Jenis ikan yang diusahakan di tambak

See the source image
Di Indonesia terdapat berbagai jenis ikan yang dapat di konsumsi  oleh manusia, baik bersumber dari air tawar maupun air laut. Ikan-ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika diusahakan dan dibudidayakan dengan baik. Tetapi dari jenis ikan tersebut, yang lebih mudah untuk di budidayakan dengan baik, Tetapi dari jenis ikan tersebut, yang lebih mudah untuk dibudidayakan adalah jenis-jenis ikan air tawar, karena tidak tergantung dari tempat dan wilayah yang terbatas dari ikan laut.
Jenis ikan air tawar menurut kegunaannya digolongkan menjadi dua, yaitu golongan ikan hias dan golongan ikan konsumsi. Dari kedua golongan ikan tersebut inilah jenis ikan yang biasa dibudidayakan di kolam tambak.

Berikut adalah ikan-ikan yang dibudidayakan di tambak:

  1. Ikan Nila
See the source imageSalah satu jenis ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia. Ikan ini dikenal sebagai pemakan segala (omnivora), sampai pemakan aneka tumbuhan sehingga ikan ini diperkirakan dapat dimanfaatkan sebagai pengendali gulma air. Karena mudahnya dipelihara dan dibiakkan, ikan ini segera diternakkan di banyak negara termasuk Indonesia.
2.Ikan Gurami
See the source image Budidaya ikan Gurami merupakan budidaya yang dapat dilakukan di air tawar mauapun air laut,
Namun, untuk hasil yang optimal kita harus mengetahui syarat lokasi di antaranya suhu air berkisar antara 24-30 °C;
kualitas air harus bersih, tidak terlalu keruh dan tidak tercemar bahan beracun maupun limbah pabrik; nilai derajat keasaman (pH) perairan berkisar antara 7-8; kandungan oksigen terlarut minimal 2 mg/l; dan ketinggian lokasi antara 50-400 m dpl.
3. Ikan Gabus
See the source imageIkan Gabus. Jenis ikan ini dikenal memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%).
4. Ikan Patin
See the source image Merupakan ikan yang memiliki pertumbuhan cepat, sehingga budidaya ikan patin menjadi primadona bagi penambak ikan,
Perlu kalian ketahui bahwa budidaya ikan patin sangat cepat hanya dengan kuurn awaktu 6 bulan saja dan harga jual ikan patin tergolong sangat tinggi,
dan membuat peminatnya juga sangat banyak di Indonesia maupun di luar negeri.
5. Ikan Mujair
See the source image Ikan mujair mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam (salinitas), sehingga dapat hidup di air payau. Jenis ikan ini memiliki kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat. Dengan demikian dalam waktu beberapa bulan saja, populasi  ikan ini dapat meningkat sangat pesat, sehingga cukup potensial untuk dibudidayakan di kolam tambak.
6.Ikan Lele
See the source image Lele adalah ikan budidaya air tawar yang sangat populer. Produksi budidaya meningkat tajam tiap tahun, selama lima tahun terakhir, antara lain karena luasnya pasar bagi lele. Lele disukai konsumen karena berdaging lunak, sedikit tulang, tidak berduri, dan murah. Dari sisi budidaya, lele relatif tidak memerlukan banyak perawatan dan memiliki masa tunggu panen yang singkat.
7.Belut
See the source imageSelain ikan belut juga termasuk salah satu pimadona untuk budidaya di kolam tambak,
Belut mulai banyak di budidayakan di berbagai daerah mulaui dari dataran tinggi, rendah, hingga daerah yang mmepunyai curah hujan tinggi.
Asalkan tempat di lingkungan yang memiliki air bersih melimpah, belut bisa dipanen di umur 3-4 bulan
Itu dia jenis ikan yang diusahakan ditambak, semoga kawan-kawan mengerti akan informasi yang kami share, dan dapat membudidayakan ikan tambak sebagai usaha anda.
Baca juga:http://infoikanterbaru.com/rekomendasi-ikan-louhan/ ‎
Share:

Author: admin