CARA MERAWAT IKAN CUPANG YANG BAIK DAN BENAR

Ikan cupang merupakan ikan yang sedang naik daun saat ini. Ikan kecil nan mungil ini berlomba – lomba di perlihara banyak orang untuk sekedar hiasan maupun koleksi. Semakin cantik warna dan corak si ikan mungil ini, semakin mahal juga harganya. Nah, walaupun terkesan kecil tapi perawatan ikan cupang butuh perhatian khusus loh. Kalian tidak bisa sembarang memelihara ikan ini karena akan ini ikan yang rentan stress. Lalu bagaimana dong cara agar si mungil ini senang kita pelihara? Tenang saja, kita akan menjelaskan bagaimana anda dapat merawat ikan cupang dengan baik dan benar.

PERHATIKAN JENIS AIR YANG KAMU GUNAKAN

Air yang menjadi media penampung ikan cupang sehari – hari harus sobat perhatikan secara seksama loh. Dengan wadah yang memadai, air yang teradapat disana harus bersih dan juga jernih. Air pam atau air sumur bisa menjadi pilihan bagus untuk hal ini.

Tapi, kami sarankan untuk mengendapkan air tersebut selama semalaman terlebih dahulu guna mensterilkan air tersebut. Ikan cupang rentan terhadap apa yang namanya kimia, jadi ada baiknya kita menghilangkan kimia tersebut bukan?

Perlu dicatat juga air cupang harus dihindari dengan klorin akuarium karena senyawa kimia tersebut dapat mengancam hidup cupang.

PILIHLAH WADAH YANG COCOK

Setelah kalian selesai dengan masalah air si ikan cupang, sekarang kita akan ber alih ke wadah tempat ia tinggal. Karena ikan ini bersifat individual, kami menyarankan menggunakan wadah kecil daripada aquarium yang besar.

Selain menghindari konflik sesama cupang, wadah kecil juga membantu anda dalam hal membersihkan tempat tinggal si cupang. Kami merekomendasikan sobat menggunakan wadah berukuran 20x15x15 atau bisa juga 30x15x20.

JANGAN MALAS BERSIHKAN KANDANG SI CUPANG

Ini tentu saja menjadi hal penting dalam keberlangsungan hidup si cupang dan kebahagiannya. Kandang yang bersih membuat cupang ini senang dan juga sehat. Maka dari itu, seperti yang sudah kami katakan di atas lebih baik sobat gunakan wadah yang kecil.

Untuk masa pembersihan wadahnya, si cupang akan senang bila dibersihkan 2 – 3 hari sekali. Cukup ganti air dan bersihkan kotoran yang menempel pada kandang si ikan cupang. Jika sudah dirasa bersih, isilah kembali wadah dengan air endapan dan masukan lagi ikan cupang kamu!

BERIKAN DAUN KETAPANG

Kok daun ketapang sih? Daun ketapang jika yang dimasukan kepada air akan berubah menjadi antibiotik yang bikin luka – luka si ikan cupang sembuh. Selain itu daun ini juga membantu menormalkan ph yang terdapat di air.

Jangan kaget bila daun ketapang dimasukan dan air menjadi keruh. Hal ini menandakan daun tersebut bagus dan bekerja. Untuk jenis daunnya sendiri, kami menyarankan daun yang berasal dari pesisir pantai.

 

Share:

Author: admin