CIRI CIRI IKAN KOI JANTAN&BETINA DAN IKAN KOI YANG SEDANG SAKIT

kali ini akan dibahas perbedaan antara jenis ikan koi jantan dan betina , begitu juga car membedakan jenis ikan koi yang sedang sakit karena unutk menambah pengetahuan kalian.

berikut adalah penjelasan ciri ciri ikan koi jantan dan betina begitu pula dengan ciri ciri jenis ikan koi yang sedang sakit :

A . Ciri-Ciri Ikan Koi Jantan Dan Betina

Saat kalian ingin memulai beternak atau mengembangbiakkan ikan koi ini, kamu pastinya akan mencoba untuk mencari yang mana ikan koi jantan dan betina untuk dikawinkan. Tentunya pemilihan ini adalah dasar untuk kamu memulai beternak ikan koi di kolam.

Bentuk Tubuh

Saat ikan koi mulai mencapai umur yang matang, biasanya tubuh mereka mencapai sekitar 25 cm di usia sekitar 3 tahun. Walaupun kedua faktor ini bervariasi, namun kebanyakan koi yang sudah matang bisa membedakan mana jantan atau betina.

Setelah mereka dewasa, ikan koi betina cenderung lebih gemuk ketimbang ikan koi jantan. Hal ini dikarenakan ikan koi betina membawa telur pada perutnya sehingga nampak lebih bulat. Sayangnya perubahan ini hanya terlihat pada saat mereka dewasa.

Bentuk Sirip

Perbedaan yang bisa dilihat dari ikan ini adalah dari siripnya. Walaupun perbedaannya tipis sekali, ini bisa menjadi faktor penentu untuk menentukan mana yang jantan atau betina.

Pada bagian siripnya di umur remaja menuju dewasa, kamu bisa melihat sirip ikan koi jantan di samping dekat kepala cenderung lebih runcing dan solid.

Cairan Perut Ikan Koi

Ini adalah cara yang menurut kita cukup ekstrim, namun bisa kamu pakai untuk membedakan antara ikan koi jantan dan ikan koi betina. Perbedaan ini terlihat dari cairan dalam perutnya yang keluar saat kita pencet.

Saat kalian memencet perut lalu ikan koi mengeluarkan cairan putih kental dari lubang anusnya, berarti bisa dipastikan ikan koi ini adalah berjenis kelamin jantan.

Sedangkan jika berjenis kelamin betina, ia akan mengeluarkan cairan berwarna kuning atau kotoran yang mempunyai tekstur kasar.

Itulah dia informasi mengenai ciri ciri ikan koi jantan&betina dan sedikit informasi mengenai ikan koi yang sedang sakit. Jika kalian sudah memahaminya secara detail, tentunya kalian sudah bisa mempelajari sedikit demi sedikit karakteristik ikan ini.

Apalagi kalian juga mengetahui ciri-ciri ikan koi jantan dan betina, sehingga kalian dengan mudah bisa mulai mengembangbiakannaya. Dengan begitu kalian bisa memulai untuk menternak ikan koi untuk kebutuhan bisnis.

B . Ciri Ciri Ikan Koi Sakit

Sebenarnya ikan koi sangat rentan terserang penyakit ,  oleh karena itu kalian harus memperhatikan kebersihan kolam atau akuarium tempat dimana koi itu hidup.

Terkadang juga perubahan cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi kondisi dari kesehatan ikan koi peliharaanmu, sehingga ikan koi mudah sekali terkena penyakit dari bakteri, parasit atau jamur yang tumbuh di sekitar kolam atau akuarium.

Berikut ciri ciri ikan koi sakit yang bisa kalian kenali.

  1. Ikan koi yang biasanya bergerak aktif kini menjadi lebih lambat dari biasanya atau cenderung pasif. Hal ini bisa menandakan bahwa ikan koi yang kalian pelihara sedang tidak sehat.
  2. Ciri ciri yang kedua adalah warna tubuh ikan koi terlihat pucat, dan muncul bercak-bercak kemerahan pada sisiknya. Hal itu bisa terlihat apabila ikan koi yang sakit kalian bandingkan warnanya dengan ikan koi yang sedang sehat.
  3. Sirip ekor koi menjadi rusak dan nampak layu. Terkadang kalian bisa melihat ujung sirip pada ikan koi terlihat layu dan terdapat bercak kemerahan. Hal itu menandakan bahwa ikan koi kalian sedang terserang penyakit.

Author: admin