CARA MEMELIHARA IKAN OSCAR

Ikan Oscar berasal dari lembah Amazon, Amerika Selatan ini dikenal memiliki bentuk warna yang mencolok, cerdas, dan tingkah yang menyenangkan.

Tidak mengherankan ikan satu ini banyak dicari dan dipilih oleh pecinta ikan hias. Ikan yang dikenal juga sebagai Velvet Cichlids atau astronotus ini dikenal agresif dan merawatnya tidak mudah.

Untuk itu, ikan hias satu ini tidak direkomendasikan untuk dipelihara oleh pemula dan butuh tempat tersendiri untuk memeliharanya.

Pada artikel kali ini, kami mencoba menjelaskan mengenai cara merawat ikan oscar agar dapat berkembang dengan fit dan sehat, simak penjelasannya secara lengkap berikut ini.

1. Menyiapkan Dan Menentukan Akuarium

Jenis ikan oscar termasuk hewan yang besar, karena ukuran dewasanya saja mencapai 25 cm – 30 cm. Selain itu, Ikan hias satu ini termasuk yang doyan makan, sehingga akan menimbulkan banyak kotoran apabila kamu meletakkannya pada akuarium yang kecil.

Lebih baik lagi apabila memilih ukuran yang lebih besar, sehingga akan semakin enak dalam memandang dan melihat ikan peliharaanmu tersebut.

Apalagi jika kamu memelihara lebih dari satu, maka akan terlihat keelokannya. Karena ikan oscar termasuk jenis yang suka hidup berkelompok yang membuat kamu betah untuk berlama-lama memandangnya.

Pastikan ketika sudah menentukan akuariumnya untuk meletakkannya pada tempat yang rata dan jangan memilih tempat yang berat sebelah, sebab akan mempengaruhi tekanan.

Untuk kebutuhan aksesorisnya kamu bisa dengan menambahkan aerator sebagai pembuat gelembung air dan pasir pada bagian dasarnya serta tidak lupa akar tumbuhan.

2. Melepaskan Ikan Ke Akuarium

Tahap ini menjadi sangat penting untuk benar-benar diperhatikan, apabila tidak dilakukan dengan baik tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan ikan dan mengalami stres.

Sebelum melepaskan ikan ke akuarium lebih baik untuk mengukur suhu airnya terlebih dahulu, pastikan dalam keadaan suhu yang normal agar tidak mengalami permasalahan.

Untuk menjaganya tetap leluasa bergerak dan kualitas airnya tetap jernih, pilih minimal aquarium dengan panjang 1 meter.

Untuk melepaskannya sendiri jangan langsung memasukkan ikan kedalam akuarium, lebih baik untuk memasukkan ikan beserta kantong plastiknya ke dalam akuarium.

Beri jeda sekitar 1 jam supaya suhu antara kantong dan akuarium sama terlebih dahulu, lalu tinggal pisahkan saja ikan beserta dengan plastiknya tersebut.

Keadaan ini untuk membuat ikan mengenali lingkungan barunya dan tidak merasa kaget dengan suasana tersebut. Hal ini harus diperhatikan, karena apabila kalian langsung melepaskan begitu saja akan berdampak pada aspek kesehatannya.

Sehingga jika tidak dilihat secara menyeluruh, bisa-bisa ikan oscar yang kamu pilih akan mati sia-sia saja.

3. Memahami Pakan Ikan

Cara merawat ikan oscar selanjutnya tinggal memahami pakan yang akan diberikan, karena perlu diketahui ikan jenis ini termasuk dalam kategori ikan karnivora, sehingga kamu harus memberikan binatang-binatang kecil.

Dalam tahap ini kalian bisa memberikan udang rebon, cacing rambut, dan bisa sesekali memberikan ikan-ikan kecil yang masih hidup

Begitulah cara merawat ikan oscar dirumah kalian.

Author: admin