Jenis ikan laut yang indah

See the source image
Memelihara ikan hias sudah menjadi hobi yang dilakoni banyak orang. Jenis yang biasa dipelihara dalam akuarium adalah ikan hias air laut yang memiliki keunikan masing-masing.
Setidaknya ada lebih dari 10 ikan yang bisa dipilih seperti Dottyback, Mandarin Fish, Blue Tang, Yellow Tang, dan Firefish. Rentang harga di pasaran bervariasi dari puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah.
Berikut adalah contoh ikan ikan hias laut yang sangat indah :
  1. Clown Fish
See the source image
Nama lainnya adalah ikan badut karena tubuhnya bulat dan memiliki tiga warna, yaitu orange, putih,dan hitam Harga clown Fish berdasarkan jenis harganya:
  • Platinum: Rp.350.000
  • Blackhalf: Rp.480.000
  • Orange: Rp.320.000
  • Small Size Rp.300.000
  • Picasso 350.000
  • Percula BlackRp 900.000
  • Lightning Maroon 1000.000
  • Premnas Biaculeatus 500.000
2. Lion Fish
See the source image Karakteristik Lion Fish adalah adanya duri panjang pada tubuhnya yang bertujuan sebagai perlindungan dari musuh. Ikan ini memiliki variasi warna cokelat, kuning, merah, dan oranye.
Jenisnya pun banyak antara lain Hawaiian, Zebra Turkeyfish, Devil Firefish, Blackfoot, Parapterois Macrura, Luna, dan Swacheek. Harga Lion Fish berkisar antara Rp300.000 hingga Rp8.200.000 per ekor.
3. Butterflyfish
See the source image
Jenis Butterfly Fish terkenal akan warna dan corak yang indah dengan bentuk pipih seperti cakram. Lebar tubuhnya hanya sekitar 15 cm.
Kegesitannya bergerak di air membuatnya seolah-olah terbang layaknya kupu-kupu. Harga Butterfly Fish yang paling murah adalah Rp10.000/ekor dengan ukuran antara 5 hingga 7 cm. Sedangkan harga termahalnya bisa sampai Rp4.000.000/ekor.
4. Dottyback
See the source image
Aqua Friends yang menyukai bentuk ikan kecil dan memanjang, bisa memilih Dottyback. Jenis ini mudah dikenali karena hanya memiliki dua warna yaitu pink pada bagian kepala hingga perut dan kuning pada bagian setelahnya hingga ekor.
Harga Dottyback tergolong paling murah di antara jenis ikan hias yaitu berkisar Rp20.000 – Rp25.000 per ekor.
5. Yellow Tang
See the source image
kan hias air laut ini memiliki nama lain Botana Kuning karena warna tubuhnya kuning secara menyeluruh. Bentuknya hampir menyerupai Butterfly Fish yang lebar dan mulutnya lancip.
Namun, harga Yellow Tang cenderung lebih mahal. Harga termurahnya sekitar Rp50.000 per ekor, sedangkan kisaran harga termahalnya yaitu Rp5.000.000 hingga Rp15.000.000 per ekor.
6. Doctor Fish
See the source image
Bagi aqua friend yang menggemari terapi ikan, tentu saja mengenali doctror fish karena jenis inilah yang membatu menyehatkan kulit, dan tugasnya adalah menghilagnkan kulit mati yagn kotor akibat kuman yang menempel, harga doctor fish sangat murah Rp.1500-Rp.2500 per ekor.
7. Blue Devil Fish
See the source image
Jenis ikan ini dapat tumbuh dilingkungan yang berbeda, ukuran tubuhnya sekitar 7 cm, blue devil biasanya berwarna biru dengan corak serta garis yang berwarna hitam, dan harganya relatif sangat murah yaitu Rp.25.000-Rp50.000
8. Mandarin Fish
See the source image
Ikan jenis ini beraneka ragam warna yang ada didalam tubuh nya yaitu hijau, biru, merah, kuning,orange,dan hitam.
Ukuran tubuh dari mandarin fish adalah 15 cm, dan harganya relatif murah berkisar Rp.35.000 per ekor
9. Fire Fish
See the source image
Fire Fish adalah jenis ikan yang realtif kecil dengan yang sangat aktif bergerak kesana kemari, tubuhnya yang panjang dan kecil membuatnya mirip dengan roket. ikan ini memiliki banyak warna pada tubuhnya yaitu hijau, biru,merah, dan putih
harga dari fire fish berkisar sekitar Rp.70.000
10. Papermint angelfish
See the source image
Papermint angelfish termasuk ikan yang sangat langkah di perairan hawaii, permukaan dari tubuhnya memiliki corak berwarna merah yang dihiasi corqak berwarna putih. Menangkap ikan ini juga sangat sulit karena spesies ini berada di kedalaman harus membutuhnya penyelam yang handal.
Harga dari papermint angelfish ini berkisar sekita Rp.50.000.000.
11. Banggai
See the source image
Habitat Banggai adalah di kawasan konservasi laut Sulawesi Tengah. Karena bentuknya yang menyerupai capung, Banggai disebut juga sebagai Capungan.
Ikan hias ini memiliki tubuh yang pipih dan mata besar. Coraknya didominasi warna putih dengan garis-garis hitam. Harga Banggai yang ditangkap langsung dari laut berkisar Rp8.000 sedangkan harga hasil budidaya sekitar Rp35.000 per ekor.
12. Kakatua / Parrot Fish
See the source image
Alasan disebut Parrot Fish adalah bentuk mulutnya yang menyerupai paruh burung Kakatua. Aqua Friends bisa memelihara ikan hias ini apabila menyukai jenis yang besar karena panjangnya sampai 25 cm. Kedua sisi tubuhnya menampilkan warna kontras hijau dengan merah muda. Harga Parrot Fish yang berukuran 7 – 8 cm dalam kisaran Rp75.000.
Share:

Author: admin