuk diperjual belikan.  Bukan cuma itu , harga nya juga sedikit mahal jika ikan hias tersebut sudah menjuarai sebuah lomba.

berikut adalah jenis jenis ikan hias yang biasa di perlombakan:

 

1.Ikan cupang crowntail

Bagi pecinta ikan hias di Indonesia, ikan cupang crowntail juga dikenal sebagai cupang serit. Dinamakan crowntail karena bagian ekor pada ikan cupang ini memiliki bentuk menyerupai mahkota. Ikan cupang crowntail memiliki karakteristik yang sangat agresif, teritorial, dan lebih suka hidup menyendiri. Harganya yang lumayan membuatnya termasuk salah satu jenis ikan cupang hias termahal.

2.Ikan cupang veiltail

Jenis ikan cupang veiltail termasuk jenis cupang hias yang mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau. Yang membedakan ikan cupang veiltail dengan jenis lain adalah kekuatan ekor.

Ikan cupang veiltail tidak memiliki ekor dan sirip yang mengembang. Melainkan tampak panjang dan menjuntai “lemah”.

3.Ikan cupang plakat

Nama ikan cupang plakat berasal dari bahasa Thailand “pla kat” yang berarti ikan petarung. Hal ini dikarenakan cupang plakat lebih banyak dimanfaatkan sebagai jenis ikan cupang aduan.Berbeda dengan jenis ikan cupang hias kontes, cupang plakat memiliki ekor dan sirip yang pendek. Walaupun begitu, ikan ini dikenal agresif serta memiliki tubuh kuat dan rahang bertenaga.

4.Ikan cupang halfmoon

ikan cupang halfmoon adalah ikan yang paling banyak diperbincangkan karena keindahan bentuk sirip dan ekornya. Ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seakan menyatu membentuk setengah lingkaran, mirip seperti bulan sabit.

5.Ikan Cupang Over-Halfmoon

Hampir serupa dengan cupang halfmoon, jenis ikan cupang over-halfmoon juga memiliki sirip dan ekor yang panjang, bulat, dan seakan menyatu. Perbedaan keduanya adalah pada ukuran sirip dan ekor pada ikan cupang over-halfmoon yang bahkan bisa membentang melebihi setengah lingkaran, lho.

6.Ikan cupang HMPK

HMPK merujuk pada singkatan Halfmoon Plakat, yang merupakan jenis ikan cupang yang merupakan hasil breeding atau persilangan antara jenis ikan cupang halfmoon dan ikan cupang plakat . Dikarenakan hasil campuran antara kedua jenis tersebut, maka tak heran apabila ikan cupang HMPK bisa dijadikan sebagai ikan cupang hias dan aduan.

7.Ikan cupang slayer

kan cupang slayer juga merupakan hasil breeding atau persilangan antara jenis ikan cupang halfmoon dan ikan cupang crowntail atau serit . Jenis ikan cupang hias kontes ini banyak dijual di pasaran dan menjadi favorit banyak kalangan. Pola warnanya pun beragam, mulai dari jingga, kuning, merah, dan sebagainya.

8. Ikan cupang rosetail

Keindahan pola sirip dan ekor ikan cupang rosetail membuat banyak kalangan terpana. Variasi dari jenis ikan cupang halfmoon ini memiliki bentuk sirip dan ekor mirip seperti kelopak bunga mawar. Adapun jenis ikan cupang feathertail yang memiliki bentuk serupa, namun terdapat percabangan pada sirip dan ekornya. Jenis cupang hias ini tidak direkomendasikan untuk pemula.

9.Ikan cupang delta

Ikan cupang delta memiliki bentuk sirip dan ekor yang menyempit di bagian pangkal dan mulai melebar pada bagian ujung menyerupai bentuk segitiga. Penamaan ikan cupang delta terinspirasi dari salah satu huruf alfabet Yunani, yakni delta. Ikan cupang delta juga terkenal agresif, sehingga lebih baik dipelihara secara sendiri-sendiri.

10. Ikan cupang double tail

Ikan cupang double tail merupakan salah satu jenis cupang langka yang diperoleh melalui mutasi genetik. Hal ini membuat ikan cupang ini memiliki ekor terbelah dua . Selain langka, ikan cupang double tail juga memiliki tingkat harapan hidup yang rendah dan rentan terserang penyakit.Dalam budidaya, jenis cupang hias ini tidak direkomendasikan untuk dikawinkan dengan jenis lainnya.

Author: admin