CIRI CIRI IKAN BAWAL YANG HARUS DIKETAHUI

Kali ini akan kita bahas ciri ciri ikan bawal yang banyak sekali orang tidak mengetahui nya dan tidak bisa membedakan nya.

Ikan Bawal adalah jenis ikan dari spesies keluarga Bramidae yang habitat aslinya berasal dari sungai Amazon Brazil.

Karena penyebarannya yang sangat cepat, ikan bawal bisa kalian temukan di berbagai tempat di dunia, termasuk di seluruh penjuru Indonesia.

Karena bentuk dan jenisnya yang masuk ke dalam kategori karnivora seperti ikan piranha, banyak orang yang tidak tahu apa jenis ikan apa yang ada di hadapan mereka. Karena memang ciri fisik dan karakteristik dari kedua ikan ini sangat mirip.

Akan tetapi, sebenarnya cukup mudah untuk kalian mengidentifikasi ikan bawal dari ciri fisik pada seluruh badannya.

Kebetulan, kali ini kita akan membagikan ciri-ciri ikan bawal lengkap dengan gambarnya. Simak lebih lengkap artikel berikut ini.

1. Ikan Bawal Memiliki Bentuk Badan Oval

Pertama tama , cara mengidentifikasi ikan bawal bisa dimulai dari melihat bentuk badannya yang oval dan cenderung pipih. Oval dan pipihnya bentuk badan ini menjadikan perbandingan antara tinggi dan panjang ikan bawal 1:2.

Bila panjang badan ikan bawal sekitar 30cm, maka bisa dipastikan tinggi ikan bawal sekitar 15cm. Untuk kalian yang sering makan ikan bawal di warung nasi Padang mungkin akan lebih mudah membayangkan bagaimana perbandingan bentuk badan oval dan pipih ikan bawal.

2. Warna Merah Pada Bagian Sirip

Setiap ikan bawal, baik jantan maupun betina sering kali ditemukan warna merah yang menghiasi sirip ekor, sirip perut, dan sirip anusnya. Berbeda dengan ikan piranha yang memiliki warna putih pada bagian sirip ekornya.

Pada umur tertentu, ikan bawal yang belum memasuki usia remaja/dewasa, kerap tidak ditemukan warna merah pada beberapa bagian sirip tersebut.

Jangan khawatir, masih ada cara lain untuk mencari ciri-ciri ikan bawal yang lebih akurat di bawah ini.

3. Warna Lebih Gelap Dibandingkan Ikan Piranha

Selain warna merah pada bagian sirip, keseluruhan warna badan ikan bawal pun cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan ikan piranha.

Warna ikan bawal lebih gelap karena pada dasarnya ikan piranha memiliki warna merah silver yang lebih mencolok lengkap dengan corak bintik-bintik pada sekujur badannya.

4. Garis Hitam Pada Bagian Sirip Ekor

Ikan bawal adalah ikan yang memiliki 5 buah sirip dalam badannya, yaitu punggung, dada, anus, perut, dan ekor. Bila kamu perhatikan dengan seksama, maka kamu bisa menemukan adanya garis hitam yang lurus pada bagian pangkal sirip ekornya.

Ciri-ciri ikan bawal yang satu ini dinilai cukup akurat oleh kebanyakan penjual ikan di pinggir jalan dan pembudidaya yang sudah lama mengembangkan bisnis ikan bawal.

5. Kepala Kecil Dan Gigi Tajam Dengan Rahang Yang Pendek

Sama halnya karakteristik dari kepala dan gigi antara ikan bawal dan ikan piranha. Kedua-duanya memiliki ukuran kepala yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran badannya.

Di dalamnya mulutnya, ada deretan gigi tajam yang digunakan untuk mencincang mangsanya.

Namun, sebenarnya rahang dari ikan bawal ini tidak sepanjang ikan piranha yang kerap kali membuat giginya selalu terlihat dengan jelas dan mengerikan.

6. Gerakannya Lambat

Sekarang, kalian saksikan ikan bawal kalian berenang bersamaan dengan ikan lainnya, seperti lele dan gurame.

Perhatikan dengan seksama, maka kalian akan mendapati gaya berenang ikan bawal akan jauh lebih lambat dibandingkan dengan ikan lainnya.

Hal ini dikarenakan oleh bentuk tubuhnya yang oval dan pipih membuat setiap gerakan renangnya tidak bisa lebih cepat.

Author: admin