CARA MEMBEDAKAN ARWANA JANTAN DAN BETINA

Sebagai ikan hias dari keluarga Osteoglosdidae, ikan arwana ialah ikan yang sangat cantik dan populer, apapun jenisnya, termasuk red tail golden, brazil, banjar, dan lain lainnya

Kecantikan tersebut bisa dilihat dari , corak warna, dan bentuk siripnya. Tidak heran orang-orang ingin memeliharanya di dalam aquarium untuk menghiasi ruang tamu rumah.

Uniknya, banyak orang yang masih keliru dalam menentukan jenis kelamin dari ikan arwana ini. Bukan karena sulit untuk membedakan. Hanya saja, banyak yang belum tahu cara membedakannya.

Kalau kalian berniat ingin memelihara, atau beternak ikan arwana, sebaiknya kalian ketahui dahulu bagaimana membedakan mana yang jantan dan mana yang betina.

Kelak, ketika arwana peliharaan kalian dewasa, kecantikan arwana akan sesuai dengan ekspektasi yang kalian inginkan.

Begitu juga bagi calon peternak ikan arwana , dengan mengetahui perbedaannya, akan lebih mudah membudidayakan arwana jadi lebih banyak.

berikut adalah beberapa cara membedakan arwana jantan dan arwana betina:

1. Lihat Bentuk Badan Arwana

Pada umumnya , bentuk  semua ikan arwana pipih, dan punggung datar, serta sisiknya besar dan keras. Namun, jika diperhatikan lebih detail, kalian bisa dengan mudah membedakan antara arwana betina dan jantan hanya dari bentuk badannya.

Biasanya, arwana jantan mempunyai bentuk badan yang lebih panjang dan langsing dibandingkan yang betina. Terutama, ketika betina tersebut sedang mengandung telur, maka bentuk tubuhnya akan menjadi lebih lebar dan gemuk.

Selain itu, pada badan ikan arwana betina kalian bisa mendapati bentuk sirip punggung yang lebar. Sedangkan, kalian tidak akan mendapatkan bentuk sirip seperti itu pada arwana jantan.

2. Lihat Dari Corak Warna Arwana

Seperti halnya pada burung cendrawasih yang jantan nya memiliki bulu lebih indah dan panjang. itu  berlaku pada ikan arwana.

Seluruh pejantan ikan arwana memiliki corak warna yang lebih cantik dan indah dibandingkan betinanya. Tidak ada yang tahu pasti kenapa ini bisa terjadi, mungkin saja sebagai daya tarik pejantan untuk mengawini arwana betina.

3. Lihat Bentuk Kepala Arwana

setelah kalian melihat bentuk badan, kalian dapat menentukannya dari bentuk kepala masing-masing ikan arwana kalian

Pada umumnya, semua ikan arwana memiliki bentuk kepala besar, dan padat. Kalau kalian perhatikan lebih detail, maka kalian bisa mendapati moncong ikan arwana jantan jauh lebih besar dibandingkan arwana betina sehingga menghasilkan rahang yang lebih besar juga.

Rahang besar arwana jantan berfungsi untuk mengerami dan menjaga telur lebih aman. Ini yang tidak dimiliki oleh arwana betina dengan rahangnya yang lebih kecil.

4. Lihat Bentuk Penutup Insang Arwana

Mundur sedikit dari kepala, kalian bisa mengetahui arwana betina dan jantan melalui penutup insang yang dimiliki oleh masing-masing jenis.

Meski memiliki rahang yang besar, arwana jantan ternyata memiliki penutup insang yang lebih kecil dibandingkan arwana betina.

Tidak ada tahu  alasan kenapa penutup insang arwana betina lebih besar. Nyatanya, memang seperti itu bentuk penutup insang yang dimiliki oleh masing-masing jenis kelamin ikan arwana.

5. Lihat Dari Cara Berenang Arwana

dari bentuk badan, kepala, dan penutup insang masih belum bisa membantu kalian untuk menentukan mana jantan dan betina? Mari kita coba simak dari cara berenangnya mereka.

coba kalian masukkan 2 ekor ikan arwana yang menurut kalian berbeda jenis kelamin pada satu buah ember atau akuarium.

Perhatikan dengan seksama bagaimana cara mereka berenang. Jika kalian mendapati salah satu ikan berenang lebih anggun dan gemulai, maka sudah bisa dipastikan itu adalah arwana jantan.

Arwana jantan bergerak lebih gemulai dan anggun karena memiliki bentuk badan yang lebih ramping. Sedangkan, badan arwana betina mayoritas gemuk sehingga karakter gerakan renang nya lebih lambat dan kaku.

ini yang bisa kalian bedakan apabila kalian melihat arwana betina dan jantan yang berada dalam satu akuarium. Jika tidak ada yang bisa disandingkan.

itulah semua penjelasan dalam mebedakan ikan arwana jantan dan betiana , apa kalian ada yang berniat untuk memeliharanya?

Author: admin