FAKTA IKAN CUPANG

Ikan cupang

Di jaman modern ini siapa yang tak kenal dengan hewan ini, namun  mengenai fakta ikan cupang banyak yang belum mengetahui. Bentuknya yang unik terlihat indah dan imut membuat banyak orang menggemarinya. Salah satu fakta  Ikan cupang merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari genus betta. para pecinta ikan cupang telah membagi ikan tersebut menjadi tiga golongan, yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar. Ikan cupang hias sendiri terbagi menjadi bebrapa jenis diantaranya adalah Halfmoon, Crowntail, Double Tail, Plakat Halmfmoon, kemudian Giant.

Berikut ini merupakan beberapa fakta tentang ikan cupang :

fakta tentang ikan cupang

Banyak orang tidak mengetahui fakta terkait ikan cupang, jika diamati ikan cupang memiliki bebrapa keistimewaan diantaranya adalah

1. Memiliki Bentuk dan Warna yang unik

bentuk dan warna yang unik membuat ikan cupang semaikn banyak digemari oleh para pencinta ikan. Dengan ukuran sirip dan ekor yang cukup besar membuat ikan cupang semakin terlihat unik dan istimewa. Daya tarik dari ikan cupang itu sendiri dapat dilihat dari bentuk    yang dan warna yang unik.

2. Kemampuan bertahan hidup

Kebanyakan ikan rentan terhadap kondisi lingkungan air yang sedikit dengan kadar oksigen yang sangat minim. Namun lain halnya dengan ikan cupang. Ikan cupang dapat bertahan hidup meski dalam kondisi air sedikit dan minim oksigen. Bahkan ikan cupang dapat  hidup di air tanpa adanya sirkulasi undara.

3. Mudah dipelihara

Ikan cupang sangat mudah dipelihara hal ini dapat dibuktikan  dengan adanya fakta bahwa ikan cupang dapat bertahan hidup dalam kondisi air sedikit dengan oksigen yang minim dan bahkan dapat bertahan hidup dengan kondisi air tanpa sirkulasi udara.
Baca juga : Jenis – Jenis Ikan Hias

4. Negara asal ikan cupang 

Ikan cupang berasal dari Asia Tengga dan kemudian mendunia. Seluruh spesies ikan cupang berasal dari  Asia Tenggara, negara di dalamnya termasuk negara Tahiland, Laos, Kamboja, Vietnam,  dan termasuk Indonesia. Sejak jaman dulu ikan cupang sudah dipelihara dan saling diadu dalam sebuah pertarungan. Menurut Sejarah ikan cupang, sejak tahun 1800-an di Thailand pertarungan sangat popoler karena kepopulerannya tersebut  sehingga diatur secara resmi oleh Raja Tahiland yang pada masa itu memiliki sebutan Siam.
Karena keindahannya dan dapat diadu banyak orang memelihara ikan ini. ikan cupang dalam bahasa inggris sering disebut Siamese fighting fisth atau sekadar betta fish. Menurut sejarah nama ilmiah Betta ikan cupang diambil dari nama suku petarung yang berasal dari negara Asia.

5. Jenis Ikan yang Agresif

Ikan cupang merupakan ikan yang agresif khususnya ikan cupang jantan, ikan cupang jantan akan menyerang ikan cupang jantan lainnya pada saat masuk ke wilayahnya karena ikan cupang jantan merupakan ikan teritorial. Serangan ikan cupang jantan dapat menimbulkan luka-luka karena gigitan, dan tak hanya luka, banyak serangan ikan cupang jantan yang menyebabkan kematian.

Tak jauh beda dengan ikan cupang jantan. Ikan cupang betina pun termasuk ikan yang agresif namun tidak seagresif ikan cupang jantan. ikan cupang betina jarang bertarung dengan ikan cupang betina lainnya. ikan cupang betina hanya akan bertarung dengan ikan cupang betina yang coba mendekatinya.

6. Waktu Makan Ikan

Ikan cupang memiliki mulut yang terbalik. komposisi makan terbaik untuk ikan cupang adalah terdiri dari cacing darah kering, udang air asin dan daphnia. Makanan cupang komersial atau pelet paling baik karena menggabungkan ketiga makanan ini, selain vitamin dan mineral. Lingkungan yang penuh dengan tanaman berakar akan membuat ikan cupang tidak dapat bertahan hidup.Warna cemerlang  dan umur panjang pada ikan cupang di hasilkan dari makanan yang baik yang diberikan oleh sipemelihara.

 

Author: admin