Ikan yang Hidup di zaman Prasejarah

 

zaman prasejarah adalah suatu zaman dimana manusia belum mengenal tulisan dan teknologi, sehingga kehidupan masyarakat masih bergantung pada alam, dan berburu untuk bertahan hidup, zaman prasejarah ini disebut  juga zaman purba, serta pada zaman itulah  ikan ikan purba yang jarang sekali kita temui pada zaman sekarang ini, adapun juga ikan yang masih hidup sampai saat ini.
Mari kita simak ikan purba  apa saja yang masih hidup sampai saat ini :
  1. Sturgeon
Ikan yang dapat bertahan hidup sejak jaman jurrasic adalah ikan sturgeon yang dikenal sebagai  spesies utama kaviar (dibuat dari telurnya mereka),
populasi ikan ini terancam punah akibat perburuan liar yang diluar kendali,
spesies sturgeon ini dapat tumbuh hingga 6 meter melebihi hiu putih, dan hewan ini tidak terlalu bahaya karena memakan binatang kecil saja dari dasar laut dan tidak berbahaya bagi manusia kecuali, ada gangguan khusus
See the source image
   2. Sawfish
spesies ini biasa disebut sebagai hiu gergaji karena memliki mulut yang panjang dan tajam seperti layaknya gergaji, hiu jenis ini juga dapat hidup di air tawar dan air laut karena memiliki karena memiliki lima insang dan dapat beradaptasi dengan air yang lain hiu ini.
Sawhfish ini biasa ditemukan di sungai amazon yang berhubungan langsung ke laut, dengan ukurannya yang dapat mencapai 7 meter, sawfish dilihat dari bentuknya seperti ikan hiu namun ada hubungannya juga dengan ikan pari.
See the source image
 3. Lancetfish 
Dilihat dari badannya lancetfish sudah mirip dengan hewan purba, bahkan ikan ini mempunyai ikatan khusus oleh dinosaurusnya dengan nama “Alpisaurus Ferox”.
Lancetfish berukuran sekitar 2 meter dan dapat ditemukan di semua lautan kecuali daerah kutub, makanan dari spesises ini adalah cumi-cumi, ikan- ikan kecil,dan kadang sesamanya sendiri.
See the source image
4. Arapaima
Spesies ini sangat mirip dengan ikan arwana, Arapaima dapat tumbuh hingga 4,5 meter meski arapaima dengan ukuran besar ini sudah sangat jarang ditemukan di sungai.
Arapaima biasanya memangsa ikan-ikan kecil, kepiting, dan apapun yang dapat mereka masukan ke dalam mulutnya, sekarang Arapaima sudah terancam punah akibat akibat diburu oleh manusia.
See the source image
5.Polypterus Senegalus 
ikan afrika ini juga dapat disebut sebagai “belut dinosaurus”, ikan ini ditemukan pada zaman cretaceous dan saat ini dijual sebagai hewan peliharaan yang dipelihara di kolam, spesies ini kadang juga dapat melarikan diri dari kolam atau tangki.
See the source image
 6. Coelacant
Coelacant merupakan ikan paling bersejarah yang terkenal dari semua fosil hidup, Coelacant seharusnya telah punah pada periode Cretaceous, bersamaan dengan dinosaurus.
Tetapi pada tahun 1938 ditemukan di Afrika Selatan, Coelacant yang keduakalinya ditemukan di Indonesia pada tahun 1999, ikan ini hidup di lautan yang sangat dalam dan gelap, meskipun jarang ditangkap dandi konsumsi coelacant terancam punah pada saat ini.
See the source image
7. Frilled Shark
Spesies ini adalah predator laut dalam peninggalan dari periode Cretacues ketika dinosarus menguasai bumi, salah satu hiu paling primitif yang masih hidup hingga saat.
Baru baru ini di filmkan untuk pertama kalinya, hiu ini berjumpai dan ukuran hiu ini sendiri sekitar 2 meter memakan cumi-cumi dan ikan kecil lainya dan faktanya kebanyakan dari hiu ini tidak pernah melihat manusia karena tinggal di laut yang sangat dalam dan gelap.
See the source image
8. Hagfish
sudah hidup lebih dari 300 juta tahun yang lalu.
jauh sebelum dinosaurus muncul ke dunia hagfish disebut juga belut lendir karena perawakannya yang mirip dengan belut dan mengeluarkan lendir.
Untuk sebenarnya hagfish bukan ikan ataupun belut hal ini disebabkan spesies ini tidak mempunyai tulang belakang dan tengkorak kepala,hewan ini buta dan sering memakan bangkai hewan sisa didasar laut, tempat mereka hidup
See the source image
9.Alligator Gar
Ikan air tawar ini biasa kita temukan di Meksiko Timur, Amerika Selatan, dan juga Amerika Utara. Ikan ini dapat tumbuh hingga 4 meter dan bobot sampai 200 kilogram.
Disebut dengan Alligator Gars karena penampilannya yang mirip reptil dan panjang rahang mereka yang penuh gigi tajam, dan mereka adalah predator yang sangat rakus.
Gars adalah salah satu ikan tertua yang msaih hidup yang dapat kita lihat sampai saat ini; asal-usul mereka dapat ditelusuri kembali ke masa Cretaceous.
See the source image

 

 

 

Share:

Author: admin