CARA MERAWAT IKAN KOI HIAS DI AKUARIUM

 

Merawat ikan koi di akuarium sanggat berbeda dengan merawat ikan koi di dalam kolam , karena merawat ikan koi di dalam akuarium sedikit lebih mudah dari pada menrawat ikan koi dalam kolam.

Ikan koi yang dirawat di akuarium biasanya tidak terlalu banyak jumlahnya karena akan mengakibatkan ster dan kematian pada ikan koi

Untuk jumlah ikan yang banyak  biasanya membutuhkan akuarium yang lebih besar.

jika kalian ingin merawat ikan koi dengan jumlah sedikit kalian harus memiliki akuarium cukup dengan ukuran saja dengan jumlah ikan yang kalian pelihara.

untuk mengetahui cara merawat ikan koi di dalam akuarium mari kita bahas lebih lanjut.

berikut adalah tata cara merawat ikan koi di dalam akuarium

1. Menyiapkan akuarium

Akuarium adalah barang utama yang harus kalian miliki. Jika kalian ingin memelihara di dalam rumah pasti kalian harus memiliki akuarium terlebih dahulu bukan?

Jika kalian ingin memelihara ikan dengan jumlah banyak biasanya kalian harus memiliki akuarium yang lebih besar agar ikan tidak terdesak desak dan mudah bernafas.

Namun , jika kalian ingin memelihara ikan dengan jumlah yang sedikit. Kalian hanya memerlukan akuarium yang sedang saja.

2.pompa air

Ada berapa ikan koi yang kalian pelihara? jika lebih dari 3 ekoor akan lebih baik kalian menggunakan pompa air yang befungsi untuk oksigen ikan koi.

Pompa air sangat penting untuk kehidupan ikan koi di dalam akuarium karena untuk menambahkan daya tahan tubuh ikan koi juga sangat bagus untuk menambah oksigen.

Jika kalian tidak menggunakan pompa air , maka kerugian dan resiko yang akan kalian terima adalah ikan menjadi stres dan mudah mati.

3.Perhatikan ikan koi agar tidak hidup di asquape

Ikan koi sangat berbeda dengan ikan lainnya karena koi tidak bisa hidup bersanding dengan asquape ataupun tumbuhan lainnya.

Memang menambah hiasan di dalam akuarium dengan asquape akan lebih terlihat sangat cantik , namun itu juga bisa membuat ekor ikan koi rusak

bukan cuma ekor ikan koi yang rusak namun ikan koi juga bisa merusak tanaman tanaman yang ada di dalam akuarium , karena ikan koi memiliki sifat yang memakan tanaman.

4.pemberian makan yang berkualitas

Ada banyak merek makanan ikan koi yang terjual di pasaran , namun ikan koi tidak bisa memakan semua merek makanan  yang di jual di pasaran.

Biasanya ikan koi harus memakan makanan yang memiliki nutrisi yang baik dan protein yang sangat tinggi , biasanya merek makanan ikan yang di pakai adalah CP KOI

CP KOI mengandung protein sebanyak 35% dan lemak sebanyak 5% , maka itu jadi pilihan utama pemelihara untuk diberikan kepada ikan koi.

5.Peratuan memberi makan ikan koi

Ikan koi memang terlihat sangat gemuk , tapi bukan berarti karena  ikan koi makan banyak. karena makanan bukan pokok utama untuk membuat ikan koi menumbuhkan tubuhnya.

pemberian ikan yang teratur biasanya akan membuat ikan koi lebih baik untuk kesehatan nya , apabila berlebihan makan ikan koi akan terlihat stres karena makaan tersebut akan membuat air di akuarium menjadi kotor.

6.Pengaturan suhu

Biasanya suhu yang di pakai untuk merawat ikan koi adalah 18-24 derajat celcius

Apabila suhu yang digunakan dibawah 18 derajat celcius maka akan membuat ikan muda stres dan cepat mati karena  ikan akan membeku jika berada pada suhu tersebut.

akan lebih baik ikan tersebut berada pada suhu 20 derajat celcius agar mereka merasa lebih nyama untuk hidup di dalam akuarium

7.Lampu untuk mengganti sinar matahari

Sama dengan merawat ikan koi di dalam kolam pasti membutuhkan sinar matahari.

karena sinar matahari bisa membuat gaya berenang ikan koi lebih baik dan membuat warna ikan koi jadi lebih cantik.

maka dari itu kalian bisa menambahkan  akuarium dengan lampu warna warni.

karena tidak mungkin kalian menaruh akuarium yang berisikan ikan koi di bawah sinar matahari bukan?

sebagai ganti sinar matahari kalian bisa menambahkan nya dengan lampu warna warni agar ikan terlihat cantik dan tidak mudah stres yang berujung dengan kematian.

 

sampai sini apa kalian berniat untuk memelihara ikan koi untuk menambah hiasan di dalam rumah kalian?

 

Author: admin