Jenis Ikan Eksotis Yang Harganya Murah

Jenis Ikan Eksotis Yang Harganya Murah

Ketika berbicara tentang “ikan eksotis,” kebanyakan aquarists memikirkan spesies air asin seperti Clownfish atau Blue Tang. Lagi pula, banyak ikan air asin datang dalam berbagai pilihan warna, pola, dan kepribadian. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa ada begitu banyak ikan air tawar eksotis yang cocok untuk akuarium Anda!

Ikan berwarna-warni dan unik ini biasanya ditemukan di perairan Amerika Selatan, Afrika, dan Asia, memberikan sentuhan dinamis yang dibutuhkan akuarium Anda. Jika Anda ingin mulai beternak ikan air tawar eksotis.

BACA JUGA : Spesies Ikan Hias Air Tawar Murah

Nah, Berikut inilah beberapa Jenis Ikan Eksotis Yang Harganya Murah :

Jenis Ikan Eksotis Yang Harganya Murah

Flowerhorn Cichlid

Louhan Cichlid adalah salah satu ikan air tawar yang paling unik dan indah yang pernah ada. Mereka segera terlihat karena pertumbuhan seperti tanduk aneh di bagian atas kepala mereka dan pola warna cerah. Kecantikan mereka juga diimbangi dengan kepribadian mereka yang luar biasa. Louhan Cichlids dikenal interaktif, cerdas, dan ingin tahu. Mereka suka terikat dengan pemiliknya dan beberapa bahkan suka dibelai!

Louhan tersedia dalam berbagai warna dan pola yang menambahkan warna cerah ke akuarium Anda. Namun, “tanduk” mereka selalu berwarna merah cerah. Sayangnya, ikan ini tampaknya tahu bahwa mereka cantik dan karena itu, mereka benci berbagi cinta pemiliknya dengan teman akuarium lainnya. Louhan lebih menyukai anggota spesiesnya sendiri, dan menunjukkan sifat agresif dengan ikan air tawar lainnya.

Mereka membutuhkan akuarium yang berukuran setidaknya 75 galon. Jika Anda berencana untuk membiarkan mereka berbagi akuarium dengan louhan lain, tangki harus setidaknya 200 galon atau lebih. Mereka juga harus diberi makan jangkrik, ulat bambu, dan udang beku.

Diskus

Berasal dari delta sungai Amazon, Discus adalah ikan yang tenang dan indah yang mudah dikenali karena tubuhnya yang kurus dan berbentuk cakram. Karena penangkaran selama bertahun-tahun, spesies ini hadir dalam berbagai warna dan pola yang indah — mereka menyenangkan untuk dilihat di akuarium mana pun! Kebanyakan Discus memiliki mata kuning atau merah dan sirip punggung yang menonjol.

Meskipun relatif mudah dirawat, ikan Discus lebih sensitif dibandingkan spesies air tawar lainnya sehingga biasanya direkomendasikan untuk aquarists berpengalaman. Spesies ini harus selalu disimpan dalam tangki berukuran setidaknya 75 galon. Makanan khas mereka mungkin terdiri dari serpihan alga, serpihan tropis atau pelet udang. Perenang kecil ini suka memberi makan di dasar akuarium, jadi waktu makan bisa menjadi tantangan.

Discus sangat damai dan rukun dengan ikan air tawar lainnya, tetapi mereka berkembang biak paling baik dengan anggota spesies lainnya. Pastikan untuk menjauhkan ikan atau penghuni dasar yang agresif dari akuarium Anda.

Ikan Puffer Kurcaci

Dwarf Puffer adalah ikan kecil yang menggemaskan yang mudah dirawat oleh aquarists pemula. Dengan panjang hanya 1 hingga 2,5 inci, Dwarf Puffers hanya membutuhkan tangki 10 galon untuk bahagia dan sehat. Mereka juga suka makan udang, cacing darah, dan siput. Biasanya berwarna coklat kehijauan dengan perut putih kekuningan. Mereka juga memiliki kemampuan keren seperti bunglon untuk menggerakkan mata mereka secara independen dari tubuh mereka.

Meskipun penampilannya lucu, Dwarf Puffers tidak bersahabat dengan ikan lain. Mereka terpesona oleh pemiliknya tetapi kepribadian mereka yang berani dapat menyebabkan mereka menggertak teman akuarium mereka. Mereka cenderung rukun dengan anggota lain dari spesies mereka.

Sangat penting untuk menjaga kadar amonia di dalam tangki karena bisa mematikan bagi Dwarf Puffers. Tangki juga perlu dibersihkan secara teratur agar ikan kecil ini hidup panjang dan bahagia!

Knifefish Black Ghost

Karena adaptasinya terhadap lingkungan cahaya rendah, Black Ghost Knifefish adalah ikan air tawar dengan penampilan yang unik. Mereka tidak memiliki sisik seperti spesies air tawar lainnya. Sebaliknya, mereka memiliki “kulit” hitam dan tubuh sempit berbentuk seperti pisau (karena itu namanya). Toleransi mereka terhadap lingkungan dengan cahaya rendah telah memberi mereka kemampuan untuk menggunakan medan elektromagnetik untuk navigasi seperti belut!

Seperti Zebra Plecos, Black Ghost Knifefish suka memiliki tempat persembunyian yang bagus. Perenang ini memiliki kepribadian yang sangat pemalu, dan biasanya keluar dari persembunyiannya pada malam hari. Oleh karena itu, akuarium yang menampung ikan-ikan ini harus memiliki dekorasi yang cukup untuk dijadikan sebagai tempat persembunyian.

Ikan todak juga berkembang paling baik di akuarium yang berukuran setidaknya 150 galon (atau lebih besar, tergantung pada jumlah teman akuarium). Mereka suka makan berbagai macam makanan, terutama cacing hidup, daging, dan puing-puing air tawar. Kepribadian mereka yang damai dan pemalu menjadi teman yang baik untuk ikan air tawar lainnya, tetapi mereka mungkin rentan terhadap penyakit. Anda juga harus memastikan bahwa tangki Anda tetap bersih dan teratur setiap hari.

Terima kasih, Semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Kawasan Teristimewa Di Prancis

Author: admin