6 JENIS IKAN PEMBERSIH AKUARIUM

 

Ikan pembersih akuarium adalah hewan yang dibutuhkan oleh pemilik akuarium , tidak hanya kecantikan nya saja yang menjadi unik untuk dilihat.

Suatu hal yang umum dan wajib dilakukan bagi pemilik akuarium untuk membersihkan akuaariumnya minimal seminggu sekali.

Ikan pembersih akuarium menjadi mahkluk yang dibutuhkan. ikan pembersih ini bisa memakan segala kotoran dan hama yang bisa membuat akuarium

Dari sekian jenis ikan hias akuarium , baik maupun dari air tawar maupun laut. mereka tidak bisa hidup sendiri tanpa ikan pembersih akuarium untuk menjaga ekosistem nya.

Penasaran ? apa saja jenis jenis ikan pembersih dakuarium terbaik yang bisa kamu pelihara tanpa perlu khawatir akan menyerang ikan lainnya.

Berikut ini beberapa jenis ikan pembersih akuarium yang dapat membersihkan kotoran , lumut ,dan kaca yang sudah menguning:

1.Ikan Molly

Ikan molly dengan nama latin poecilia sphenops adalah ikan pembersih akuarium yang cukup handal dan efektif untuk membersihkan ganggangan yang tumbuh ditanaman ataupun bebatuan.

Konsumen banyak yang mencari ikan jenis ini karena kekuatannya untuk membersihkan ganggangan dan tubuhnya yang cukup menarik untuk dipelihara dan tidak mengganggu pemandangan dalam kolam.

Harga ikan molly biasanya dijual dengan harga yang cukup murah , dari Rp.1.000 sampai dengan Rp.5.000

2.Ikan Platy ( xiphophorus maculatus )

Ikan platy dengan nama lain xiphophorus maculatus yang memiliki kemampuan membersihkan segala macam kotoran di dalam akuarium , mulai dari ganggangan , lumut , dan lain lain.

Ikan platy identik dengan warna biru keunguan yang cantik dengan fisik yang menyerupai ikan molly. Uniknya ikan ini tidak agresif dan cenderung bersembunyi di bebatuan

Pencinta ikan yang memiliki aquascape biasanya menjadikan ikan platy se agai daftar utama untuk membersihkan akuarium yang harus dibeli dan dipelihara.

Harga ikan ini tidak terlalu mahal hampir sama dengan harga ikan molly

3,Ikan Alga Cina (Chinese Algae Eaters)

Ikan alga cina adalah jenis ikan yang sangat menyukai tanaman alga sebagai makanan nya. meskipun begitu , bukan berati mereka tidak terbiasa memakan makanan lainnya

Ikan alga cina dapat hidup di dalam akuarium dengan ekosistem ikan di dalam nya yang bersifat agresif karena kelincahan nya dalam berenang dan berkomunikasi

Sayang nya ikan ini tidak bisa terlalu lama di dalam akuarium bersam aikan lain nya karena semakin bertambah usia ikan , mereka semakin agresif dan harus segera dipindahkan ke akuarium pribadi.

Harga ikan alga cina tidak terlalu mahal biasanya Rp.7.500 sampai Rp.10.000 saja untuk per ekornya

4.Ikan Sapu Sapu

Ikan sapu sapu adalah jenis ikan yang paling terkenal dalam hal membersihkan kolam.

Kepopuleran ini dikarenakan kehebatan ikan sapu sapu yang dapat mencengkram sisi tangki dengan mulutnya , cengkraman tersebut lah yang disebut sebut mampu membersihkan kaca akuarium yang sangat kotor.

Sayangnya saat ikan ini mencengkram dasr kolam dengan mulutnya tidak bisa membedakan mana alga yang sebagai kotoran dan mana yang tanaman hidup yang sebagai hiasana akuarium.

sehingga sering pemilik ikan sapu sapu menhyesal untuk memeliharan nya karena akan merusak kecantikan tanaman akuariumnya

harga untuk membeli ikan sapu sapu biasanya tidak terlalu mahal ada yang Rp.6.000 , Rp.10.000 bahkan sampai rp.20.000 tergantung ukuran dan jenis nya

5.Ikan Brushmouth Pleco

Ikan Brushmouth merupakan salah satu ikan sapu sapu yang jauh lebih baik eksotik dari ikan sapu sapu biasa. Brushmouth dapat tumbuh hingga ukuran 15cm dan bertaduk halus pada sekitar area wajahnya.

kehebatan ikan Brushmouth dalam membersihkan akuarium sepadan sengan ikan sapu sapu biasanya.

Ikan ini memiliki ciri ciri yang unik karena ikan ini mempunyai tanduk dan warna ikan yang menjadi daya tarik konsumen untuk memelihara nya

Harga ikan ini hanpir sama dengan ikan sapu sapu biasa hanya berbeda bentuk dan keunikan nya.

6.Ikan Lele Otocinclus (Otocinclus Catfish)

Jika akuarium kamu terlalu kecil untuk memelihara ikan Sapu-sapu dan Brushmouth Pleco, pertimbangkan ikan Lele Otocinclus kecil sebagai ganti pembersih akuarium.

Ikan ini hanya akan tumbuh beberapa cm, dan mereka menyerupai ikan Sapu-sapu yang menempel di kaca akuarium untuk membersihkannya.

Perlu diingat, ikan Lele Otocinclus adalah hewan kawanan yang hanya akan hidup sehat dan bahagia bila hidup bersama dengan kawanannya.

Jadi, pikirkanlah untuk membeli tidak hanya 1 atau 2 ikan Lele Otocinclus untuk satu akuarium. Minimal, belilah 10 ikan Lele Otocinclus untuk 1 satu akuarium.

 

 

setelah membaca ini apakah kalian berifikir untuk memelihara ikan ini agar akurium tetap bersih dan cantik.

Author: admin