CARA MERAWAT IKAN ARWANA

 

Bagi para pecinta ikan arwana , memiliki ikan ini adalah merupakan kebahagiaan dalam hidupnya. Tak tanggung tanggung mereka rela menghabisakan dana dengan jumlah yang fantastis.

Walaupun ikan arwana tidak bisa diajak bermain seperti anjing atau kucing , tapi kebanyakan orang bilang ikan ini membawa keberuntungan.

Harga ikan arwana terbilang sangat fantastis dikarenakan species ikan ini yang terancam  hampir punah dan sangat sulit untuk di bidudayakan

Makannya harus melakukan penanganan yang khusus agar menjaga kualitas ikan ikan arwana dan membuat ikan ini umur yang panjang untuk hidup.

kali ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat ikan arwana agar tetap hidup di ruangan sebagai hiasan di dalam rumah kalian dengan baik.

Berikut adalah tata cara merawat ikan arwana:

A.Cara merawat ikan arawana agar warna bagus dan berumur panjang

Ikan arwana biasanya tergolong ke dalam jenis hewan yang memiliki umur panjang.

Dengan tempat tinggal yang sesuai dan asupan makan yang teratur , dan umur ikan arwana bisa dibilang sangat lama yaitu sekitar 20tahun an. Lebih lama dari hewan hewan lainnya.

Bahkan ada beberapa ikan arwana yang bisa hidup sampai dengan umur 50 tahun lebih lama daripada ikan ikan hias lainnya maka ikan ini tergolong sangat mahal.

Berikut tips dan cara merawat ikan arwana:

1.Siapkan akuarium

Bukan cuma untuk tempat tinggal nya saja , kalian juga harus menghiasi akuarium ikan arwan agar warna ikan terlihat sangat bagus dan ikan tidak mengalami stres.

Ada beberapa aspek keamanan dan kesehatan yang harus kalian ketauhi untuk keberlangsungan hidup ikan arwana di dalam akuarium , seperti :

  • Ikan arwana yang sudah memiliki tubuh yang sangat besar biasanya harus menggunakan akuarium dengan ukuran yang memungkinkan ikan untuk bergerak bebas.Jenis ikan arwana besar seperti ikan arwana amerika selatan biasanya menggunakan akuraium yang berukuran 180 x 76 x 60 cm
    Namun untuk jenis ikan arwana yang ukuran nya kecil seperti ikan arwana asian dan australia hanya membutuhkan akuarium dengan ukuran 120 x 60 x 60 cm.
  • Akuarium untuk ikan arwana harus menggunakan kaca yang sangat tebal. Dikarenakan ikan arwana memiliki tenaga yang sangat kuat , Untuk ukuran bisanya 12mm.
  • Menyediakan penutup akuarium untuk mencegah agar ikan arwana tidak meloncar keluar akibat insting nya dalam mencari mangsa.
  • Lapisi penutup akuarium dengan jaring halus supaya apabila ikan arwana melombat tidak beresiko dengan luka karena berbenturan dengan material keras
  • Jangan memakai substrat atau dasar akuarium seperti pasir dan bebatuan , karena akan menyebabkan penumpukan kototoran di akuarium
  • Menyediakan 2 jenis lampu.  Yang pertama viewing light bisa di bilang lampu LED , yang kedua tanning light berfungsi sebagai munculnya warna pada ikan
  • sediakan filter yang mampu menyaring air akuarium dengan jumlah besar. ini di karenakan arwana merupakan jenis ikan besar yang mengandung banyak kotoran.

2.Makanan sesuai kebutuhan arwana

Arawana bisa dibilang dengan hewan karnivora yang menjadikan ikan ini disebut dengan ikan predator , pada tempat tinggal aslinya ikan ini biasa memangsa ikan kecil atau serangga.

untuk di perlihara , ada beberapa jenis makanan ikan arwana untuk di konsumsi.

  • makanan berupa pelet yang di khususkan untuk jenis ikan karnivora
  • ada makanan hidup yang dibekukan seperti.  ikan kecil, jangkrik, cacing, dan udang.

kalian juga harus menjauhkan ikan untuk mengkonsumsi cangkang hewan yang akan mengakibatkan luka dan kematian pada ikan arwana.

Porsi makanan untuk perharinya , kalian bisa memberikan 2-3 kali per hari untuk anakan sampai remaja , untuk yang dewasa kalian cukup meberi makan sehari sekali.

3. Rutin memerikasa akuarium

Adapun kotoran kotoran yang mengandung zat-zat , seperti amonia, nitrit, dan nitrat yang berbahaya dan beracun yang akan mengancam kehidupan ikan arwana

Berikut beberapa cara rutin memeriksa akuarium:

  • Per hari           : Cek filter , tempratur , air , dan kondisi akuarium serta aksesorisnya
  • Per minggu   : mengukur kualitas air dan kandungan nya setidaknya seminggu sekali
  • per bulan       : mengganti 10% – 20% air di dalam akuarium

4.Meningktkan warna arwana

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas warna ikan arwana di dalam akuarium antara lain adalah tanning dan membuat arus buatan.

tanning adalah sebuah cara untuk meningkatkan warna ikan arwana terutama untuk jenis ikan arwana super red.
ini adalah salah satu cara untuk memelihara ikan arwana agar penampilan warna ikan arwana semakin menarik yaitu menggunakan tanning light. 

Dan dianjurkan menggunakan background akuraium dengan berwarna p[olos agar dapat melihat kecantikan ikan arwana dengan jelas dan enak dipandang.

Dari semua penjelasan ini apa kalian berminat untuk merawat ikan arwana di rumah kalian ?

Author: admin