CARA MERAWAT IKAN KOI DIKOLAM

 

Ikan koi adalah ikan yang sangat digemari oleh kebanayakan orang , karena ikan ini bissa menyembuhkan alzheimer. Ikan koi juga dapat menambah kecantikan halaman rumah.

Tapi kamu harus tau terlebih dahulu cara merawat ikan koi yang benar dan  baik agar ikan tidak mudah sakit dan mati. Untuk itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara merwat ikan koi yang baik.

perawatan koi dimulai dari pemberian makan di waktu pada ikan , pearawatan kolam yang bersih dan ikan koi juga harus bersama kawanan nya.

apabila ikan koi dicampur dengan ikan yang lebih aggresif , maka akan membuat ikan koi strees dan cepat mati.

berikut ini saya akan memberi tahu cara merawat ikan koi yang tepat dan benar:

1.Siapkan kolam

Pertama – tama kita harus menyiapkan kolam dengan beralaskan beton yang sudah di padatkan dengan semen dan jika kolam sudah terbentuk akan lebih indah diliat jika kita hias dengan cat berwana agar lebih terlihat seperti di lautan luas.

kolam tersebut minimal memiliki panjang  8m dan lebar 2,5m, dan kelaman nya kalian bisa menggali hingga 80cm.

2.Penuangan air ke kolam

Jika kolam sudah siap dan dan kering setelah dicat. sekarang saatnya memasuki air , dan biarkan air ini di endapkan dulu selama 24jam atau 1hari setelah pemsukan airnya.

Untuk pengendapan ini bertujuan agar kolam terhindar dari zat zat kimia yang ada pada semen dan cat nya. Jika sudah 24jam pengendapan maka ikan baru bisa untuk dimasuki ke dalam kolam.

3.pemasukan induk koi

Induk yang berkualitas biasanya akan lebih baik untuk dimasuki ke dalam kolam agar menghasilkan benih benih ikan yang terlihat cantik untuk menambah hiasan di dalam kolam

Induk Induk yang cantik biasanya dilihat dari umur , tubuh yang ideal , cara berenang dengan tenang , warna yang bersinar dan cantik , dan tidak ada sedikit luka di badan ikan

Jika ingin lebih indah kalian harus mengetahui jenis jenis ikan koi yang ingin klian pelihara agar tidak menjadi penyesalan nantinya.

4.gunakan aliran air di sekeliling kolam

hal ini tidak terlalu penting karna banyak orang yang merawat ikan ini tidak menggunkan aliran air agar tidak terlalu rumit. Namun , apabila kalian ingin kolam dan perwatan ikan koi terlihat cantik akan lebih baik kalian buat aliran air di kolam.

karena jika kalian tidak menggunakan aliran air , kalian akan cape untuk menguras air kolam setiap 2 minggu sekali. maka disarankan untuk membuat aliran air agar kalian tidak perlu cape cape lagi untuk merawat ikan koi.

selain tidak menguras banyak tenaga , kalian juga tidak menguras banyak uang untuk mengganti air .

kemungkinan ini akan mempercantik pemandangan kolam dan ikan apabila di sandingkan dengan aliran airnya.

5. Jumlah ikan koi dalam satu kolam

untuk ini kalian harus lebih memperhatikan karena jika salah akan berakibat fatal dan membuat ikan mati jika kalian terlalu banyak menaruh ikan koi.

biasanya untuk ikan koi yang ada di dalam kolam berkisar 300 ekor dengan ukuran tubuh yang tidak terlalu besar , biasanya ukuran ikan nya 30-40cm.

apabila dipaksakan untuk memelihara lebih akan menimbulkan kerugian maka dari itu kalian ukur sesuai dengan ukuran kolam saja.

6.memerlukan sinar matahari

biasanya ikan koi membutuhkan sinar matahari agar gaya berenang mereka teratur , tidak mudah stres dan bisa tumbuh besar jadi ikan koi akan terjual dengan harga mahal.

dan sinar matahari juga dapat membuat ikan terlihat cantik , bersinar , dan banyak orang bilang sinar matahari bagus untuk kessehatan makhluk hidup . Lagi pula sinar matahari adalaha salah satu energi yang tidak perlu kalian beli lagi , jadi usahakan kolam nya tersinar oleh matahari.

 

tidak serumit apa yg dibayangkan untuk memelihara ikan koi , bukan ? sampai sini saya jelaskan apa ada yang berniat untuk memeihara ikan koi ?

 

Author: admin