Jenis ikan yang paling besar di dunia

See the source image
ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.
Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang.
Ada banyak kesalahan dalam memahami ikan yang ada di tengah tengah masyarakat. jika kita menyebut ikan, maka seolah mudah untuk mendefinisikannya, namun kenyataannya tidaklah begitu.
Banyak salah kaprah yang masih sering dijumpai. Misalnya “Paus” dan “cumi” yang sebenarnya bukan tergolong spesies ikan.
Jadi apa saja spesies ikan yang terbesar hingga saat ini:
  1. Hiu Paus
Panjang: 12.65 meter
Berat : 21.5 ton
See the source image
Hiu Paus atau Rhincodon Typus adalah hiu pemakan plankton. Diberi nama whale shark dan merupakan ikan dengan spesies terbesar saat ini.
Disebut juga dengan nama geger lintang atau hiuu tutul, meurujuk pada pola warna yang bertotol seperti layaknya bintang di langit.
Hiu ini mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat dan dapat hidup hingga berusia 70 tahun.
Terlepas dari ukurannya yang raksasa. Hiu ini tidak berbahaya bagi   manusia mereka hanya memakan plankton dan ikan-ikan kecil lainnya, hiu ini termasuk hewan yang jinak dan kadang-kadang membiarkan para penyelam menungganginya.
2. Hiu Penjemur
Panjang : 12.27 Meter
Berat: 19 ton
See the source imageHiu penjemur atau biasa disebut dengan Cetorhinus Maximus, merupakan ikan terbesar  kedua setelah hiu paus,
Spesies ini merupakan spesies kosmopolitan – spesies ini dapat ditemui di samudra hangat di seluruh dunia.
Hiu ini bergerak lamban dan tidak berbahaya hanya memakan plankton dan ikan-ikan kecil lainnya. Seperti hiu lainnya, ikan ini sudah jarang kita temui dan terancam punah.
3. Hiu Putih
Panjang: 7 meter
lebar: 3,3 ton
See the source image
Hiu putih (Carcharodon carcharias), juga dikenal sebagai hiu putih besar, pointer putih, hiu putih, atau si putih yang mematikan), adalah hiu lamniform besar yang ada di pesisir perairan di seluruh permukaan lautan utama. Hiu putih besar dikenal karena ukurannya, dengan individu terbesar yang panjang tubuhnya mendekati atau bahkan melampaui 6 meter (20 kaki), dan dengan berat sebesar 2.268 kg (5.000 lb).
Hiu ini berwarna abu-abu atau abu-abu kebiruan dengan sedikit warna putih dibagian perut. Hiu ini memiliki gigi berjumlah 300 gigi yang tajamnya seperti tepian gergaji. Gigi Hiu ini panjangnya dapat tumbuh mencapai 7,5 cm. Hiu putih akan mencapai kedewasaan saat berumur 15 tahun, dan dapat hidup sekitar 30 tahun.
4. Hiu Harimau
Panjang: 7,4 meter
Berat: 3.11 ton
See the source image
Ikan terbesar didunia selanjutnya adlah hiu harimau yang merupakan 1 dari hiu terbesar dan satu- satunya anggota genus Galeocardo. Hiu dewasa memiliki panajng tubuh berkisar 3,25 meter – 7.4 meter dan memiliki berat 385  kg – 635 kg.
Hiu harimau adalah predator berbahaya biasanya ikan, singa laut, burung, hiu kecil, cumi-cumi dan penyu.
Hiu harimau adalah penyerang kedua terfatal setelah great white shark (hiu putih), dan bersama dengan great white shark, dianggap sebagai hiu paling berbahaya bagi manusia.
5.Ikan Pari Giant Oceanic
panjang: 5 meter
berat : 3 ton
See the source image
Ikan pari samudra/lautan raksasa – giant oceanic (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai hampir 7 meter (kemungkinan lebih karena ada laporan yang mengatakan bahwa ada manta yang lebar tubuhnya mencapai 9,1 meter). Bobot terberat manta sendiri yang pernah diukur mencapai 3 ton.
Manta dapat ditemukan di lautan tropis di seluruh dunia – kurang lebih antara 35o lintang utara hingga 35o lintang selatan. Persebarannya yang luas dan penampilannya yang unik menyebabkan ikan ini memiliki banyak nama mulai dari “manta Pasifik”, “manta Atlantik”, “devil fish”, hingga “sea devil”. Di Indonesia sendiri, ikan raksasa ini memiliki aneka nama lokal seperti cawang kalung, plampangan, serta pari kerbau.
6. Ikan Matahari (mola-mola)
Panjang: 3.1 meter
Berat : 2.3 ton
See the source image The Ocean Sunfish atau mola-mola atau ikan matahari adalah ikan yang bertulang terberat, sekaligus masuk dalam daftar ikan  terbesar yang masih hidup sampai saat ini . Ikan dewasa biasanya memiliki berat antara 247 dan 1.000 kg.
Spesies ini berasal dari tropis dan subtropis di seluruh dunia , Bentuknya menyerupai ikan dengan ekor dan tubuh utmananya tubuh utamanya diratakan secara lateral.
Betina dari spesies dapat menghasilkan lebih banyak telur daripada vertebrata lain yang diketahui, hingga 300.000.000 pada satu kurun waktu.
Ikan ini menjadi incaran para predator laut karena gerak nya yang sangat lamban.
Bagi manusia mola-mola dianggap lezat dagingnya, ada peraturan yang melarang untuk memakan ikan  matahari.
7. Beluga Sturgeon
Panjang: 2.7 meter
Berat :2.72  ton
See the source image
Beluga atau sturgeon eropa ditemukan di cekungan Kaspia, dan laut hitam, dan kadang-kadang di Laut Andriatik.
Beluga adalah ikan besar dan matang yang dapat hidup selama 118 tahun.
Jumlah spesies nya telah berkurang karena perburuan liar, mendorong pemerintah untuk memberlakukan pembatasan perdagangan
8. Mola Sharptail
Panjang: 3 meter
Berat : 2 ton
See the source image
Masturus lanceolatus juga dikenal sebagai mola sharptail adalah spesies mola yang ditemukan secara sirkular di perairan tropis dan subtropis.
Ikan ini mirip dalam penampilannya dengan sunfish laut (Mola mola), tetapi dapat dibedakan dengan proyeksi pada clavus (pseudo-tail).
Nama umum lainnya termasuk sunfish sharpfin, sunfish point-tailed, dan trunkfish.
Riwayat dan sejarahnya jarang ditemui, sangat sedikit yang diketahui tentang biologi atau riwayat hidup mola sharptail. Spesies ini adalah satu-satunya anggota genus dan salah satu ikan terbesar di dunia saat ini.
Share:

Author: admin