Fakta tentang Ikan Kalajengking berbisa

Ikan Paling Berbahaya di Dunia Ikan Batu
See the source image
Istilah Scorpion Fish mengacu pada ikan bersirip pari dikeluarga Scorpaenidae. Secara kolektif, mereka disebut rockfish atau stone fish karen mereka penghuni dasar yang disamarkan emnyerupai batu atau karang,Keluarga itu mencangkup 10 subfamilidan setidaknya 388 spesies.
Genera penting termasuk lionfish (Pteroi.sp) dan stonefish  (Synanceia sp) semua scorpionfish memiliki duri berbisa, memberi nama umum pada ikan tersebut. Meski sengatan bisa berakibat fatal bagi manusia, ikan tidak terlalu agresif, dan hanya menyengat saat terancam dan terluka.
Fakta singkat Ikan Kalajengking
      • Nama Ilmiah :Scorpaenidae ( spesies termasuk Pterois Volitans, Synaceia Horidda)
      • Nama Lain: Lion Fish, Stone Fish, Scorpion Fish, Rockfish, Firefish, Dragonfish, Turkeyfish, Stingfish, Butterfly COD.
      • Ciri-ciri yang membedakan : Tubuh terkompresi dengan mulut lebar dan duri punggung berbisa yang mencolok.
      • Rata-rata ukuran : dibawah 0,6 meter (2kaki)
      • Diet : Karnivora
      • Rentang hidup: 15 tahun
      • Habitat : Laut pesisir pantai, subtropis, subtropis diseluruh dunia.
      • Status Konversi : Sedikit Perhatian
      • Kerajaan: Animalia
      • Filum:Curdata
      • Kelas: Actinopterygii
      • Pesanan: Scorpaeniformes
      • Keluarga: Scorpaenidae
      • Fakta Menarik : Scorpionfish tidak agresif, mereka akan menyengat jika diancam
Ikan kalajengking memiliki tubuh yang terkompresi dengan punggung atau duri dikepalanya, 11 hingga 17 duri punggung dan sirip dada dengan sinar yang berkembang dengan baik, ikan itu bermacam-macam warna, LionFish berwarna cerah,sehingga pemangsa potensial dapat mengidentifikasikan sebagai macam.
Stonefish, sisi lain, memiliki warna belang-belang  yang menyamarkannya dengan bebatuan dan karang. Panjang rata-rata scropionfish dewasa dibawah 06 meter (2 kaki)
Sebagian besar anggota kelaurga Scorpaenidae hidup di Indo-Pasifik, tetapi yang masih hidup di seluruh dunia dilaut tropis dan  subtropis
tropis,  Scorpiionfish cenderung hidup di perairan pantai yang dangkal, Namun beberapa spesies muncul sedalam 2200 ( 7200kaki) . Mereka terkamuflase dengan baik terhadap terumbu, bebatuan, dan sendimen, jadi mereka mengahbiskan waktu didekat dasar pantai.
Ikan singa merah dan ikan singa biasa adalah spesies invasif di Karibia dan Samudra Atlantik di lepas pantai Amerika Serikat. Satu-satunya metode pengendalian yang efektif hingga saat ini adalah kampanye NOAA tentang “Lionfish sebagai Makanan”. Mendorong konsumsi ikan tidak hanya membantu mengontrol kepadatan populasi lionfish tetapi juga membantu melindungi populasi kerapu dan kakap yang ditangkap secara berlebihan.
Reproduksi dan Siklus Hidup
Ikan kalajengking betina melepaskan antara 2.000 dan 15.000 telur ke dalam air, yang dibuahi oleh jantan. Setelah kawin, orang dewasa menjauh dan mencari perlindungan untuk meminimalkan perhatian dari predator. Telur kemudian mengapung ke permukaan untuk meminimalkan predasi. Telur menetas setelah dua hari. Scorpionfish yang baru menetas, disebut fry, tetap berada di dekat permukaan sampai panjangnya sekitar satu inci. Saat ini, mereka tenggelam ke dasar untuk mencari celah dan mulai berburu. Scorpionfish hidup hingga 15 tahun.
Diet dan Berburu
Ikan kalajengking karnivora memangsa ikan lain (termasuk ikan kalajengking lainnya), krustasea , moluska, dan invertebrata lainnya . Seekor scorpionfish akan memakan hampir semua hewan lain yang dapat ditelan utuh. Sebagian besar spesies scorpionfish adalah pemburu nokturnal, sedangkan lionfish paling aktif di pagi hari.
Beberapa scorpionfish menunggu mangsa mendekat. Lionfish aktif berburu dan menyerang mangsa, menggunakan kantung renang bilateral untuk mengontrol posisi tubuh secara tepat. Untuk menangkap mangsa, ikan kalajengking meniupkan semburan air ke arah korbannya, membuatnya bingung. Jika mangsanya adalah ikan, pancaran air juga menyebabkannya mengarah ke arus sehingga menghadap ke scorpionfish. Menangkap kepala lebih dulu lebih mudah, jadi teknik ini meningkatkan efisiensi berburu. Setelah mangsanya ditempatkan dengan benar, scorpionfish menghisap mangsanya secara utuh. Dalam beberapa kasus, ikan menggunakan duri untuk membuat mangsanya pingsan, tetapi perilaku ini jarang terjadi.
Predator
Meskipun predasi telur dan burayak adalah bentuk utama pengendalian populasi scorpionfish secara alami, tidak jelas berapa persentase scorpionfish muda yang dimakan. Ikan dewasa memiliki sedikit predator, tetapi hiu, pari, kakap, dan singa laut telah diamati berburu ikan. Hiu tampaknya kebal terhadap racun scorpionfish.
See the source image
Scorpion tidak ditangkap dengan komersial karena resiko sengatan. Namun mereka bisa dimakan, dan memasak ikan dan menetralkan racunnya. ikan ini dapat dibuat sushi ikan ini,
Scorpionfish menegakkan duri mereka dan menyuntikkan racun jika mereka digigit predator.
Baca Juga: Sunting Pos ‹ infoikanterbaru — WordPress
Share:

Author: admin