CARA MEMELIHARA IKAN LOUHAN

 

Memelihara ikan louhan adalah ikan yang sangat digemari bagi kalangan pencinta ikan hias , karena warna nya yang cantik.

Banyak juga orang bilang bahwa ikan louhan bisa membawa kebeuntungan untuk orang yang memeliharanya , maka dari itu akan lebih baik rumah kalian  dihiasi dengan memelihara ikan louhan.

akan tetapi ada sifat buruk dari ikan louhan karena ikan ini memiliki sifat yang aggresif jadi ikan ini tidak bisa hidup bersamaan dengan kawanan nya karena akan menimbulkan keributan.

untuk itu akan dijelaskan tata cara untuk memelihara ikan louhan yang baik dan benar.

Berikut adalah tata cara merawat ikan louhan dengan benar dan baik:

A. Persiapan untuk merawat ikan koi

terutama kalian harus memiliki akuarium dengan kualitas terbaik maka dari itu akan dijelaskan untk ukuran , arus didalam akuarium , dan substrad

–  Ukuran akuarium 

kebanyakan orang menggunakan ukuran akuarium yang sedikit lebih besar. Jika kalian ingin merawat sepasang ikan louhan biasanya akuarium yang digunakan 115 x 60 x 80 cm.

Kedalaman akuarium untuk memenuhi syarat dalam menaruh sepasang ikan louahn biasanya berkapasitas 500 liter sampai 600 liter kalau untuk sepasang ikan louhan.

Namun jika kalian ingin merawat satu ikan louhan alangkah lebih baik nya kalian memiliki ukuran yg lebih kecil saja

arus air di didalam akuarium 

Ikan louhan terkenal dengan ikan yang cukup kuat dan sangat mudah mentolerir arus yang ada di dalam akuarium.

Namun ada beberapa ikan yang tidak kuat dengan arus air di dalam kolam , Kebanayakan orang biasanya menggunakan pompa air untuk merawat ikan louhan

Substrat

untuk hal ini alangkah lebih baik nya akuarium untuk memelihara ikan louhan jangn diberikan kerikil.

karena kerikil akan mudah di telan bersama makanan nya oleh ikan louhan , maka akan menyebabkan arus air tersumbat dan akan mengganggu pencernaan ikan louhan.

akan lebih baik menggunakan substrad pasir dari pada substrad krikil karena akan menyebabkan kematian jka krikil termakan oleh ikan.

B. Favorit air ikan louhan

apabila kalian memberi suasana ikan seperti gambar diatas , seharusnya ikan louhan lebih nyaman untuk tinggal di akuarium yang kalian berikan.

Berikut ini adalah suhu yang di butuhkan untuk ikan louhan di dalam akuarium:

Suhu

biasanya ikan louhan sangat menyukai suhu yang lebih baik yaitu suhu yang sangat di sukai oleh ikan olahn antara lain berkisar 20-30C dan di sarankan tetap menjaga suhu sekitar  28-31C.

– pH

louhan biasanya membutuhkan pH sekitar  7,5 – 8,0 di ukuran pH yang sedang , yang terbaik adalah mengganti air dengan seminggu sekali. jika pH menurun drastis akan membuat ikan mati mendadak.

Filtrasi

filtrasi yang baik sangat mempengaruhi kehidupan ikan louhan. filtrasi yang baik akan membuat kalian lebih mudah untuk merawat ikan louhan

– Aliran air

merawat ikan louhan memang sedikit rumit dari ikan lainnya.

Ikan louhan sangat memerlukan aliran air yang baik untuk menetralisir suhu dan oksigen yang baik pada akuarium ikan louhan

C. Pakan untuk ikan louhan

Kalian pasti memelihara ikan louhan bertujuan inginmelihat kecantikan warna dan jenong di kepala ikan louhan bukan ?

makan dari itu kalian bisa memberikan pakan yang buatan maupun yang alami untuk memelihara ikan louhan sesuai dengan ukuran tubuh ikan louhan masing-masing

pakan alami ikan Louhan adalah, udang, anakan ikan lele, cacing sutra, cacing darah atau jangkrik yang sudah kalian putuskan kakinya.

D. Porsi makanan yang tepat untuk ikan lohan

Biasanya ikan louhan tidak terlalu banyak makan dikarenakan ikan ini terlihat sangat agrresif jika terelalu banyak makan maka ikan akan mengalami stres

Jika kalian sudah memsaukan makanan ke dalam kolam sekitar 3 atau 4 biji dan ikan tidak lagi menyambar makanan terbut alangkah lebih baik nya kalian tidka memaksakan untuk ikan makan lagi.

E.Penyakit yang biasa dialami ikan louhan

Ikan louhan sangat rentan terinfeksi penyakit.

Penyakit ikan louhan yang sering dialami adalah  white spot ,  white spot yaitu penyakit yang biasanya berada pada sisik ikan louhan yang berbintik warna putih .

biasanya disebabkan air di akuarium yang tidak baik sehingga membuat sisik ikan louhan berjamur.

 

apakah kalian berniat untuk merawat ikan louhan ?

Author: admin