Fakta menarik dari ikan piranha

Ikan Paling Berbahaya di Dunia Ikan Piranha
See the source image
 ikan-piranha merupakan salah satu jenis ikan kecil yang hidup di sungai-sungai besar yang ada di Amerika Selatan. Beberapa piranha bisa kamu temukan di danau dan sungai yang memiliki suhu hangat (dari Amerika Selatan hingga Kaptai Lake Bangaladesh).
Nama Piranha sendiri memilik arti kata “ikan gigi”, kata ini diambil dari bahasa asli amazon. Jumlah spesies piranha pun sangat beragam, antara 30-60 spesies piranha tersebar diseluruh sungai amazon.
Buat kamu pecinta ikan-ikan yang anti mainstream, kamu bisa cobain buat memelihara ikan yang satu ini. Tapi ingat, ikan ini sangat berbahaya! Kamu gak bisa meliharanya sembarangan. Butuh cara dan proses yang benar. Lalu? Seberapa bahaya sih ikan Piranha ini? Apa dia juga bisa makan manusia? Kalo kamu penasaran, kamu bisa lihat beberapa fakta unik mengenai ikan piranha dibawah ini. Langsung saja,cek it out!
  • Berat dan ukuran Piranha

See the source image

Ternyata tubuh pidanha bisa sampai panjang 5,5- 17 inchi loh, dan berat berkisar 7,7 kilogram,
meskipun ukurannya relatif kecil namun ikan ini sangat ganas bila sedang lapar atau sedang berkerumun.

See the source image

Banyak yang bilang bahwa piranha memiliki insting memangsa dengan mencium aroma darah. Namun, nyatanya, piranha hanyalah seekor hewan Omnivora yang memakan hewan dan tumbuhan.
Mereka biasanya makan hewan-hewan air lain seperti siput, tumbuhan, katak, ikan, tumbuhan, buah dan biji. Mereka juga sering makan hewan mamalia besar yang jatuh ke dalam air seperti burung dan kukang. Namun, kejadian kayak gini jarang terjadi. Kadang-kadang aja.
  • Gigi Piranha

See the source image

Gigi piranha sangatlah tajam dan runcing, giginya pun tersusun rapi dalam satu baris. Kekuatan gigitannya ini  bisa disamakan dengan kait yang terbuat dari perak.
  • Rahang piranha

See the source image

Tulang rahang mereka sangatlah kuat, bahkan mereka dapat menghancurkan tulang tangan manusia dalam waktu 5-10 detik. Sangat mengerikan.
  • Manfaat gigi piranhaSee the source image
Masyarakat setempat sering menggunakan gigi piranha ini sebagai bahan untuk membuat senjata dan alt lainnya. Tak hanya itu, piranha juga dilengkapi dengan organ khusus yang mampu mendeteksi aliran darah dalam air.
  • Piranha Kanibal

See the source image

Mereka akan menyerang piranha lain jika sumber makana sudah habis mulai habis, meskipun dalam mereka hidup dalam waktu beberapa detik. Meskipun mereka hidup dan memakan mangsa dengan berkelompok, namun sejatinya mereka butuh lebih banyak waktu untuk menghabiskan mangsa berukuran besar.
  • Kelompok dan musuh piranhaSee the source image
Kelompok piranha terdiri dari 1.000 ikan kelompok yang paling mereka musuhi adalah kelompok buaya, lumba-lumba dan kura-kura.
selain itu perkawinan ikan ini juga terjadi pada bulan april dan mei.
Disetiap perkawinan itu mereka bisa memproduksi lebih dari 5.000 telur dan 90% berhasil menetas serta mereka juga hidup di alam liar hingga 25 tahun lamanya.

 

 

Share:

Author: admin