CIRI CIRI IKAN CUPANG BETINA

Kali ini kita akan membahas tentang ciri ciri ikan cupang betina yang memiliki keunikan untuk dibahas karena berbeda dengan jantan.

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang memiliki daya tarik besar bagi para pecinta ikan hias untuk dipelihara.

Cupang betina memiliki keunikan dari pada cupang jantan , cupang betina dapat kalian amati dari fisiknya dan tingkah lakunya.

Cara mengetahui ciri-ciri ikan cupang betina secara umum dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, Kalian bisa melihat penampilan fisik cupang betina yang cukup kasat mata.

Kedua, ikan cupang betina juga memiliki beberapa tingkah laku yang dapat diperhatikan. Misalnya ciri ciri saat cupang ingin bertelur siap kawin, dan sebagainya.

kedua hal ini baru dapat dilakukan ketika ikan cupang agak dewasa, setidaknya sudah berusia dua bulan atau berukuran 2 cm di mana perbedaan ikan cupang betina dan jantan mulai terlihat jelas.

Berikut adalah ciri ciri ikan cupang betina :

1. Corak Warna

Pilihan warna dan corak pada ikan cupang betina cenderung  kurang bervariasi dan terlihat kusam, tidak secerah apabila dibandingkan dengan ikan cupang jantan.

Walaupun begitu, tidak semua ikan cupang betina memiliki warna kusam. Ikan cupang betina dapat berwarna kusam dan lebih gelap apabila sedang mengalami stres.

2. Garis Vertikal

Salah satu ciri ikan cupang betina siap kawin adalah munculnya garis vertikal di sepanjang tubuh mereka. Garis vertikal ini tidak dapat ditemukan pada jenis ikan cupang jantan.

3. Bentuk Tubuh

Secara umum, ikan cupang betina memiliki karakteristik bentuk tubuh yang terlihat lebih pendek, tebal, dan agak melebar.

Sementara ikan cupang jantan memiliki tubuh yang memanjang dan lebih pipih. Jika disandingkan dengan ikan cupang jantan, mereka akan terlihat gemuk dan pendek.

4. Bentuk Sirip Dan Ekor

Ciri-ciri ikan cupang betina lainnya dapat dilihat dari ukuran sirip dan ekor yang lebih pendek dibanding beberapa jenis ikan cupang hias jantan, seperti cupang halfmoon atau cupang rosetail.

Ukuran sirip caudal atau ekor pada ikan cupang jantan bahkan bisa 3-4 kali lipat yang dimiliki oleh cupang betina, lho.

Hal ini juga bisa dilihat dari bagian sirip ventral yang berada di bawah insang, di mana ikan cupang betina memiliki ukuran lebih pendek dan tipis ketimbang ikan cupang jantan.

5. Lubang Telur

Ikan cupang betina dewasa akan menampilkan lubang telur yang terletak di antara sirip ventral dan sirip anal di bagian bawah tubuhnya.

Lubang telur ini adalah ovipositor yang berfungsi untuk melepaskan telur saat musim kawin. Bentuk ovipositor pada cupang betina berupa titik kecil putih yang cukup mudah untuk diamati.

 

Itu adalah ciri ciri dari ikan cupang betina untuk kalian ketahui.

Author: admin