CIRI CIRI IKAN KOI BERTELUR

Apakah kalian tahu Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling banyak diminati di dunia? Melihat fakta tersebut, tentu tidak heran jika membudidaya Ikan Koi menjadi bisnis yang paling menguntungkan bagi parapemiliknya.

Dengan warna yang cantik  , banyak orang yang sangat menyukai ikan hias ini sehingga mereka memutuskan untuk memelihara ikan hias ini.

Bagi para penggemar ikan hias pasti sangat tertarik untuk membudidayakan ikan koi ,  kalian harus tau ciri ciri ikan koi bertelur dan teknik pemijahannya.

2 hal tersebut merupakan tahapan yang paling penting dalam memelihara dan membudidayakan ikan hias tesebut.
Karena jika kalian berhasil maka kalian dapat menjadi peternak ikan hias yang yang menghasilkan keuntungan besar.

A.Ikan koi bertelur ? beginilah caranya

Ikan koi adalah ikan hias yang memiliki yang sangat memiliki harga tinggi di pasaran , terutama yang berkualitas premium.
Karena harganya yang sangat mahal , maka akan menjadi sebuah keuntungan bagi kalian yang berhasil merawat ikan hias sampai bertelur.

Perlu kalian ketahui Ikan Koi betina dewasa yang beratnya 1 kg dapat menghasilkan sekitar 50 – 100 ribu butir telur.

Jadi , jika berat ikan koi 3kg , maka kemungkinan besar akan menghasil kan 200 – 300 butir telur atau lebih yang dihasilkan oleh ikan koi betina dalam sekali bertelur.

Kalian pasti belum tahu bagaimana ciri-ciri Ikan Koi yang sedang bertelur bukan?

Berikut adalah ciri ciri ikan koi yang sedang bertelur:

1.Perut membesar dan terlihat empuk

Sama dengan jenis jenis ikan pada umumnya , ikan koi yang sedang bertelur memiliki perut buncit dan sangat terasa empuk saat dipegang.

Jika kalian lihat ada tonjolan yang tumbuh di perut Ikan Koi betina dewasa dalam waktu 20-40 hari, kemungkinan ikan tersebut sedang bertelur.

Dalam perkawinan ikan koi , biasanya betina dewasa ikan koi dapat menghasilkan ratusan ribu telur yang siap untuk menetas.

2.memiliki corak warna tubuh yang berbeda

Untuk tahap ini kalian harus melihat perubahan fisik pada warna tubuhnya , dari segi fisik memang mudah di bedakan karena tampak menonjol pada bagian perut.

Ikan betinda yang sedang mengandung pasti akan memiliki bintik bintik berwarrna merah atau hitam di perut ikan dekat dengan lobang angin.

3. Sering menempel di tumbuh tumbuhan atau benda lain nya

Telur ikan koi memiliki sifat adhesif atau menempel. Ikan koi biasanya akan bertelur dan telurnya akan menempel di tanaman atau di benda benda lain nya.

Kalian dapat memperhatikan kebiasaan ikan koi yang satu ini untuk mengetahui apakah ikan koi sedang bertelur atau tidak.

4. Usia ikan koi 1,5 – 2 tahun

Ikan koi sebenarnya sudah bisa menghasilkan telur pada umur 7bulan , hanya saja belum pantas untuk dikawinkan.
Maka dari itu kalian harus menunggu ikan koi berusia 1,5 – 2 tahun krena pada waktu tersebut , ikan koi siap dikawinkan agar dapat menghasilkan telur telur yang berkualitas.

untuk proses perkawinan, sebaiknya dilakukan setahun sekali. Yakni pada musim kawin di bulan april hingga juni agar kalian mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal.

Waktu tersebut adalah saat yang paling ideal untuk mengawinkan ikan koi yang kalian budidayakan. Tapi , jika tujuan kalian membudidaya untuk komersial, maka kalian dapat mengawinkan ikan koi dewasa setahun 2 kali.

Berikut penjelasan ciri ciri ikan koi bertelur , apa kalian berniat untuk membudidayakan ikan koi ?

Author: admin