CARA MERAWAT IKAN BAGI PEMULA

Ikan mas koki dan banyak juga yang menyebutnya ikan koki atau ikan buncit. Asal muasal ikan ini adalah dari negeri china  dan merambat ke jepang sobat. Setelah dari jepang baru ikan koki merambah ke seluruh dunia dan Indonesia Ikan koki memiliki postur tubuh yang bulat dan ekor yang indah. Terkadang kita berfikir bahwa ikan koki adalah ikan mas, ternyata  mereka masih berkerabat sobat fish lover. Jika kamu ingin merawat ikan koki maka kamu harus memperhatikan sejumlah perawatannya. Kalau tidak ikan koki kamu bisa mati dan memiliki banyak penyakit. Bagaimana cara merawat ikan koki agar bertumbuh besar dan cepat. Agar lebih jelas mari kami jelaskan tips memelihara ikan koki agar tumbuh sehat.

PAKAN IKAN KOKI AGAR CEPAT TUMBUH BESAR

Cara merawat ikan koki

●      Siapkan aquarium yang memadai

  Dalam memilih akuarium kita tidak boleh sembarangan memilih lho. Karena ikan koki sulit untuk bertambah besar jika didalam aquarium yang kecil. Pada dasarnya ikan koki membutuhkan 38 liter per satu ikannya sobat. Tetapi hal itu tidak perlu terlalu dipikirkan karena kita pemula. Maka yang harus kita perhatikan adalah kualita air di dalam akuarium tersebut

●      Kualitas air

Hakekatnya ikan bernapas menggunakan insang yang dimana air adalah sumber kehidupan untuk si ikan. Kualitas air yang baik untuk ikan koki adalah memiliki ph sekitar 7.0 sampai 8.0. Suhu air di dalam aquarium tidak boleh terlalu dingin.Jika kamu hidup didaerah yang dingin kamu bisa menggunakan heater sebagai penghangat suhu air. Air yang digunakan harus bebas dari zat – zat berbahaya yang bisa menyebabkan ikan sakit. Untuk itu sebaiknya air diendapkan terlebih dahulu selama 1 x 24 jam atau 1 hari.

●      Filter atau penyaringan

Dalam menjaga kualitas air kita harus memiliki sistem filter yang bagus sobat. Memelihara ikan koki bukan hanya sekedar memberi makan saja tetapi harus memperhatikan kualitas air. Air yang bersih dapat mengurangi resiko ikan menjadi sakit sobat. Lebih bahaya lagi kalau tidak memakai filter sama sekali lho. Kotoran dari si ikan akan menumpuk dan menyebabkan kadar amoniak tinggi. Kadar amoniak yang tinggi bisa membuat ikan mati mendadak lho. Kasian kan kalau ikan kita tiba – tiba mati.

●      Pakan

Ikan koki memerlukan pakan yang  bagus untuk menunjang kebutuhan nutrisinya. Ikan koki membutuhkan pakan yang memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi. Protein yang tinggi akan mempercepat pertumbuhan ikan yang membuat ikan menjadi bulat. Lemak yang tinggi membantu mempercepat pertumbuhan jambul. Pakan yang bisa diberikan adalah pelet (pakan buatan) dan pakan alami seperti cacing sutra. Keduanya memiliki keunggulannya masing – masing. Pelet lebih mudah disimpan dan diberikan dibanding cacing yang tidak bertahan lebih dari 3 hari. Tapi itu tergantung kalian sobat mau pelet atau cacing sama – sama bagus kok untuk pertumbuhan si ikan.

●      Siapkan aerator

Aerator memiliki peran penting dalam bernafasnya ikan sobat. Dengan menggunakan aerator kita bisa membuat kadar oksigen di dalam aquarium bertambah aerator bisa digunakan dan diposisikan dimananya saja. Gelembung kecil yang keluar dari batu aerator membuat nilai tambah untuk yang melihatnya lho. Bagaimana mau coba pakai aerator tidak fish lovers ?

Tunggu apa lagi disini kita sudah menjelaskan cara merawat ikan koki bagi pemula. Langsung praktekan saja dirumah . Semoga ikan koki kamu tumbuh sehat dan besar ya sobat. Jangan lupa tips yang mimin berikan.

Baca juga : FAKTA UNIK TENTANG IKAN OSCAR

Author: admin