Aneh, Ikan yang dapat hidup di darat

Seluruh  masyarakat tahu bahwa ikan adalah binatang yang hidup di air, baik air tawar maupun air laut.
Mereka akan dapat ditemukan dengan mudah bila anda mengunjungi danau, sungai, dan laut,
ukuran mereka juga beraneka ragam dan banyak sekali jenis-jenis yang berbeda, bahkan binatang terbesar didunia berasal dari keluarga ikan yaitu ikan paus biru.
Walaupun mayoritas ikan tidak dapat dipasahkan dari air, namun ada beberapa ikan yang darat hidup di darat dan disebut juga hewan amfibi yang dapat hidup di dua alam.
Berikut adalah daftar ikan yang dapat hidup di dua alam:
  1. Rivulus Bakau
See the source image
Jenis ini dapat hidup di dua alam, mereka mampuberada diluar air selama berbula-bulan sekaligus menghirup udara dengan kulitnya.
Rivulus bakau umumnya tinggal di rawa-rawa hutan bakau berair payau atau laut yang sewaktu-waktu bisa mengering.
Saat kekeringnan terjadi ikan ini akan mencari tempat tempat lembab dan terlindung dari batang pohon dan serasa dedaunan unutk dijadikan tempat tinggal mereka hingga kondisi air membaik, salah satu ciri khas dari ikan ini adalah dapat berkembang biak dengan pemupukan sendiri.
2. Belut Eropa (Anguilla rostrata) dan Amerika (Anguilla anguilla)
Image result for belut spesies ini adalah ikan dengan tubuh seperti ular yang panjangnya bisa lebih dari 1 meter.
Ikan menghabiskan menafaatkan sebagian besar hidupnya di air tawar dan berimigrasi ke laut untuk berkembang biak.
Mereka umunya hidup di sungai, danau, dan kolam di Amerika Utara bagian Timur  dan eropa.
Makanan mereka adalah Invertebrata, ikan-ikan kecil, dan serangga, belut Eropa biasa hidup didarat jika diperlukan saat mereka melakukan imigrasi.
Dan saat diluar air ikan ini akan bernafas dengan kulit mereka.
3. Lele Jawa
See the source image Lele jawa dalam bahasa inggris disebut dengan nama wlking catfish.
Hal itu karena ikan ini memiliki kemampuan berjalan di di darat untuk mencari genangan air dan yang lebih banyak airnya.
Mereka melakukan hal itu dengan menggunakan sirip dada yang kaku sebagai egrang.
Lele jawa memiliki alat pernapasan udara khusus di insang mereka.
Dalam kondisi lembab, mereka dapat bertahan hidup selama berjam-jam di luar air. Ikan yang dapat tumbuh hingga panjang 0,5 meter dan berat 1,2 kg ini adalah ikan asli dari Asia Tenggara, khususnya Pulau Jawa di Indonesia.
4.Lungfish
See the source image
Lungfish adalah jenis ikan lainnya yang dapat hidup di darat. Ikan ini bernafas melalui paru-paru seperti manusia dan karenanya mampu bertahan hidup di air payau (ikan air tawar )
dengan kandungan oksigen yang rendah. Saat ini hanya ada enam spesies lungfish yang dikenal dan mereka hanya hidup di Afrika, Amerika Selatan dan Australia.
Saat air benar-benar mengering, lungfish akan ‘dormant’ atau tidak aktif sementara dan tinggal di liang-liang selama bertahun-tahun. Dan saat air kembali mengalir, mereka akan bangun dari tidur panjangnya. Video-video tentang ikan lungfish yang bertahan di dalam tanah dapat kamu saksikan di YouTube.
5.Blue Dwarf Snakehead
See the source image
Spesies ikan ini biasanya hidup di air tawar yang ditemukan hidup di wilayah Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga China bagian selatan.
Ikan Blue drawf snakehead ini memiliki insang, tetapi dapat juga secara langsung menghirup udara dan bertahan hidup di darat selama kurang waktu lebih dari 4 hari.
6. Ikan-Ikan Paleozoikum
See the source imagePaleozoikum yang berarti kehidupan purba, nampak dari gambar disamping ikan ini kelihatan seperti buaya namun berkepala ikan.
Dan pada masa itulah perubahan geologi dan iklim masih sangat sering dan membuat ikan ini seperti buaya yang dapat hidup di 2 alam.
Warna dari ikan ini seperti warna komodo.
Mengapa ikan ini dapat hidup diair dan di darat karena ikan ini karen ikan ini memiliki organ khusus dibagian dalam tubuhnya yang membantu mereka dapat beradaptasi di darat dan di laut.
7.Anabantidae
See the source image
Ikan ini dikenal juga dengan nama gurami panjat (climbing gouramies atau climbing perches). Ikan jenis ini dapat ditemukan di beberapa wilayah di Asia dan Afrika.
Agar mampu bertahan hidup di air yang miskin kandungan oksigen, anabantidae memiliki sebuah organ yang disebut dengan organ labirin. Itu adalah sebuah struktur di dalam kepala ikan yang memungkinkannya untuk dapat menghirup oksigen atmosfer.
Karena anugerah tersebut anabantidae dapat bergerak (menggunakan sirip dan ekornya) dalam jarak kecil di daratan. Mereka akan bertahan hidup di daratan untuk mencari tempat berair yang baru.
 8.Tembakul
See the source image Ini adalah jenis ikan yang senang melompat-lompat ke daratan terutama di area berlumpur dan berair dangkal di sekitar hutan bakau.
Dalam bahasa Inggris tembakul dikenal dengan nama Mudskippers. Tembakul lebih banyak menghabiskan waktu mereka di darat daripada di dalam air.
Ikan ini dapat ditemukan di pantai-pantai beriklim tropis dan subtropis di wilayah Indo-Pasifik hingga ke pantai Atlantik dan bernafas menggunakan kulit jika di darat, serta memakan makanan seperti udang, kerang cumi-cumi, hingga binatang darat yaitu, semut, serangga dan lalat.

 

Share:

Author: admin