FAKTA UNIK TENTANG IKAN OSCAR

ikan oscar

Salah satu kelebihan memelihara ikan Oscar adalah mereka omnivora sehingga Anda dapat memberi makan apa saja. Di habitat alami mereka, ikan ini biasa memakan ikan kecil lainnya, tanaman kecil, serangga kecil dan krustasea, serta larva.

Dalam penangkaran, ikan Oscar biasa diberi pakan pelet bernutrisi yang bisa dibeli di toko-toko ikan. Anda dapat bereksperimen dengan makanan lain yang dirancang khusus untuk cichlid.

Selain itu, Anda juga dapat memberi ikan Oscar makanan hidup atau makanan beku seperti udang, daphnia, dan cacing darah. Satu keuntungan memberi mereka makanan hidup adalah Anda secara alami memicu naluri berburu mereka.

Aturan umum pemberian makan Oscar adalah memberi mereka makan sebanyak mungkin, selama Anda memberi mereka jumlah yang dapat dihabiskan dalam beberapa menit.

INILAH FAKTA UNIK TENTANG IKAN OSCAR YANG JARANG DI KETAHUI

 

IKAN OSCAR MERASA KESEPIAN

Setiap ikan yang memiliki temperamen kasar pasti akan memukul mundur pasangannya, dan ikan Oscar bukanlah pengecualian. Sifat buas Oscar membuat sebagian besar teman seakuarium mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari mereka.

Ikan Oscar adalah ikan teritorial dan mereka suka seperti itu. Namun, dalam proses menghilangkan ancaman dan persaingan, ikan mungkin bisa sendirian dan merasa kesepian, bukan? Ya, tapi itu tidak sepenuhnya berlaku pada Oscar.

Ikan Oscar dapat hidup sendiri di akuarium tanpa merasa kesepian sama sekali. Namun, mereka tidak akan keberatan jika Anda memperkenalkan ikan yang lebih besar tetapi lebih pasif. Mereka bisa diberi teman seakuarium yang jinak supaya tidak menyerang Oscar, tetapi cukup besar untuk mengintimidasi Oscar.

GIGITAN OSCAR TIDAK BERBAHAYA

Ikan Oscar bisa menggigit. Bahkan sebagian besar ikan memiliki kecenderungan untuk menggigit. Tetapi itu tidak berarti semua ikan dapat menyebabkan luka gigitan parah. Ikan Oscar adalah salah satu ikan yang gigitannya tidak perlu dikhawatirkan. Gigi mereka secara alami dimaksudkan untuk mencengkeram dan memproses mangsa mereka.

Juga, penting untuk diingat bahwa Oscar adalah ikan pengisap. Alih-alih menggigit dan mengunyah mangsanya, mereka akan membuka rahang dan menyedot makanannya.

Mengunyah dilakukan dengan rahang faring yang -sekali lagi- tidak akan dapat menimbulkan luka karena itu sama sekali bukan gigi. Jadi, kecuali lecet-lecet kecil, gigitan Oscar tidak dapat menyebabkan luka serius.

BUTUH OKSIGEN

Seperti hampir semua makhluk hidup, ikan Oscar butuh oksigen. Di habitat alami mereka, Oscar akan sering membuat gerakan melingkar di air. Ini membantu mereka mengambil oksigen dari permukaan air. Dalam kondisi seperti itu, Oscar akan tetap berada dalam air selama beberapa hari sebelum mereka muncul ke permukaan untuk mengambil lebih banyak oksigen.

Namun, situasinya bisa sangat berbeda di akuarium Anda. Jika Oscar Anda kekurangan oksigen, mereka pasti akan mati karena hipoksia. Salah satu solusi praktis di sini adalah memakai larutan hidrogen peroksida secara teratur agar air tetap teroksigenasi. Filter dapat menyuplai oksigen dan menggunakan pompa udara juga sangat penting untuk akuarium Anda.

PANDAI MELOMPAT

Alasan mereka melompat dan seberapa tinggi mereka melompat adalah masalah yang utama. Ada banyak alasan mengapa ikan Oscar melompat. Akuarium mungkin terlalu kecil untuknya dan ikan bisa merasa seperti terperangkap.

Oscar juga bisa melompat jika mereka terlalu bersemangat, meskipun ini adalah alasan yang kurang umum. Jika ikan Oscar tidak cukup tidur atau makan makanan yang tepat, mereka bisa melompat.

Lompatannya bisa cukup tinggi untuk melepaskan tutup akuarium Anda. Anda harus memasang tutup akuarium kuat-kuat untuk memastikan Oscar tidak melompat keluar.

infoikanterbaru.com

pluang.net

Author: admin