Jenis-jenis Ikan Aligator

See the source image
Ikan aligator adalah sejenis ikan air tawar yang ditemukan pertama kalinya di Amerika Utara dan sebagian Amerika tengah, dapat ilihat ikan ini merupakan ikan predator dengan moncongnya yang panjang dan panjang tubuhnya lebih dari 3 meter dan beratnya mencapai 136 kilogram,
daging dari ikan ini sebenarnya dapat dimakan namun agak keras karena tulangnya  dan telurnya juga sangat berbahaya dan beracun bagi manusia dan hewan lainnya.
Karen sifatnya yang agresif ikan aligator resmi dilang beredar di Indonesia, pemerintah melarang ikan ini karena akan merusak ekosistem ikan lokal dan ikan ini juga dapat meamangsa ikan lokal dan pada akhirnya jumlah ikan di Indonesia akan terus berkurang.
Berikut adalah jenis-jenis ikan aligator yang berasal dari benua Amerika,
  1. Ikan  Aligator Spatula
See the source image Ikan Aligator Spatula merupakan jenis ikan aligator yang terbesar hingga saat tubuh besarnya hingga menacapai bobot 130 kilogram dan panjangnya 2,7 meter,
Ikan ini banyak ditemukan di kawasan Amerika selatan, ikan ini biasanya berada di sungai dan danau di daerah aliran sungai serta air payau muara dan teluk.
Ikan yang menakuutkan ini harus mengalami sejarah panjang karena ikan ini dianggap merusak habitat dari ikan-ikan lain karena sifatna yang sangat agresif. Untungnya upaya restorasi ikan aligator gar telah dilakukan di beberapa negara
bagian Amerika Serikat hingga statusnya menjadi ikan yang dilindungi.
2. Ikan Aligator Longnose
See the source image
Seperti namanya ikan aligator longnose (lepisosteus osseus)  memiliki  panjang moncong yang lebih dari panjang kepalanya. Selain itu moncong moncong tersebut juga diisi dengan deretan gigi yang tajam, warna dari ikan ini adalah mempunyai tubuh yang berwarna abu-abu dan serta moncong yang berwarna gold
ikan ini sebenernya nampak cantik jika di pelihara, namun pemerintah Indonesia tidak mengizinkan karena dapat merusak ekosistem ikan lokal.
Biasanya ikan ini ditemukan di kawasan danau, payau, sungai-sungai, dengan perairan yang bergerak lambat hingga arus bergerak.

 

3. Ikan Aligator berbintik
See the source imageIkan aligator dengan tuubuh berbintik ini dapat tumbuh hingga panajng 1 meter dengan berat  3,6 kilogram. Bagian atas tubuh ikan ini berwarna coklat hingga zaitun dan bagian sisi yang berwarna perak mengkilap, edngan mata yang berwarna biru.
Habitat utama ikan aligator yang satu ini adlaah yang jernih, tenang dan bervegetasi, rawa dan danau, sebagian ikan laigahtor berbbintik ini sanagt luas di Amerika Utara,  mereka dapat ditemukan di Florida dan Texas. Wilayah mereka juga membentang ke Utara hingga Selatan.

 

4. Ikan Aligator Florida
See the source image Ikan Aligator Florida spesies ikan aligator yang paling kecil rata-rata ikan ini sekita 85 cm,ciri ikan flordai adalah memiliki sirip kecil yang terletka jauh dibelakakng,
spesies ini sebenarnya mirip dengan ikan sligator  berbintik bedanya adalah ikan aligator florida tubuhnya berwana putih silver,
seperti namanya Ikan ini ditemukan pertama kali di Florida, mereka umumnya  tinggal di daerah bebatuan,  pasir , dan lumpur,  Ikan ini biasanya ada di akuarium publik jika dipelihara dirumah harus memakai kolam karena ikan ini snagt agresif.
5. Ikan Aligator ShortNose
See the source image
Aligator shortnose atau Lepisosteus platostomus ini adalah jenis ikan aligator yang mudah dibedakan dari spesies lainnya. Aligator shortnose tidak memiliki deretan gigi ganda di rahang atas seperti ikan aligator gar, tidak bermoncong panjang seperti aligator longnose, serta tidak memiliki bintik-bintik seperti aligator berbintik.
Ikan aligator jenis ini biasanya mendiami sungai-sungai besar dan backwater-nya (bagian sungai yang memiliki sedikit arus atau tidak ada sama sekali), danau oxbow atau danau tapal kuda dan kolam besar. Mereka dikenal lebih toleran terhadap kondisi perairan yang keruh. Distribusi ikan ini adalah di drainase Sungai Mississippi dan Sungai Ohio. Di Texas, ikan shortnose gar dapat ditemukan di lembah Sungai Merah di bawah Danau Texoma.

 

6. Ikan Aligator Tropis
See the source image Dari namanya saja kita sudah dapt informasi bahwa ikan ini hidup di wilayah perairan tropis,
 Habitat utama ikan aligator tropis adalah backwater dan bagian aliran sungai dan danau yang bergerak lambat.
Ciri-ciri utama ikan aligator tropis adalah memiliki moncong pendek dan lebar dengan lubang hidung di bagian depan moncong, gigi seperti taring yang panjang, rahang atas memiliki dua baris gigi dan di bagian bawah, sirip punggung dan sirip dubur yang hampir saling berhadapan, ekor bulat dan sedikit miring, serta sisik yang halus dan berkilau.
7. Ikan Aligator Kuba
See the source image Jenis ikan aligator ini hanya bisa ditemukan di Kuba dengan nama lokal manjuari, mereka dapat ditemukan diseluruh bagian barat pulau plus isla de la Juventud,
dan sudah dapat dilihat dari namanya ikan ini berasal dari  Kuba sudah masuk tahap konservasi karena dialam bebas mereka disebutkan sudah hampir punah.
Nah itu dia jenis-jenis ikan Aligator  yang ada di seluruh Dunia, kemungkinan masih ada ikan aligator lainnya yang belum terdeteksi hingga saat ini. Kalian juga harus berhati-hati membedakan antara buaya dengan ikan aligator.
BACA JUGA: Sunting Pos ‹ infoikanterbaru — WordPress

Author: admin