8 Jenis ikan cupang hias yang cantik

fakta tentang ikan cupang

Bagi Anda yang sedang mencari hewan peliharaan, mungkin ikan cupang bisa menjadi solusinya. Ikan yang satu ini sangat mudah dipelihara, lho. Selain dapat dijadikan hobi, memelihara ikan juga dapat membantu Anda menghilangkan stressNah, jika tertarik untuk membeli ikan cupang, yuk simak dulu artikel berikut ini untuk mengetahui 20 jenis ikan cupang yang bisa Anda dapatkan di pasaran.

   1.Ikan cupang Combtail / ekor sisir,

Image result for cupang combtail

ikan cupang Combtail adalah  ciri ikan yang memiliki bentuk ekor kipas dengan sebaran atau  bukaan yang cukup besar, biasanya ekor dari Cupang   kurang  dari 180 derajat, sirip cupang ini memiliki serip membentuk anyaman menyerupai mahkota.

 

       2. Cupang Crowntail,

See the source image

memiliki kelebihan pada ekornya yang sekilas terlihat seperti mahkota anyaman antara serit siripnya berkurang bila dibandingkan dengan combtail menyerupai mahkota.

 

   3. Ikan cupang hias Delta dan Super Delta,

Image result for cupang hias delta dan super delta

 

 

memiliki ekor yang meneyerupai huruf delta (huruf Yunani)  melebar ke ujung yang lebih membulat perbedaan antara cupang delta dan super delta , cupang super delta memiliki ekor mendekati 180 derajat, cupang hias delta biasanya memiliki ukuran ekor yang kurang dari 180 derajat, yang membuat delta dan super delta memiliki keindahan ekor yang lebih merata.

   4. Ikan cupang hias Double Tail / cupang ekor ganda,

Image result for cu[ang hias double tail

sesuai namanya mempunyai sirip ekor ganda sejati dengan dua tangkai ekor yang terbelah dua.

     5. Cupang hias Halfmoon dan Over half Moon,

Image result for cupang halfmoon danover halfmoon

ikan yang satu ini memiliki keindahan pada ekornya yang memiliki ukuran ekor 180 derajat ukuran nya sama dengan cupang Double Tail hanya cupang Halfmoon memiliki ekor 180 derajat namun merata.

   6. Ikan cupang Halfsun,

Image result for cupang halfsun

jenis ini muncul melalui pembiakan secara selektif antara varietas halfmoon dengan crown tail,  cupang Halfsun memiliki sebaran ekor penuh 180 derajat dan biasanya ikan  cupang jenis Halfsun tubuh dan ekornya berbeda warna.

   7. Cupang hias Plakat,

Image result for cupang plakat

varietas berekor pendek yang  hubungannya dekat dengan betta splendens yang ditemukan di alam liar daripada varietas lainnya, kadang-kadang cupang ini disebut betina  karena memiliki ekor yang relatif pendek.

    8. Ikan cupang hias Rosetail,

Image result for cupang hias rose tail

jenis cupang ini mirip dengan halfmoon atau setengah bulan ekstrim,  sehingga penyebaran sirip ekornya bisa 180 derajat atau lebih, perbedaannya adalah ekor yang memiliki serit (percabangan yang berlebih),

 

 

 

 

Author: admin