Jenis Ikan Langka di Dunia

See the source image
Bebagai jenis ikan langka yang ada didunia- Jika membahas tentang hewan mungkin spesies yang ada di dunia akan mencapai miilyaran, tetapi saat ini hewan-hewan telah banyak yang sudah punah, hal ini menunjukkan kita untuk peduli terdahap lingkungan sebagaimana tempat tinggal hewan-hewan tersebut.
Hal ini karena banyak saat saat ini yang kehilangan habitatnya karena ulah manusia secara tidak langusng  mmebuat jumlah satwa turun drastis,
Jadi kebanyakan dari mereka menjadi hewan satwa dan hewan langka yang sulit untuk dijumpai.
Mari kita bahas ikan apa sajakah yang saat ini sudah langka, Mari kita simak artikel berikut:
  1. Ikan Red Handfish
See the source image
Ikan ini dapat dijumpai di dasar laut dan memiliki sirip yang sama bentuknya dengan sebuah tangan atau kaki. Reda Handfish pertam kali ditemukan pada 1800, kemudian pada tahu 2018 lalu, sebuah tim dari institut kelautan dan Universitas Tasmania telah memnemukan kedua dari Red Handfish.
Jumlah mereka saat ini sudah seidikit di alam liar, ini karena tempat bertelurnya di rerumputan sering diganggu  oleh hewan lain yang ada di lautatau juga manusia.
Ukuran dari ikan ini adalah kurang lebih mencapai 6 sampai 13,5 cm, biasanya mereka hidup di dasar laut yang berpasir dan berbatu.
2. Ikan Smalltooth Sawfish
See the source imageSpesies ini termasuk jenis ikan hiu, diamana bagian tubuhnya berwarna hijau zaitun sedikit kecoklatan, Ikan ini mempunyai moncong yang sangat panjang dan disampingnya memiliki gigi yang berbantuk seperti gergaji,
ikan ini sangat suka berdiam diri di pasir-pasir, Ikan ini sebetulnya termasuk dalam jenis ikan pari namun berbentuk seperti ikan hiu,
Smalltooth sering kali tersangkut jaring nelayan yani membuat jaring nelayan robek karena itulah nelayan sering membunuh ikan ini, dan lama kelamaan pun ikan ini menjadi punah karena ulah dari manusia.
Namun sekarang jika manusia menangkap ikan inidengan tidak sengaja akan melepasnya lagi dilaut karena ikan smalltooth sudah sangat langka dikalangan jenis ikan air laut dan hampir punah.
3. Ikan Tequilla Splitfin (Zoogoneticus Tequila)
Tequilla Splitfin  Dulu nya ikan ini saudh mengalami kepunahan pada tahun 1992 di, dan ditahun 2015 yang lalu ditemukan spesies ini disuatu kolam kecil yang berada di Rio Teichitlan.
Ikan ini dapat hidup di perairan dangkal sekalipun seperti Danau Rio Teichitlan.
di Mexico,
Supaya ikan ini dapat kembali tumbuh manusia melepas 700 ikan Tequilla di Danau Rio Teichitlan dan semoga bisa pulih kembali seperti semula.
4. Ornate Sleeper Ray
See the source image Ikan ini sangat terkenal dengan nama produk terpopuler, hal ini tentunya bukan alasan,
ini karena cara makan yang dilakukan oleh ikan ini adalah menghisap seperti halnya penyedot debu,
Ikan ini merupakan jenis ikan yang ukurannya terbesar dari jenisnya, karakteristik yang dimiliki adalah berwarna cokelat dengan adanya bintik-bintik, yang memiliki warna krem diseluruh bagian tubuhnya.
Aktivitas manusia dengan memancing, menyelam, dan kegiatan berperahu terutama sekitaran pantai.
5. Ikan Devils Hole Pupfish
See the source image Ikan ini biasanya ditemukan di Amerika Serikat atau lebih taptnya di Taman Nasional Death Valley di kawasan Nevada dan dalam sebuha gua yang memiliki nama Devil Hole.
Devil Hole sendiri memiliki kedalaman kurang lebih 130 m dan ikan-ikan ini biasanya hidup di permukaannya dalam kedalaman 24 meter. Spesies ikan ini diketahui sudah terkurung dalam gua tersebut hingga 2000 tahun lamanya.
Untuk ikan betinanya memiliki warna kuning yang sama dengan larvanya. Sementara untuk ikan jantan memiliki warna biru metalik.
Dalam habitat aslinya, ikan Devil hole biasa memangsa kumbang, alga, siput dan krustasea air tawar sebagai makanannya.
6. Sakhalin Sturgeon
See the source image Dialam bebas, Ikan ini sudah sangat sulit untuk dijumpai, sehingga membuatnya menjadi salah satu ikan yang sangat langka.
Keberadaan ikan yang satu ini sangat yerancam dikarenakan para penangkap ikan ilegal dengan cara menggunakan pukat ketika ikan melakukan imigrasi atau ketika ikan bertelur, polusi, dan juga pembangunan dam.
7. Ikan Kissing Loach
See the source image Spesies ini di negara jepang disebut dengan Ayumodoki, Ikan ini hanya di jepan gpada saat ini klau kita akan melihatnya, hal ini dikarenakan ada campur tangan manusia dengan konservasi tersebut telah menyebutkan ikan dari kepunahan.
dan jumlah ikan ini tersisa 800 spesies saja itupun hanya di negara Jepang.
maka dari itu sudah dibuat rencana unutk konservasi ikan kissing loach suapaya menjadi lebih banyaj di Jepang.
8.  Ikan Adriatic Sturgeon
See the source image Pasti kalian bertanya-tanya bahwa ikan ini mengapa ikan ini termasuk dalam kategori ikan yang hampir punah, ini dikarenakan oleh manusia yang tidak dapat menjaga lingkungannya dengan baik, padahal dulu ikan ini sangat berlimpah di kalangan masyarakat.
meskipun ikan ini sudah dikambangbiakan oleh masyarakat, ikan ini hanya mempunyai 250 ekor saaja di dunia sampai saat ini,
Ciri utama dari ikan ini adalah bentuk tubuhnya yang panjang yang berwarna abu-abu, serta mempunyai corak seperti anyaman.
9. Ikan European Sea Sturgeon
See the source imageSalah satu jenis ikan yang dapat kita jumpai di sungai garron, Prancis.
Sebenarnya ikan wilayahnya sangat luas jika kita lihatsecara historis dari Laut Utara sampai Laut Bultik, bahkan juga pernah ditemukan di daerah Maroko dan Tunisia.
Sekarang jumlah ikan Sturgeon 20 ekor sampai 750 ekor kuran lebih, Namun ribuan sudah dilepaskan di alam liar.
10.  Ikan Giant Sea Bass
See the source image Dilihat dari namanya tentu saja kita tahu bahwa ikna ini sangat besar, ukuran panjang ikan ikan ini bahkan bisa mencapai ukuran 2,3 meter dan berat badan berkisar 253 kg.
Ikan ini termasuk ikan predator  karnivora, keberadaan ikan ini sudah hampir punah karena penangkapan yang di larang,
pemerintah daerah California sudah melarang dan menetapkan konservasi.
Demikian ulasan kami tentang  ikan apa saja yang saat ini sudah hampir punah semoga bermanfaat bagi para pecinta Ikan.
Baca Juga: Sunting Pos ‹ infoikanterbaru — WordPress
Share:

Author: admin