CARA MERAWAT IKAN DISCUS DI AKUARIUM

 

ikan discus merupakan ikan yang memiliki nama latin Symphysodon. Ikan ini termasuk salah satu jenis dari ikan tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Brasil.

Ikan hias ini biasanya ikan yang banyak dipilih oleh para penggemar untuk mengisi akuariumnya.

Banyak sekali orang yang ingin memelihara ikan discus karena warna yang begitu menarik dan bentuknya yang sangat menggemaskan. Tidak heran ikan discus banyak diminati oleh para penggemarnya.

apakah kalian semua tahu cara merawat ikan discus seperti apa?

Yang baru memelihara ikan discus harus banyak memperhatikan untuk merawatnya , apabila salah dalam melakukannya bisa berdampak pada kematian pada ikan . Sebab, dalam perawatannya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, sehingga harus memahaminya.

berikut adalah penjelasan untuk merawat ikan Discus agar tetap terlihat cantik :

1. Pengaturan suhu

Ikan discus adalah ikan hias air tawar yang bisa kalian campur dengan jenis ikan lainnya, tetapi harus dengan satu air yang sama dan suhunya jelas.

Yang penting kalian tidak mencampurkan ikan yang terlalu agresif, karena akan membuat ikan discus stres dan kesulitan untuk beradaptasi. Wajib untuk menjaga suhu pada aquarium yang bersuhu 28° C hingga 31° C.

Jika kalian memberikan kondisi air yang terlalu panas dan tidak mengukurnya terlebih dahulu,  bisa menyebabkan kondisi ikan lemas yang berujung kematian.

untuk itu kalian harus benar – benar memperhatikan agar ikan terhindar dari kematian lebih cepat ,  maka dari itu kalian harus lebih mempelajari langkah awal dalam memelihara ikan discus dan kalian tidak boleh asal memindahkan tanpa tau caranya untuk mengganti air di akuarium.

2.Kualitas air

kalian harus meperhatikan kualitas airnya apabilah salah memasukan kualitas air maka ikan akan susah untuk beradaptasi , kualitas air yang kalian pakai harus mempunyai kualitas sekitar 6,6 pH.

Jangan pakai air yang kualitas pH nya melebihi dari yang disarankan agar ikan tetap lebih baik berada pada akuarium, dan juga jangan sampai kurang pH nya karena tidak baik untuk ikan discus.

Saran ini sangat penting agar perawatan ikan discus tetap hidup dan tidak cepat mati , apalgi untuk pemula kalian harus perhatikan lebih lanjut jika ingin memelihara ikan discus.

Jika kalian tidak mau repot biasanya toko penjual sudah menyediakan untuk pembelian air dengan kualitas terbaik agar ikan discus dapat beradaptasi dengan baik.

3.Nilai kesadahan air

merawat ikan discus memang sedikit aga rumit karena ada banyak peraturan yang harus kalian pelajari untuk merawatnya agar ikan tidak cepat mati.

kalian harus memperhatikan kesadahan air nya. Nilai kesadahan air yang tepat untuk merawat ikan discus 1-7 dH atau 40-70 mg/l CaCO3.

Ini sangat penting unutk kalian ketauhi agar ikan tetap hidup , dan tidak sembarangan untuk merawat ikan ini karena memang aga rumit untuk merawat ikan discus

Jika kalian tidak memahami cara merawat ikan discus dengan baik , akan menjadi sebuah kerugian. karena harga ikan ini bisa dibilang tidak murah dan cenderung sedikit mahal harganya

4.Ganti Air

Bagian ini kalian harus disiplin , apabila kjalian salah dalam melakukan nya akan berakibat fatal dan bisa menyebabkan kematian pada ikan discus.

Usahakan untuk airnya di ganti setiap minggunya dengan 60% dari kostratnya , proses ini untuk mengurangi nitrat dan mengisi niteral untuk sumber kehidupan si ikan yang lebih bersih.

Jika kalian tidak rutin atau malas untuk mengganti air di akuarium akan berdampak pada kematian untuk ikan discus , karena ikan discus merupakan ikan yang mudah peka dengan adanya armonia

apabila kalian tidak rutin mengganti airnya akan berdampak pada penurunan warna ikan nya dan bisa membuat berat pernafasan untuk ikan discus

maka dari itu untuk menjaga warna tetap cantik dan ikan tidak mati hal ini sangat penting untuk dipahami.

5. Menambahkan kayu  manis

Untuk merawat ikan discus kalian dapat menambahkan kayu manis pada akuarium kalian , karena itu akan membuat ikan merasa berada di habitatnya.

karena asal dari ikan ini di temukan yaitu di sungai amazon terdapat banyak kayu kayu patah di atas sungai nya

jika kalian menambahkan kayu manis akan mempercantik penampilan akuarium dengan adanya kayu dan mengurangi kadar air agar tidak cepat kotor.

 

 

Author: admin